6 Kamera Mirrorless Terbaik & Terbaru 2019 (Wajib Beli!!)

Kamera mirrorless terbaik tahun 2019 jadi panas untuk diperbincangkan. Berbagai merk pun berlomba-lomba untuk memproduksi kamera mirrorless terbaiknya agar bisa mengambil hati masyarakat untuk bisa membeli. Tahun ini saja, sudah banyak kamera mirrorless yang bertebaran di pasaran dan siap bersaing untuk menjadi pilihan bagi kebutuhan Anda.

Oleh karenanya, dari sekian banyak pilihan tersebut Anda perlu tahu yang mana yang cocok dan sesuai kebutuhan yang Anda inginkan. Berbicara pertimbangan, Anda juga mesti memastikan budget dari kamera yang ingin Anda beli. Oleh karenanya, di bawah ini Gagastekno memberikan daftar kamera mirrorless terbaik 2019 yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari merk Canon, Nikon, Fujifilm, Samsung, Sony, Panasonic dan sebagainya.

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik & Terbaru 2019

Dari sekian banyak kamera mirrorless terbaik, ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa memilih dari berbagai mirrorless terbaik yang tentunya bisa Anda dapatkan di Indonesia.

1. Canon EOS RP

kamera mirrorless terbaik canon eos rp

Baru meluncur pada awal tahun 2019, kamera mirrorless terbaik yang pertama adalah Canon RP. Kamera mirroless dari Canon ini hadir dengan full frame terbaru dalam kamera mirrorless yang cukup tidak biasa di pasaran. Meski belum secara resmi masuk ke Indonesia, Anda sudah bisa mendapatkannya di toko-toko online kesayangan. Apa yang menjadi kelebihan kamera ini?

Canon EOS RP punya resolusi format perekaman video 4K dengan 24 piksel atau 25 piksel dengan kedalaman 8 bit 4:2:2. Selain itu, Canon EOS RP juga sudah punya electronic viewfinder (EVF) dengan resolusi 2.46 juta piksel. Hadir pula dengan sistem dual-pixel autofocus dengan eye detection andalan Canon yang sudah tidak diragukan lagi. LCD belakangnya pun bisa diputar sampai menghadap ke depan 180 derajat. Sensor Canon EOS RP punya 26.2 MP dengan rentang ISO 100-40.000.

Selain kamera mirrorless terbaik dari Canon yakni Canon EOS RP, Anda juga bisa membaca soal kamera mirrorless Canon terbaik yang bisa Anda pilih.

2. Nikon 1 V3

kamera mirrorless terbaik nikon 1 v3

Kamera mirrorless terbaik selanjutnya adalah Nikon 1 V3. Kamera dari mirrorless Nikon ini memiliki banyak keunggulan yakni sudah dibekali dengan fitur hybrid autofocus yang canggih, dengan lensa kamera 18.4 megapiksel. Sensor hybrid autofocus tersebut dapat mengkombinasikan antara kontras dan phase detection saat pengambilan gambar. Teknologi ini dapat memberikan area cakupan yang lebih luas sehingga cocok untuk memotret landscape pemandangan.

Untuk kemampuan merekam videonya, Nikon 1 V3 bisa merekam video hingga 1080 piksel @60fps yang bisa menghasilkan gambar yang jernih. Selain itu, kemampuan audionya juga sudah bagus. Bodinya yang ramping membuat mirrorless ini praktis dan tidak berat untuk dibawa kemana-mana. Bagi Anda yang ingin melihat kamera mirrorless Nikon terbaik lainnya silakan cek di Gagastekno ya.

3. Fujifilm GFX 50S

kamera mirrorless terbaik Fujifilm GFX 50S

Kalau Canon mengeluarkan kamera mirrorless terbaik pertama dengan full frame, maka sebelumnya Fujifilm juga mengeluarkan kamera mirrorless dengan sensor ukuran medium format. Dilengkapi dengan resolusi 51,4 megapixel dan sensor CMOS. Tak hanya itu, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan X Processor Pro yang mampu mengambil gambar dengan ketajaman warna yang tinggi. Fujifilm GFX 50S dikembangkan dengan lensa FUJINON GF sebagai sistem lengkap untuk fotografer yang membutuhkan kualitas gambar tinggi daripada yang bisa dicakup oleh seri X sebelumnya.

