Cara Membersihkan Kipas Laptop (Jangan Nunggu Overheat)

Apabila Anda memiliki laptop yang sudah berusia sekitar satu atau dua tahun, mungkin sekarang adalah saatnya untuk mengetahui cara membersihkan kipas laptop dari debu yang menumpuk. Debu adalah salah satu musuh terbesar dari komponen internal laptop Anda karena debu bisa menyebabkan heatsink, ventilasi, dan kipas menjadi macet. Dengan begitu sistem pendinginan pada laptop Anda tidak bisa bekerja dengan optimal sehingga performa laptop pun bisa menurun, bahkan panas yang berlebihan bisa merusak komponen penting di dalamnya. Pada panduan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan kipas laptop, meskipun Anda tidak bisa membuka bagian dalam laptop.

Cara Membersihkan Kipas Laptop dengan Membuka Bagian Dalam

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Sebagian besar laptop, terutama keluaran terbaru, tidak dirancang untuk dapat dibuka dengan mudah atau malah tidak bisa dibuka sama sekali oleh penggunanya. Akan tetapi jika laptop Anda memungkinkan untuk dibuka, maka proses pembersihan akan sangat mudah.

Jika laptop Anda didesain dengan panel yang dapat dibuka, maka biasanya Anda dapat mengakses bagian internal laptop dengan cara melepas bautnya. Anda bisa membuka buku manual mengenai cara spesifik membuka panel pada laptop yang Anda miliki atau bisa juga mencarinya di internet. Jangan lupa untuk mematikan laptop dan melepas baterainya terlebih dahulu sebelum membuka panel tersebut. Jika buku manual laptop Anda memberi informasi mengenai cara membuka bagian dalamnya, maka Anda hanya perlu mengikuti petunjuknya. Perlu diketahui juga bahwa membuka bagian dalam laptop akan merusak garansi untuk beberapa merek laptop.

Jika Anda sudah berhasil membukanya, bawa laptop ke tempat yang terbuka untuk mengeluarkan semua debu di dalamnya. Anda dapat menggunakan semprotan angin kaleng atau biasa disebut air duster untuk meniupkan debu keluar dari bagian dalam laptop. Pastikan juga bahwa Anda mengarahkan angin tersebut keluar dari laptop bukan mendorongnya masuk makin dalam. Anda juga perlu berhati-hati dalam menjaga jarak semprotan dengan komponen yang ditiup agar tidak merusaknya.

Ketika bagian dalam dari laptop sudah bersih dari debu, maka selanjutnya Anda bisa kembali menutup panelnya, memasang baterai, dan menyalakan laptop untuk digunakan seperti biasa.

Cara Membersihkan Kipas Laptop Tanpa Membuka Bagian Dalam

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Memang beberapa produsen laptop tidak memberikan Anda akses untuk membuka bagian dalam laptop baik itu untuk mengupgrade komponennya atau hanya untuk membersihkannya. Akan tetapi sayangnya debu tetap saja bisa menemukan jalan untuk sampai ke bagian dalam dari laptop kesayangan Anda.

Meskipun tidak bisa dibuka, Anda tetap bisa membersihkan sebagian debu yang menumpuk dan menghambat kinerja laptop Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membawa laptop ke tempat yang terbuka. Pastinya Anda tak ingin debu dari dalam laptop menyebar di dalam kamar Anda.

Dengan metode yang hampir sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda memerlukan sebuah semprotan udara. Arahkan semprotan tersebut pada bagian ventilasi laptop dan berikan beberapa tiupan pendek. Jika beruntung, semprotan yang kuat tersebut akan melontarkan debu yang menempel dan mengeluarkannya dari ventilasi laptop. Memang metode ini tidak akan menyapu bersih semua debu yang ada di dalam laptop. Akan tetapi setidaknya debu tersebut tidak lagi menghambat aliran udara atau perputaran kipas di dalam laptop.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika melakukan hal ini. Jika Anda mengarahkan semprotan secara langsung ke bagian kipas di dalamnya, maka bisa saja semprotan tersebut menyebabkan kipas berputar terlalu cepat dan merusaknya. Jadi Anda perlu memberikan jarak dan jeda ketika menyemprot serta cukup dengan beberapa semprotan pendek saja.

Apabila laptop Anda mengalami overheat atau temperatur yang terlalu panas ketika sedang digunakan dan Anda tidak bisa membersihkannya sendiri di rumah, maka sebaiknya Anda membawanya ke tempat servis tepercaya yang disediakan oleh produsen laptop. Seberapa sering Anda harus membersihkan laptop juga tergantung pada pola penggunaan dan seberapa banyak debu di tempat Anda.

Leave a Comment