Review Fujifilm XA3, Keunggulan & Spesifikasi (Harga Murah)

Fujifilm XA3 Review – Kamera Fujifilm XA3 merupakan kamera keluaran Fuji ini berjenis mirrorless yang cocok banget bagi Anda pecinta selfie. Meski termasuk kamera Fujifilm yang jadul, tapi dari segi kemampuan dan budget kamera ini masih bisa jadi pertimbangan. Keuntungannya, Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless yang tak jauh berbeda dari saat ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda tak hanya bisa mendapatkan kamera mirrorless kualitas mumpuni, ada sederet keunggulan lain yang bisa Anda temukan dalam Fujifilm XA3 ini. Utamanya bagi Anda yang masih pemula kamera ini cocok digunakan karena didesain khusus untuk entry-level. Sudah dibekali dengan konektifitas yakni built-in WiFi yang akan memudahkan Anda mentransfer gambar ke perangkat lain seperti printer elektronik dan smartphone. Selain itu, apa saja spesifikasi unggulan dari XA3 ini?

fujifilm xa3 review harga terbaru

Desain Retro Fujifilm XA3

Tampil dengan gaya retro, Fujifilm XA3 didesain menawan dengan berbagai warna yang cocok untuk Anda pecinta retro. Hadir dengan warna yakni Silver, Brown dan Pink, yang menampilkan desain retro menarik bagi generasi muda. Selain itu, desain retro juga dapat memberi kesan “segar” dan “modis”. Top Cover, front plate dan top dial terbuat dari aluminium, ditambah dengan faux leather jenis baru yang secara signifikan akan meningkatkan tekstur keseluruhan untuk memberikan style tersendiri untuk Anda.

fujifilm xa3 review spesifikasi

Keunggulan & Fitur Fujifilm XA3

Sensor dan Resolusi Kamera

Lebih baru dari Fujifilm X-A2, sensor yang digunakan kamera Fujifilm XA3 ini masih sama menggunakan APS-C, dengan peningkatan resolusi menjadi 24 MP. Melalui XA3 Fujifilm membuktikan keseriusannya untuk menggarap pasar entry-level karena bisa merasakan pengalaman menggunakan resolusi piksel yang sama dengan Fujifilm XT-2 dan X-Pro 2. Dengan gabungan sensor dan resolusi ini, XA3 mampu menangkap gambar yang jelas dan jernih.

fujifilm xa3 review hasil gambar
Hasil gambar dalam kondisi low-light (kurang cahaya), normal dan macro Fujifilm X-A3

Electronic Shutter

XA3 sudah dibekali dengan kemampuan untuk mengambil gambar utamanya bagi Anda yang gemar Street Photography.  Adanya Electronic Shutter (ES) saya bisa mengambil gambar dengan senyap dan cepat. Selain itu, ES ini juga bisa digunakan untuk memotret malam hari dengan minim goyangan asalkan kamera ditempatkan di tripod atau bidang lain yang datar. Punya kinerja yang cukup responsif, kemampuan merekam gambar sampai batas maksimal kecepatan shutternya adalah 1/32000. Jadi, dengan demikian Anda bisa merekam gambar dengan cukup leluasa.

fujifilm xa3 review terbaru

LCD Touchscreen yang Diperbaharui

Tak hanya sensor dan resolusi yang diperbaharui, LCD di bagian belakang menggunakan touchscreen pun tak ketinggalan. LCD ini bisa digunakan untuk mengaktifkannya “Touch AF,” “Touch Shoot” dan “Touch Zoom,” di mana Anda menggunakan isyarat jari pinch-out untuk menggunakan lensa utama seolah-olah lensa zoom. Monitor LCD ini dapat dimiringkan hingga 180 derajat yang memungkinkan Anda untuk memeriksa komposisi dan ekspresi wajah Anda sebelum memotret. Dalam mode Selfie, tombol dial pada panel belakang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan AF dan shutter untuk pengambilan gambar dengan lebih mudah dan sederhana.

Film Simulation ala Fujifilm

Meski saat ini sudah tak asing, ternyata Film Simulation ala Fujifilm bermula dari XA3. Fujifilm menambahkan beberapa Film Simulation yang sebelumnya tidak ada di seri XA2 atau pendahulunya. Dalam XA3 menghadirkan simulasi film ini seperti Pro Neg Hi, Pro Neg Standard, Monochrome+Ye, Monochrome+R, dan Monochrome+G. Dengan pilihan ini, eksploitasi hasil foto Anda akan lebih maksimal. Hingga saat ini, fitur yang hadir di Fujifilm ini menjadi ciri khas tersendiri dan hanya ada di Fujifilm.

Video Fujifilm XA3

Kesimpulan: Worth Dibeli?

Dengan spesifikasi yang masih mumpuni,dari  Fujifilm XA3 review-nya masih up-to-date di tahun 2019. Oleh karenanya, Anda sama sekali tidak rugi jika membeli kamera ini. Dengan dibekali berbagai keunggulan spesifikasi dari LCD dengan teknologi baru, sensor dan resolusi kamera baru, electronic shutter hingga adanya Film Simulation pertama di seri X-A Fujifilm. Dengan harganya yang saat ini sudah sangat murah sehingga bisa Anda beli dengan harga Rp 4.000.000 dari harga awal Rp 8.500.000. Namun, kalau Anda masih mempertimbangkan kamera mirrorless terbaik yang ingin Anda beli di tahun 2019 Gagastekno sudah mengulas beberapa diantaranya. Mulai dari mirrorless Fujifilm, Mirorrless Canon, Mirrorless Nikon dan Mirrorless Panasonic.

Leave a Comment