5 Kamera Mirrorless Panasonic Terbaik | Sensor Paripurna!!

Kamera mirrorless Panasonic terbaik juga menjadi kompetitor yang unggul di sektor kamera. Selain itu, kamera mirrorless Panasonic juga tak kalah bagus dibandingkan dengan kompetitor unggul seperti Nikon, Canon dan sebagainya. Merk ini juga selain dikenal bagus dengan produk elektroniknya, ternyata Panasonic juga cukup bagus untuk sektor kamera lho.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh kamera Panasonic adalah sensot MFT (micro four thirds) yang ternyata cukup unik dan memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan sensor APS-C. Meski saat ini yang garang dengan kamera mirrorlessnya adalah Fujifilm, ternyata justru yang memulai tren kamera mirrorless adalah Panasonic lho. Selain itu, kamera Panasonic juga cukup andal untuk melakukan perekaman video yang mumpuni.

Daftar Kamera Mirrorless Panasonic Terbaik

1. Panasonic Lumix GH5

kamera mirrorless panasonic terbaik lumix gh5

Kamera mirrorless Panasonic terbaik yang cukup panas jadi perbincangan adalah Seri GH-nya. Lumix GH5 adalah varian kamera mirrorless Panasonic yang mampu merekam video hingga 4K @60pfs. GH5 juga mencatat inovasi penting yakni kemampuan untuk mengambil foto berkualitas 6K. Dari segi sensor, Panasonic masih belum tertarik untuk beralih dari sistem MFT yang sudah digunakannya sejak tahun 2008 silam.

Dengan absennya internal mirrors pada sistem ini, membuat kamera yang menggunakan MFT dapat memiliki bodi yang lebih ramping. Selain itu, keunggulan MFT lainnya adalah dengan bantuan adaptor sensor ini dapat dipasangkan dengan varian lensa apa pun yang diproduksi di luar Panasonic tanpa masalah yang berarti.

2. Panasonic Lumix GX9

kamera mirrorless panasonic terbaik gx9

Hadir dengan dimensi yang super ringkas, series GX dari Pansonic bisa dibilang kamera mirrorless premium dengan bentuk mungil. Adanya hot shoe untuk bisa memasang aksesoris tambahan dan electronic viewfinder (EVF) beresolusi 2.7 dot yang absen dari lini GF Panasonic. Selain itu, adanya 5-axis image stabilization yang bisa diaktifkan dengan stabilizer bawaan lensa yang membuat performa pengambilan gambarnya bagus dan mulus.

layar 3 incinya bisa dimiringkan ke atas 80 derajat dan ke bawah 45 derajat. GX9 memiliki inti sensor MFT dengan resolusi 20.3 MP tanpa low-pass filter. Adanya dual IS  yang sudah built-in bodi semakin mendukung pengambilan video dan gambar yang stabil dan halus. Kemamapuan pengambilan videonya juga sudah 4K @30fps.

3. Panasonic Lumix GF10

kamera mirrorless panasonic terbaik gf10

Desainnya yang tampak seperti kamera pocket jadi kelebihan tersendiri bagi series GF Panasonic. Salah satu kamera mirrorless Panasonic terbaik series ini adalah GF10. Bodinya yang ringkas tidak membuat Panasonic memangkas fitur pamungkas di kamera mirrorless mereka terutama untuk fitur selfie camera-nya. Dibekali dengan 3 inci LCD touchscreen yang bisa diputar 180 derajat menghadap ke depan, mode untuk selfi seperti 4K photo, post focus, dan focus stacking.

Bagian inti dari kamera ini ialah sensor MFT 16 MP tanpa low-pass filter, dengan sensitivitas ISO maksimum 25.600, prosesor Venus Engine, dan sistem AF Depth from Defocus. Serta, untuk konektivitas ada dukungan WiFi untuk mengirim hasil foto secara instan ke smartphone.

4. Panasonic Lumix G85

kamera mirrorless panasonic terbaik g85

Meski bodinya agak bongsor jika dibandingkan dengan seri kamera Panasonic yang lain, G85 sebagai kamera mirrorless Panasonic terbaik ini masih cukup ringan untuk dibawa-bawa lho. Sudah dibekali dengan layar sentuh 3 inci dengan resolusi 1,04 juta dot dengan mekanisme fully articalated yang hampir bisa diputar ke segala arah. Lalu, electronic viewfinder beresolusi 2,36 juta dot, hot shoe, dan yang tak kalah penting adanya port mikrofon.

Lumix G85 mengusung sensor MFT beresolusi 16 MP tanpa low-pass filter. Body Lumix G85 juga lebih bandel berkat pelat depan berbahan magnesium alloy yang tahan cipratan air dan debu.

5. Panasonic Lumix GH5S

kamera mirrorless panasonic terbaik gh5s

Masuk dalam jajaran kamera mirrorless Panasonic terbaik kategori flagship, GH5S merupakan generasi yang paling baru setelah GH5. Memilki sensor MFT yang video sentris yang punya totalitas untuk pengambilan video dibandingkan seri yang lain. Meski hanya dibekali dengann resolusi 10.2 MP, justru performa GH5S bisa bagus dalam kondisi minin cahaya karena lebih sensitif.

Selain itu, sudah dibekali juga dengan Dual native ISO yang mampu merekam format 4K DCI @60fps, mode slow-motion 1080p hingga 240fps, lalu EVF dengan refresh rate 120pfs. Namun, sayangnya GH5S tak memiliki satupun sistem image stabilization.

Kesimpulan: Kamera Mirorrless Panasonic Terbaik, Worth Dibeli?

Sebagai salah satu pencetus kamera mirrorless terbaik di Indonesia, Panasonic memang kurang terderngar namanya seperti Fujifilm. Namun, ketika dilihat dari spesifikasi ternyata Panasonic ini punya berbagai kelebihan yang tak bisa didapatkan di kamera mirrorless merk lain. Contoh saja adalah sensor unik MFT khas Panasonic. Sensor ini menang dari segi pengambilan video yang mulus, halus dan minim guncangan.

Oleh karenanya, Gagastekno menyarankan kalau Anda ingin mendapatkan kamera mirrorless dengan kemampuan perekaman andal, layaknya kamera mirrorless Panasonic ini bisa dilirik lho. Kamera mirrorless Panasonic terbaik ini bisa menjadi bagian dari momen-momen berharga Anda.

Leave a Comment