Freon Kulkas: Cara Mengisi Sendiri di Rumah, Tutorial

Freon kulkas adalah hal yang penting untuk membuat kulkas tetap dalam suhu dingin. Jika kulkas Anda sudah tidak dingin lagi, bisa jadi salah satunya adalah freon kulkas Anda sudah habis. Pembahasan tentang kulkas tidak dingin lagi pernah kami bahas disini. Freon kulkas yang berkurang dapat terjadi ketika ada kebocoran saat awal pengelasan atau karena adanya kebuntuan di penyaringan. Pada dasarnya sebuah benda yang berfungsi untuk mendinginkan, menggunakan freon. Sebenarnya freon ini adalah merk dari refrigerant. Mungkin seperti air mineral kemasan yang disebut Aqua ataupun deterjen pencuci baju yang memiliki panggilan Rinso. Namun sebelum kami membawa Anda ke tutorial cara mengisi refrigerant atau freon sendiri, kami akan menjelaskan beberapa informasi yang berguna untuk Anda.

Pengertian Freon Kulkas

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya. Freon kulkas sebenarnya adalah merk dari refrigerant. Namun, apakah refigerant itu? Refrigerant adalah cairan yang menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang lebih tinggi.

Refrigerant sendiri memiliki tiga jenis, diantaranya adalah:

1. HFC (Refrigerant Fluocarbon Terhidrogenasi)

Kandungan ini terdiri dari hidrogen, fluorin, dan karbon. Kandungan ini tidak menggunakan atom klor sehingga kandungan ini sanagt aman untuk lapisan ozon bumi.

2. HCFC (Terhidrogenasi Klorofluorokarbon Refrigeran)

Kandungan ini terdiri dari hidrogen, klorin, fluorin, dan karbon. Refrigeran jenis ini mengandung sedikit jumlah klorin.

3. CFC (Refrigerant Chlorofluorocarbon)

Ini yang sering kita dengar. Refrigerant jenis ini mengandung klorin, fluorin, dan karbon. Refrigerant jenis ini memiliki jumlah kaporit tinggi sehingga jenis refrigerant ini paling berbahaya dan tidak ramah lingkungan.

Freon Kulkas: Cara Mengisi Sendiri di Rumah (Alat-alatnya)

Sebelum mengisi refrigerant sendiri siapkan alat-alat ini.

1. Freon atau refrigerant (sesuaikan dengan label yang terdapat di kompresornya, contoh: 134a, R12, dan semacamnya).

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
2.Tang

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
3. Mesin Vakum atau gunakan stainer tube

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
4. Manifold gauge

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
5. Las Tabung

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
6. Pentil

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
7. Filter

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah
8. Methyl

Freon Kulkas, Cara Mengisi Sendiri di Rumah

Freon Kulkas: Cara Mengisi Sendiri di Rumah

1. Pertama-tama hal yang harus Anda lakukan adalah mengelas pentil pada pipa yang terdapat di kompresor kulkas. Biasanya ini ditandai dengan pipa pendek yang tidak tersambung ke sistem kulkas. Sebelum mengelas pentil tersebut, lepas karet yang ada di dalamnya. Hal ini akan menghindari kerusakan.
2. Kemudian siapkan methyl dengan menuangkannya ke penutup botol air mineral
3. Selanjutnya hidupkan kompresor untuk memastikan aliran refrigerant tidak ada yang tersumbat.
4. Setelah itu, las filter ke pipa kondensor.
5. Lalu las kedua pipa kapiler ke filter.
6. Pasang selang manifold gauge warna biru pada pentil pengisian refrigerant dan selang warna kuning pada tabung refrigerant.
7. Ketika mengisi refrigerant, kompresor harus dalam keadaan menyala.
8. Kemudian setelah tekanan udara Anda cek dan di bawah angka 0 – 30 psi, buka keran tabung refrigeran kurang lebih 3-5 detik.
9. Kemudian langsung tutup keran tabung, dan biarkan refrigerant keluar dari pipa kapiler yang selanjutnya dijepit dan dilas.
10. Selanjutnya buka lagi keran selang manifold pada tabung refrigerant perlahan-lahan. Jangan melewati angka 10 (umumnya jika jarum manifold sudah melewati angka 1 keatas, pipa kondensor mulai terasa hangat).
11. Setelah jarum manifold tersebut mendekati angka 10, hawa hangat pipa kondensor mulai menyebar ke bawah. Hal ini yang menandakan pengisian refrigerant hampir selesai.

Demikian artikel tutorial Gagastekno yang membahas freon kulkas dan cara mengisi sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

PS: Jika Anda masih ragu untuk melakukannya sendirim kami sarankan panggil ahli agar lebih aman.

Leave a Comment