Apa Itu FPS (Frames per Second)? Gamer Wajib Tahu!

Apa itu FPS? FPS sendiri merupakan singkatan dari frames per second, yang merupakan berapa banyak layar yang mampu dihasilkan tiap detiknya entah dalam game, film atau semacamnya. Untuk Anda yang sering streaming Youtube, nonton film, fotorgrafer atau gamers pastinya istilah apa itu FPS sudah tidak asing lagi.

Jika Anda sering nonton Youtube, FPS ini dapat dilihat di pojok kanan bawah di layar di mana Anda dapat mengatur berapa resolusi yang Anda inginkan. Namun, biasanya pembuat konten sudah mengatur berapa FPS yang ingin ditampilkan. Misalnya, resolusi HD alias 720 piksel dengan  50 atau 60 FPS yang membuat Anda bisa merasakan tontonan seperti nyata dan gerakannya pun lebih luwes. Untuk resolusi di bawah 720 piksel, biasanya hanya tersedia frame rate sekitar 30 FPS.

Apa Itu Fps

Bagi Anda PC gamers, apalagi para enthusiast ataupun overclocker rasanya frames per second sudah jadi makanan sehari-hari. FPS sangatlah krusial untuk menjaga kenyamanan bermain game. Semakin tinggi FPS yang dihasilkan, tentu bermain game akan semakin nyaman. Namun untuk mencapai FPS tinggi tentu Anda membutuhkan spesifikasi yang tinggi pula baik PC dan desktopnya . Apalagi jika ingin bermain game dengan grafis yang bagus.

Apa Itu FPS? Bagaimana FPS Ditangkap Oleh Mata?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengertian FPS adalah banyak layar yang mampu dihasilkan oleh suatu tayangan grafis agar bisa ditangkap oleh mata. Sebelum lanjut, Anda perlu mengetahui jenis-jenis resolusi layar monitor yang tepat terlebih dahulu. Pada dasarnya mata akan menangkap sesuatu yang dilihat dan mentransfernya ke otak. Kemudian, otak akan mengenali setiap frame sebagai gambar yang tidak bergerak yang ditampakkan secara bergantian. Oleh karena itu, ketika FPS yang hadir pada sebuah film atau game hasilnya kecil (sekitar dibawah 30 FPS), maka yang tampil di mata kita adalah kumpulan gambar yang bergerak bukan sebuah satu tampilan gambar bergerak.

Apa Hubungan FPS, Refresh Rate dalam Gaming?

Untuk para gamer tentunya tidak hanya FPS saja yang penting, tapi refresh rate pun tidak kalah pentingnya. Nah, game yang Anda mainkan di komputer atau di konsol gaming bisa berjalan karena render-an dari hardware  yang terpasang. Kemudian GPU sebagai hardware pengolahan grafis, melakukan pekerjaan yang mengeluarkan setiap frame pada game tersebut secepat yang GPU itu mampu. Namun, terkadang ada masalah dimana frame yang dirender tersebut lebih cepat dari refresh rate yang dimiliki oleh monitor.

Masalah yang sering muncul akibat ketidakseimbangan ini adalah screen tearing. Apa itu screen tearing? Screen tearing terjadi ketika game yang Anda mainkan memiliki rendering 100 frame per detik, namun monitor Anda hanya memiliki refresh rate 60 Hz. Maka yang dapat Anda lihat adalah gambar yang muncul pada monitor Anda akan terbelah.

Apa Pengaruh Kualitas Monitor Terhadap FPS?

Lantas apa pengaruh monitor terhadap FPS itu sendiri? Tentu monitor memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap FPS atau frame per second. Monitor yang keluar di pasaran saat ini muncul dalam beragam refresh rate. Refresh rate sendiri merupakan kecepatan display ketika monitor direfresh, dan kecepatan tersebut terhitung dengan satuan Hz (Hertz) yang mana disetarakan dengan 1000 kali per detik.

Apa Itu Fps

Anda dapat menemukan beberapa monitor dengan refresh rate mulai dari 40 hingga 144 Hz. Akan tetapi, apakah perbedaan dari hal itu? Untuk lebih lanjut, berikut saran sebaiknya memilih monitor seperti apa agar lebih maksimal.

Sebaiknya Monitor Apa yang Digunakan?

Kini sudah muncul monitor dengan refresh rate 144 Hz di pasaran. Umumnya monitor yang menyematkan nama gaming memiliki refresh rate yang tinggi yakni 144 Hz. Dengan refresh rate tinggi gerakan yang tampil di dalam game akan nampak lebih mulus tanpa ada screen tearing. Selain itu, tidak hanya dalam game, namun juga tampilan desktop komputer Anda. Mengapa hal ini bisa terjadi karena monitor dengan refresh rate tinggi mampu melakukan transisi scene lebih cepat. Oleh karenanya, apa bila Anda seorang gamer usahakan untuk beli monitor gaming terbaik ya.

Apa Hubungan Konsol Gaming Dengan FPS Tinggi?

Dulu ketika kita menginginkan gaming dengan frame rate 60 FPS, kita pasti akan bermain ke PC walaupun ada beberapa game yang sudah mendukung 60 FPS di konsol gaming. Namun kini, untuk memenuhi keinginan para gamers, Sony dan Microsoft memberikan fitur ini untuk konsol terbarunya yakni melalui PlayStation 4 Pro dan Xbox One X.

Apa Itu Fps

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu FPS dan bagaimana hubungannya dengan berbagai hal yang berkaitan dengan performa FPS itu sendiri. Mulai dari monitor, refresh rate hingga konsol gaming bagi Anda maniak gamer.

Leave a Comment