Termometer Digital Terbaik: Jenis, Cara Memilih & Harga Terbaru

Termometer digital adalah salah satu jenis alat ukur suhu terbaru yang bisa Anda gunakan untuk mengukur suhu badan. Termometer jenis ini relatif mudah dan lebih aman digunakan. Hal ini membuat termometer digital sering menjadi pilihan untuk mengukur temperatur tubuh anak. Namun, orang dewasa juga bisa menggunakan termometer ini. Termometer digital diasosiasikan dengan pengukuran suhu badan yang otomatis dengan layar digital pada termometernya. Dengan adanya layar yang sudah digital tersebut tentunya memudahkan pengguna untuk melihat hasil dari suhu badan orang yang diukur.

Nah, sebelum mengetahui lebih lengkap soal termometer digital yuk ketahui dulu cara memilih dan jenis-jenis termometer digital ini.

Gambar Termometer Digital GAGASTEKNO

Jenis Termometer Digital Terbaik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat jenis-jenis termometer digital dengan berbagai penggunaan. Adapun penggunaan termometer ini juga berbeda dari penamaannya. Nah, agar Anda tidak salah berikut 5 jenis termometer digital lengkap dengan kegunaannya.

1. Termometer Digital Melalui Telinga (tympanic thermometer )

Termometer ini digunakan dengan cara memasukkan ujung termometer yang berukuran kecil ke dalam telinga. Caranya yakni masukkan dengan hati-hati termometer ke dalam saluran telinga. Kemudian, baca hasilnya setelah bunyi bip. Termometer ini bisa digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa dengan minimal usia 3 bulan atau satu tahun. Termometer jenis ini biasanya digunakan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain di dekat Anda.

2. Termometer Digital Melalui Kening (temporal artery thermometer)

Termometer jenis ini sangat mudah digunakan. Anda hanya harus menempelkan strip termometer ke kening dan menunggu hasilnya keluar di layar. Sebelum pemakaian, pastikan wajah tidak sedang dalam keadaan basah agar hasil pengukuran akurat. Lepas lapisan penutup strip, lalu tempelkan ke dahi. Tunggu hingga 15 detik hingga terjadi perubahan warna pada salah satu jenis temperatur. Bersihkan strip termometer dengan cara mengelapnya sebelum menggunakannya kembali.

Gambar Termometer Digital GAGASTEKNO

3. Termometer Digital Melalui Ketiak (axillary thermometer)

Termometer ini sangat mudah digunakan dan mudah didapat. Pengukuran melalui ketiak biasanya lebih akurat daripada pengukuran melalui telinga. Sebelum menggunakannya, pastikan ketiak dalam keadaan kering. Lalu letakkan ujung termometer pada ketiak, dan tekan atau rapatkan lengannya. Tunggu sekitar 20 detik hingga muncul angka yang menunjukkan temperatur tubuh pada layar termometer.

4. Termometer Digital Melalui Anus (rectal thermometer)

Termometer ini cukup sulit ditemukan karena penggunaannya yang tidak biasa. Namun, jika kamu malah beli termometer digital jenis ini, sebelum digunakan jangan lupa oleskan lotion pada ujung sensor termometer. Dan Anda bisa memasukkan termometer ke dalam dubur dengan lembut. Masukkan ujung sensor termometer hingga sedalam 2,5 cm selama beberapa saat sampai terdengar bunyi bib.

5. Termometer Digital Melalui Mulut (oral thermometer)

Sebenarnya termometer yang digunakan melalui ketiak dapat juga digunakan melalui mulut. Namun, terdapat pula termometer berbentuk empeng yang secara khusus digunakan melalui mulut. Ujungnya yang seperti dot yang biasanya digunakan untuk anak-anak karena membuat anak nyaman saat Anda mengukur temperatur tubuhnya. Termometer ini juga biasanya digunakan pada bayi yang baru lahir.

Cara Memilih Termometer Digital Terbaik

Termometer digital dari berbagai produsen kini sudah banyak dijual di pasaran, namun termometer digital seperti apakah yang bagus? Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih termometer digital. Yang pasti penting untuk membeli termometer digital yang sesuai dengan tujuan Anda menggunakannya.