Fujifilm GFX 50S bisa mencapai kecepatan rana maksimum 1/4000 detik (1/16000 detik saat menggunakan rana elektronik), kecepatan sinkronisasi blitz 1/125 detik. Berkinerja dengan daya tahan tinggi dan daya tahan rana yang mendukung hingga 150.000 foto. Dengan kemampuannya tersebut, kamera ini bisa mengambil gambar dengan tenang. Tak hanya mumpuni untuk pengambilan gambar, kamera mirrorless terbaik Fujifilm ini juga mampu mengambil video dengan resolusi Ultra HD @30fps. Didukung pula dengan layar sentuh LCD yang bisa menentukan autofocus dan memunculkan histogram dan tingkat elektronik 3D. Wajar saja, kamera ini masuk dalam jajaran kamera mirrorless Fujifilm terbaik saat ini.

4. Sony Aplha A9

kamera mirrorless terbaik sony aplha a9

Meski berjenis kamera mirrorless, tapi dari segi desain Sony Alpha A9 lebih mirip DSLR. Bisa dilihat dari handgrip yang melengkung dan sangat ergonomis. Kemudian, papan tombolnya terbilang lengkap. Tersedia dual slot kartu SD yang kompatibel dengan UHS-II. Juga terdapat ethernet port yang berguna untuk memindahkan file dalam jumlah banyak ke komputer secara cepat dan mudah. Kamera ini sudah dibekali dengan sensor full frame yang bisa menghasilkan gambar dengan resolusi 24,2 megapiksel.

Sony Alpha A9 juga bisa jadi andalan saat memotret olahraga, karena mampu merekam gambar dengan kecepatan 20fps. Objek yang bergerak sangat cepat pun bisa dibuat seakan “beku” dengan shutter speed mencapai 1/32.000 detik. Untuk merekam video, kualitas gambarnya mencapai 4K dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Anda bisa memilih kamera mirrorless Sony terbaik lainnya.

5. Samsung NX1

kamera mirrorless terbaik samsung nx1

Kamera mirrorless terbaik dari Samsung yakni  NX1. Kamera ini memiliki fungsi mirrorless, tapi hadir dengan tampilan dan beberapa fungsi yang mirip dengan kamera DSLR. Layar LCD kamera ini juga bisa dilipat ke atas atau ke bawah sehingga dapat memudahkan pengguna menentukan komposisi objek foto. Sementara itu, dari segi prosesor Samsung NX1 memiliki sensor 28 MP BSI APS­-C CMOS dengan prosesor DRime V yang 2,8 kali lebih cepat dari prosesor pendahulunya. Sensor itu juga mendukung output 14 ­bit yang dapat menyimpan lebih banyak data untuk menghasilkan gambar dalam gradasi yang lembut dan latitude yang lebih lebar.

Tak hanya untuk fotografi, NX1 juga handal untuk membuat video lho. Hal ini karena Samsung NX1 mampu merekam video dengan kualitas setara 4K.

6. Panasonic Lumix GH5

kamera mirrorless terbaik panasonic lumix gh5

Kamera mirrorless terbaik yang paling panas jadi perbincangan yakni dari Panasonic Lumix GH5. Seri GH dari Panasonic sendiri sudah sejak lama menjadi idola bagi para penggiat film indie. Varian terbaru Panasonic Lumix GH5 yang sanggup merekam video berkualitas 4K @60fps.

Melalui GH5, Panasonic juga mencatat inovasi penting yakni kemampuan untuk mengambil foto berkualitas 6K dan kemampuan untuk perekaman internal 10 bit pada mode 4K @30fps. Dari segi sensor, Panasonic masih belum tertarik untuk beralih dari sistem Micro Four Thirds (MFT) yang sudah digunakannya sejak tahun 2008 silam. Dengan absennya internal mirrors pada sistem ini, membuat kamera yang menggunakan MFT dapat memiliki bodi yang lebih ramping. Selain itu, keunggulan MFT lainnya adalah dengan bantuan adaptor sensor ini dapat dipasangkan dengan varian lensa apa pun yang diproduksi di luar Panasonic tanpa masalah yang berarti.

Kesimpulan: Kamera Mirrorless Terbaik Mana yang Jadi Rekomendasi?

Lantas dari semua kamera mirrorless terbaik mana yang cocok untuk Anda? Jawabannya adalah bergantung Anda. Hal ini karena ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan mulai dari budget Anda, kebutuhan hingga fitur apa saja yang Anda inginkan. Oleh karenanya, Anda jangan sampai salah memilih kamera mirrorless terbaik. Anda juga bisa saling membandingkan kamera mirrorless antar merk.

Leave a Comment