Inilah Penyebab Kulkas Tidak Dingin & Cara Menanganinya

Penyebab kulkas tidak dingin ada banyak, dan kebanyakan berasal dari kesalahan pemakaian dan karena usia. Jika kulkas Anda di rumah sudah tidak dingin lagi, segera kenali penyebabnya. Jika dibiarkan terlalu lama, kulkas bisa semakin rusak dan akhirnya tidak bisa dipakai sama sekali. Kulkas yang tidak dingin bisa menyebabkan makanan cepat busuk dan tagihan listrik membengkak karena kompresor bekerja terus menerus.

Penyebab kulkas tidak dingin

Kulkas tidak dingin lagi akan menyulitkan Anda. Berbagai bahan pokok kebutuhan rumah tangga jadi tidak bisa disimpan dengan baik. Membuat makanan beku atau es batu pun jadi semakin sulit karena untuk membuatnya dibutuhkan suhu yang sangat dingin. Selain itu, kulkas yang tidak dingin akan menyulitkan Anda untuk mengawetkan makanan. Makanan cepat busuk dan terpaksa Anda harus belanja terus menerus untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga. Selain boros biaya, kulkas tidak dingin juga sangat merepotkan.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Solusinya

Berikut ini adalah penyebab kulkas tidak dingin. Apa saja dan bagaimana cara menanganinya?

1. Kulkas Tidak Dingin karena Bunga Es

Untuk Anda yang memiliki kulkas 1 pintu, bunga es adalah penyebab kulkas tidak dingin. Bunga es pada freezer jika dibiarkan menumpuk akan menutup lubang angin yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kulkas. Untuk membuat kulkas kembali dingin caranya sangat gampang. Cairkan bunga es di dalam freezer dengan cara mematikan pengatur suhu atau set suhu kulkas di angka 0. Setelah itu buka pintu kulkas dan pasang kipas angin di depannya. Setelah bunga es mencair, bersihkan kulkas dengan lap bersih lalu nyalakan kembali. Membersihkan bunga es sebaiknya rutin dilakukan selama 2 minggu sekali.

2. Suhu Kulkas Tidak Dingin

Biasanya penyebab kulkas tidak dingin adalah pengaturan suhu yang tidak disetting pada tingkat tinggi. Jika ini terjadi tentu saja kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik untuk mendinginakn makanan di dalamnya. Sebelum membeli kulkas ada baiknya Anda mengetahui cara mengatur suhu kulkas melalui tombol yang disediakan. Untuk kulkas 1 pintu hindari mensetting suhu kulkas terlalu tinggi saat isi kulkas tidak banyak. Hal ini dapat menyebabkan bunga es semakin cepat terbentuk dan menumpuk kembali.

Penyebab kulkas tidak dingin

3. Sering Memasukan Makanan/Minuman Panas

Makanan dan minuman panas bisa menyebabkan suhu udara di dalam kulkas meningkat. Jika dibiarkan terus menerus dan hal tersebut akan merusak kulkas. Untuk menanganinya tentu sangat mudah. Hindari menyimpan makanan dan minuman panas di dalam kulkas. Dinginkan makanan dan minuman secara alami terlebih dulu. Jika sudah dingin baru masukan ke kulkas supaya lebih awet.

4. Karet Pintu Kulkas Rusak

Karet pada pintu kulkas berfungsi menyegel udara dingin di dalam agar tidak keluar. Jika karet pintu sudah usang akan menimbulkan celah sehingga udara dingin bisa keluar dengan bebas. Selain itu, pintu kulkas yang tidak ditutup rapat juga membuat udara dingin di dalam keluar dengan mudah. Oleh karena itu, cek kondisi karet pada pintu kulkas. Jika sudah rusak, segera hubungi pusat servis untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Tidak Ada Tegangan Listrik

Colokan listrik yang rusak otomatis membuat kulkas tidak berfungsi. Karena tidak berfungsi suhu dingin di dalam kulkas terus menerus naik sehingga membuat kulkas tidak dingin. Coba periksa kondisi colokan listrik kulkas Anda apakah masih terhubung dengan listrik atau tidak. Jika tidak segeralah perbaiki.

6. Freon Bocor atau Habis

Penyebab kulkas tidak dingin yang paling umum adalah freon bocor atau habis. Untuk mengetahui freon bocor Anda bisa memegang bagian belakang kulkas yang dekat dengan gril kulkas. Bagian ini seharusnya panas, karena panas freon dilepaskan pada bagian ini. Namun jika hanya terasa hangat atau tidak panas sams sekali bisa jadi freon kulkas Anda bocor. Segera hubungi teknisi untuk memperbaiki freon yang bocor dan mengisi ulang kembali.

Penyebab kulkas tidak dingin

7. Komponen Utama Kulkas Terganggu Fungsinya

Terkadang ada kulkas yang hanya menyala namun tidak kunjung dingin. Ini bisa terjadi jika ada kerusakan pada termostat atau kompresor. Cara memperbaikinya mau tidak mau adalah memanggil teknisi dan memintanya untuk mengganti spare part. Selain itu kerusakan yang umum terjadi pada kulkas adalah sirkulasi pendinginan yang tidak berjalan normal. Hal tersebut biasa disebabkan oleh motor fan yang tidak berfungsi. Untuk menangani masalah-masalah kulkas yang berkaitan dengan teknis, mau tidak mau Anda harus memanggil teknisi atau tukang servis yang ahli.

Penyebab kulkas tidak dingin

Nah itu dia, penyebab kulkas tidak dingin lagi. Untuk menjaga kulkas di rumah tetap awet sering-sering melakukan perawatan di antaranya: mencairkan bunga es, membersihkan isi kulkas, dan tidak memasukan makanan atau minuman panas. Awet atau tidaknya kulkas sepenuhnya bergantung pada pola pemakaian penggunanya.

Leave a Comment