1. Termometer untuk Bayi dan Anak Kecil

Sering sekali anak atau bayi Anda sakit demam, oleh karenanya termometer pun harus Anda punya untuk berjaga-jaga. Pilihlah termometer digital yang cepat dan mudah dengan prediksi yang akurat. Jawabannya Anda bisa menggunakan termometer ketiak atau infrared yang ditempelkan di telingan atau dahi anak Anda. Lebih baik lagi pilihlah termometer yang dikhususkan untuk bayi dan anak. Karena termometer ini bisa mendeteksi suhu hanya dalam beberapa detik dan segera mendapatkan hasilnya.

2. Termometer untuk Seluruh Anggota Keluarga

Jika Anda mencari termometer untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga, Anda dapat memilih termometer yang mengusung konsep formula prediksi akurat. Anda bisa memilih termometer untuk ketiak agar mendapat hasil yang aktual. Namun, tidak ada salahnya Anda juga memiliki termometer infrared karena bisa mengukur suhu dalam waktu singkat apabila Anda sedang terburu-buru. Sangat praktis dan serbaguna untuk digunakan dalam berbagai situasi.

Gambar Termometer Digital GAGASTEKNO

3. Termometer yang Dipakai untuk Orang Banyak

Bagi perusahaan yang ingin melakukan pengukuran suhu pada banyak subjek, direkomendasikan menggunakan termometer inframerah. Higienis karena termometer tidak perlu kontak dengan tubuh, dan memungkinkan untuk mendeteksi suhu dengan cepat dalam hitungan detik saja. Jika Anda ingin memeriksa suhu banyak orang dengan cepat, pilihlah yang dapat mendeteksi suhu dengan cepat tanpa menyentuh kulit.

4. Pilihlah Termometer dengan Keunggulan Lain

Selain poin-poin di atas, bisa juga mempertimbangkan berbagai poin di bawah ini sehingga Anda bisa beli termometer digital terbaik saat ini. Ada 3 poin penting yang bisa dijadikan pertimbangan.

  • Pilih Termometer yang Bisa di Cuci dengan Air

Karena kerap bersentuhan dengan kulit, tentunya keadaan termometer mesti dijaga kehigienisannya. Apalagi jika termometer ini digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Atau jika termometer yang Anda punya digunakan untuk mengukur suhu melalui mulut maka kebersihan adalah kunci utamanya. Dalam kasus ini sebaiknya memilih termometer yang bisa dicuci. Untungnya saat ini banyak termometer yang sudah dilengkapi dengan fungsi tahan air sehingga Anda bisa mencucinya untuk menjaga agar tetap higienis.

  • Pilih Temometer dengan Lampu Latar

Termometer dengan layar besar akan mempermudah pengguna untuk melihat hasil yang ditampilkan, tapi jika dilengkapi dengan lampu latar, pembacaan hasil akan lebih mudah lagi. Bila Anda ingin mengukur suhu tubuh anggota keluarga di tengah malam atau dini hari, Anda dapat langsung melihat hasil pengukuran tanpa perlu menyalakan lampu, sehingga Anda dapat mengukur suhu tubuh tanpa membangunkan orang tersebut.

7 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik & Harga Terbaru 2020

Sudah dijelaskan jenis-jenis termometer digital dan bagaimana cara memilihnya. Sekarang akan dijelaskan mengenai rekomendasi termometer digital terbaik yang bisa Anda beli di pasaran. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Apa saja merk termometer terbaik?

1. Digital Thermometer Karakter

Harga terbaru: Rp 25.000-Rp 50.000

Gambar Termometer Digital Bentuk Karakter GAGASTEKNO

Termometer dengan desain lucu dan menggemaskan ini didesain khusus untuk anak-anak. Karena bentuknya yang lucu, anak-anak akan lebih mudah menerima termometer ini ketika Anda ingin mengecek suhu badannya. Dengan berbagai karakter binatang dan kartun, termometer ini bisa mengukur suhu badan anak dengan akurat dengan dengan rentang kesalahan kurang lebih 0,1 oC dalam waktu kurang lebih 1 menit.

