Apa itu USB Type C ? Apa Bedanya dengan Micro USB ?

USB Type C adalah salah satu jenis port antarmuka USB terbaru. Jenis port USB tipe C paling banyak digunakan di hp pintar atau smartphone. Bentuk port USB Type C lebih kecil dan ramping dibanding jenis port charger hp pendahulunya, yaitu Micro USB. Walaupun kini sudah banyak hp atau gadget yang menggunakan port USB tipe C, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa itu USB tipe C beserta kelebihannya dibandingkan port Micro USB.

Apa itu USB Type C ?

USB type C adalah singkatan dari Universal Serial Bus Type-C. Ini adalah jenis port USB terbaru yang memiliki 24 pin konektor yang bisa dibolak balik. Selain bisa mentransfer listrik untuk charge baterai, port USB tipe C juga bisa digunakan untuk transfer data secara bersamaan. USB C dikembangkan dalam waktu bersamaan dengan waktu pengembangan USB 3.1.

USB Type C adalah
USB Type A (kiri) vs USB Type C (kanan)

Jumlah pin pada USB tipe C jauh lebih banyak dibanding USB Type A dan B. USB Type A yang biasa kita temukan di konektor flashdisk hanya memiliki 4 pin. Sedangkan, jumlah pin pada USB Type C adalah sebanyak 24 pin. Ini memungkinkan transfer data lebih cepat dibanding USB standar.

Selain itu, untuk menangani kebutuhan isi ulang baterai, USB Type C mendukung arus listrik hingga 20V/5A dan transmisi data hingga 10 GB/s. Jauh lebih cepat dibanding Micro USB yang hanya mendukung arus listrik hingga 5V/2A dan transfer data hingga 480 MB/s saja.

Bentuk Port USB Tipe C vs Micro USB

USB Type C adalah jenis port konektor yang bersifat reversible. Artinya port ini tetap bisa berfungsi walaupun colokan atau konektor posisinya terbalik. Ini dimungkinkan sebab pin pada USB tipe C sama (identik) di kedua ujungnya. Hal ini tentu berbeda dengan Micro USB. Di mana, Anda harus menyesuaikan posisi konektor dengan port dan tidak bisa dibolak balik.

Apa itu USB Type C
Bentuk port Micro USB (atas) vs USB Type C (bawah)

Memiliki hp dengan port USB Type C memberi keuntungan tersendiri. Dengan USB tipe C, Anda tidak perlu repot menebak arah colokan USB yang benar. Tinggal colok saja konektor ke port, dan Anda bisa langsung transfer data atau charge ulang baterai hp.

Kelebihan USB Type C

Dalam perkembangannya, USB Type C tidak hanya dipakai di hp saja. Beberapa laptop juga sudah mulai mengganti semua port USB Type A mereka menjadi USB Type C. Contoh yang lebih ekstrem adalah MacBook yang hanya punya satu port yaitu USB Type C. Lalu bagaimana jika laptop ingin dihubungkan ke proyektor atau monitor ?

Tenang saja, semua itu bisa dilakukan melalui USB tipe C. USB C kompatibel dengan HDMI sehingga port ini bisa digunakan untuk mentransfer data audio dan visual berkualitas tinggi. Beberapa pabrikan juga membuat alat konverter atau USB Hub dari USB Type C ke berbagai macam port seperti USB standar, HDMI, atau VGA. Jadi tidak perlu bingung jika ingin menghubungkannya ke berbagai macam perangkat peripheral.

Jadi secara umum, USB type C punya banyak kelebihan di antaranya:

  • Bisa transfer data lebih cepat
  • Mendukung pengisian daya cepat atau Fast Charging
  • Bersifat reversible (bisa dibolak balik)
  • Bisa digunakan sebagai pengganti port HDMI atau VGA.

Kekurangan USB Type C

Adapun kekurangan USB Type C adalah belum banyak perangkat yang mendukung USB Type C. Jadi sebagai pemilik gadget yang menggunakan USB tipe C, Anda harus siap-siap membeli USB Hub atau konverter dari USB Type C ke jenis port lainnya.

Kekurangan lain dari USB C adalah walaupun bentuknya USB tipe terbaru, namun ternyata dukungan teknologi USB di gadget masih mentok di USB 2.0. Jadi penting sekali diperhatikan jika kamu punya hp dengan USB tipe C pastikan hubungkan ke USB 2.0 karena jika dihubungkan ke USB 3.1 yang lebih tinggi bisa merusak gadget Anda. Namun ini tentu tidak berlaku buat perangkat USB C yang lebih tinggi seperti laptop. Karena kebanyakan sudah mendukung teknologi USB 3.1.

Kesimpulan

USB Type C adalah jenis port USB terbaru yang dirancang untuk menggantikan posisi USB Type A dan Micro USB. Sekarang sudah banyak perangkat gadget, hp, hingga laptop yang mulai menggunakan USB tipe C untuk gantikan USB tipe standar, HDMI, VGA, dan port lain di produknya. Jika ingin mencari perangkat gadget yang kekinian disarankan untuk pilih yang memiliki USB type C karena di kemudian hari akan semakin banyak perangkat yang menggunakannya.

Leave a Comment