Review PlayStation 4 PRO: Performa Lebih Mengagumkan

PlayStation 4 PRO — Industri gaming semakin hari semakin berkembang. Dahulu kita tidak pernah menyangka bahwa kita dapat bermain game di dalam rumah dengan grafis yang begitu realistis.

Sejak pertama kali dikenalkan oleh salah satu produsen alat elektronik terbesar di dunia yakni Sony, PlayStation sudah mencuri perhatian masyarakat dengan teknologi terbaru walaupun pada saat itu konsol gaming ini bersaing dengan Sega Saturn yang juga menggunakan platform CD.

Namun, penjualan PlayStation pada saat itu termasuk yang paling tertinggi diantara yang lainnya. Game-game keren pun bermunculan pada konsol gaming ini.

Review PlayStation 4 PRO Performa Lebih Mengagumkan

Setelah itu, dilanjut dengan PlayStation 2 yang dirilis pada bulan Maret tahun 2000 di Jepang, dan Oktober, 2000 di Amerika Utara. Konsol gaming generasi kedua dari Sony ini memiliki grafis yang jauh lebih baik ketimbang pendahulunya.

Game-game dengan poligon dan warna yang lebih banyak, PlayStation 2 menghadirkan game-game seperti Kingdom Hearts, Shadow of The Colossus, God of War, Final Fantasy XII, dan masih banyak game lainnya dengan grafis mengagumkan. Pada saat itu, pertarungan konsol pun cukup sengit.

Masing-masing kompetitornya, Xbox dan Gamecube dari Nintendo, memberikan game-game eksklusif yang tidak kalah menariknya. Namun biar bagaimanapun, pertarungan konsol generasi itu masih dimenangkan oleh Sony.

Selanjutnya muncul konsol generasi ketiga dari Sony, yakni Playstation 3. Konsol ini hadir dengan tiga varian versi diantaranya fat (normal atau versi awal), slim, dan superslim.

Sebenarnya kedua pendahulunya memiliki versi slim juga. Pada generasi ini, Playstation bertarung dengan kedua pesaing yang pernah menjadi kompetitor sengit sebelumnya yakni Xbox dengan Xbox 360, dan Nintendo dengan Wii-nya. Namun kali ini penjualan PS3 kalah dengan Wii dan Xbox 360.

Penjualannya sangat turun drastis bila dibandingkan dengan Playstation 2 yang mencapai hingga lebih dari 155 juta unit.

Kini untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, Sony meluncurkan konsol kelanjutannya, PlayStation 4. Format pemutar cakramnya meneruskan seri sebelumnya dengan menggunakan Blu-ray disc.

Game-game dengan grafis menakjubkan pun datang seperti Grand Theft Auto 5, Final Fantasy XV, God of War, dan beberapa game-game eksklusif lainnya. Penjualannya pun mengalahkan pesaingnya yaitu Xbox One.

Demi mencapai kenikmatan bermain game semakin maksimal, Sony merilis seri PRO yang mampu memainkan game pada resolusi 4K dan frame rate tinggi. Selain itu, Sony menyematkan fitur lain seperti grafis yang bisa ditingkatkan. Sepertinya PS4 PRO ingin menunjukkan bahwa konsol gaming tidak kalah dengan PC dalam aspek grafis.

Review PlayStation 4 PRO Performa Lebih Mengagumkan

Performa PlayStation 4 PRO

Dapat dikatakan bahwa PlayStation PRO merupakan varian konsol generasi keempat dari Sony ini yang memiliki performa lebih baik. Tidak seperti PS4 biasa, pada varian ini game-game yang dikembangkan oleh developer-develpoer besar dapat dimainkan dengan resolusi Ultra HD atau dengan frame rate yang lebih tinggi.

Namun untuk beberapa game eksklusuf seperti Horizon Zero Down dan Uncharted 4, Sony ingin tetap menjadikan game ini terlihat baik di PS4 biasa.

Review PlayStation 4 PRO Performa Lebih Mengagumkan

Dari segi desain pun memiliki perbedaan yang signifikan. Anda akan dengan mudahnya membedakan mana PS4 biasa dengan yang seri PRO. Dibanding dengan PS4 biasa, seri PRO ini memiliki ukuran yang lebih tebal dan bobot yang lebih berat karena terdiri dari tiga laipsan.

Sony mengubah tombol Power dan Eject Disc dengan tombol fisik. Sony sepertinya mendengar banyak keluran dari beberapa konsumennya yang menggunakan PS4 yang mana tombol Powernya sering tak sengaja terpencet. Walaupun banyak mengalami perubahan dari segi desain, Sony tidak meninggalkan keeleganan yang dihadirkan seri awal.

Bila Anda sudah memiliki PlayStation 4 seri pertama, dan memiliki dana yang cukup untuk pengalaman bermain game lebih maksimal, Anda dapat menguapgradenya dengan membeli PS4 PRO.

Namun, bila Anda belum memiliki TV 4K, Anda tetap bisa menikmati bagaimana performa dari PS4 PRO ini. Sambil menabung membeli TV atau monitor dengan resolusi Ultra HD, Anda bisa memainkan beberapa game di PS4 pro dengan frame rate tinggi layaknya bermain game di PC High-End.

Anda dapat menikmati sensasi bermain game PC dengan kualitas grafik high namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Review PlayStation 4 PRO Performa Lebih Mengagumkan

Namun karena spesifikasi yang dihadirkan oleh PlayStation 4 PRO secara logis belum bisa memainkan game-game AAA pada resolusi UHD, Sony melakukan upscale resolusi dengan melakukan teknik yang disebut “4K Checkerboarding” (teknologi yang mampu melakukan teknik upscaling yang sangat mumpuni) untuk game-game teranyar.

Mungkin untuk game-game yang tidak terlalu berat, PS4 PRO dapat menyajikan visual dengan resolusi 4K Native.

Pada game-game dengan patch terpisah seperti Final Fantasy XV dan Rise of the Tomb Raider, PlayStation 4 PRO mampu memberikan performa yang mungkin belum pernah Anda rasakan di mesin konsol gaming. Jika Anda pengejar frame rate tinggi (minimal 60 fps), PS4 PRO memungkikan untuk itu.

Sebagai contoh, game Action JRPG dari Square Enix, Final Fantasy XV, Anda dapat memainkan game tersebut pada frame rate 60 fps diresolusi Full HD. Tak hanya itu, jika Anda ingin memainkan game tersebut dengan resolusi 4k dengan frame rate 30, PS4 PRO dapat menawarkan itu. Atau bila Anda menginginkan grafik seperti bermain di PC High-End, tentu bisa juga.

Review PlayStation 4 PRO Performa Lebih Mengagumkan

Kesimpulan

Lantas, jika masih bisa menikmati game-game PS4 secara maksimal pada mesin konsol seri awal, apakah kita harus mengupgradenya? Menurut kami tidak perlu. Jika Anda masih nyaman bermain game-game terkini pada resolusi Full HD pada frame rate 30 fps. Seri lama pun sudah cukup, namun bila Anda tertarik ingin membeli produk ini, Anda bisa merogoh kocek sebesar Rp 7,4 juta dengan HDD 1 TB. Bagaimana? Berminatkah?

Leave a Comment