2. Beurer Multifunction Thermometer FT-65

Harga terbaru: Rp 495.000

Gambar Termometer Digital Beurer GAGASTEKNO

Termometer pabrikan Jerman ini diyakini memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Termometer digital ini memiliki bentuk yang nyaman untuk digenggam, sehingga dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Termometer ini dapat digunakan baik di telinga maupun di dahi, praktis untuk digunakan pada anak-anak yang biasanya susah untuk diam sejenak. Layarnya pun cukup besar, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat hasil pengukuran yang tertera.

3. ThermoOne Thermometer Digital

Harga terbaru: Rp 25.000

Gambar Termometer Digital ThermoOne GAGASTEKNO

Termometer  ini bisa menjadi salah satu barang favorit Anda yang masih memiliki batita tapi sering pergi berlibur atau bepergian ke tempat lain. Terbuat dari bahan yang keras yang menutupi 7/8 dari termometer tersebut. Sehingga membuat termometer ini aman terhadap guncangan ketika diletakkan di dalam tas Anda. Bentuknya yang kecil pun tidak memakan banyak tempat maupun menambah beban bawaan Anda. Namun, sebaiknya termometer diletakkan dalam kantung tersendiri untuk menghindari gesekan yang terlalu sering atau tertindih barang lain.

4. Rycom Infrared Thermometer JXB-181

Harga terbaru: Rp 398.000

Gambar Termometer Digital Rycom GAGASTEKNO

Butuh termometer yang bisa mengukur segala benda? Maka produk dari Rycom ini tepat untuk Anda. Karena Anda bisa mengukur tak hanya suhu tubuh tapi juga bisa digunakan untuk mengukur suhu makana bayi, susu yang ingin diminum hingga suhu air mandi anak Anda. Cara penggunaannya yakni Anda bisa langsung mengarahkan termometer ini ke benda tersebut, maka sedetik kemudian Anda bisa langsung mengetahui suhunya. Sangat mudah bukan?

5. Omron Forehead Thermometer MC-720

Harga Terbaru: Rp 670.000

Gambar Termometer Digital Omron GAGASTEKNO

Termometer dari Omron ini dapat mengeluarkan bunyi beep yang panjang ketika hasil pengukuran suhu muncul, tapi produk ini juga dapat tidak bersuara ketika menu silent mode-nya diaktifkan. Lebih lengkapnya lagi, termometer digital ini pun juga otomatis menampilkan hasil dari pengukuran suhu sebelumnya. Contohnya, ketika anak Anda demam, Anda dapat mengetahui apakah suhu tubuhnya sudah turun atau belum dengan membandingkan langsung hasil pengukuran yang baru dengan yang sebelumnya. Anda juga dapat membandingkan dengan pengukuran beberapa kali sebelumnya, karena termometer ini dapat menyimpan hingga 25 hasil pengukuran.

6. Microlife Digital Thermometer MT-200

Harga terbaru: Rp 145.000

Gambar Termometer Digital Microlife GAGASTEKNO

Termometer ini dilengkapi dengan lapisan pengkuru berwarna emas yang mewah. Bukan tanpa sebab, pelapisan emas ini dipilih yang bertujuan untuk menghindari terjadinya alergi ketika Anda menggunakan termometer merk Microlife ini. Selain itu, adanya indikator baterai yang ada pada Microlife Digital Thermometer MT-200 membuat jadi nilai plus tersendiri. Karena Anda bisa tahu kapan baterainya akan habis dan perlu diganti.

7. Omron Digital Thermometer MC-343F

Harga terbaru: Rp 130.000

Gambar Termometer Digital Omron MC-343F GAGASTEKNO

Termometer berikut ini cocok untuk Anda yang sangat menyukai kebersihan dalam segala hal. Setelah digunakan pada ketiak atau mulut, Anda dapat mencuci dan mengeringkannya sebelum menyimpannya kembali. Produk ini tidak akan rusak karena telah didesain untuk tahan terhadap air. Termometer akan tetap higienis pada pemakaian selanjutnya. Selain itu, keunggulan dari termometer ini adalah memiliki ketahanan baterai yang lama. Sehingga Anda tidak perlu sering-sering menggantinya.

Leave a Comment