Skip to content
Home » Review » Review Fujifilm X-T3 Harga Terbaru (Spesifikasi Canggih!)

Review Fujifilm X-T3 Harga Terbaru (Spesifikasi Canggih!)

Tak kalah dengan para pesaingnya, Fujifilm juga tidak kalah meluncurkan kamera terbaru yakni X-T3. Kamera ini digadang-gadang akan menjadi pesaing andal kemare level profesional di kelasnya. Fujifilm bahkan membekali kamera terbarunya ini dengan berbagai kecanggihan dan fitur-fitur inovatif sebagai pelengkap dari Fujifilm X-T3 ini.

Fujifilm hadir dengan spesifikasi dan keunggulan dari segi image sensor teknologi terbaru yakni 26 MP APS-C BSI dengan X-Trans CMOS dan prosesor generasi keempat. Sensor dengan teknologi terbaru tersebut memungkinkan kamera meningkatkan kinerjanya mampu mengambil foto hingga 11 foto per detik dan 20 foto per detik dalam mode ES (electronic shutter). Selain itu, dari segi video juga meningkat yang mampu merekam hingga 4K @60fps. Dengan berbagai teknologi tersebut, Fujifilm X-T3 dibandrol dengan harga Rp 22.999.000 dengan kit dengan lensa Fujinon XF 18-55 mm f/2.8-4 OIS.

fujifilm x-t3 kamera baru

Tak hanya itu, dibandingkan seri Fuji X-T sebelumnya versi ketiga ini memiliki jendela bidik yang lebih besar dengan refresh rate yang lebih baik. Penyebaran titik/area fokus juga lebar, menjangkau sampai tepi-tepi frame foto. Nah, selain ini apa lagi kelebihan dari kamera baru Fujifilm ini?

Desain Bodi Fujifilm X-T3

Sekilas, desain X-T3 ini mirip dengan pendahulunya yaitu Fujifilm X-T2. Lebih lanjut, X-T3 memiliki desain pengaturan seperti kamera film di mana terdapat roda (dial) untuk mengubah shutter speed, ISO, dan kompensasi eksposur di bagian atas kamera. Selain itu, ada juga tuas untuk mengganti mode metering, mode autofokus, dan drive mode. Juga banyak tombol-tombol untuk mengganti setting kamera yang bisa di program.

Baca Juga  Review Canon EOS M100 Terbaru & Spesifikasi Harga Murah

fujifilm x-t3 harga 2019

Tata letak tombol X-T2 diadopdi di desain bodi X-T3, hanya saja Fujifilm mengubahnya jadi sedikit lebih tinggi karena memiliki headphone jack di bagian kiri kamera. Sedangkan di X-T2 di mana penggunanya perlu memasang grip untuk mendapatkan akses headphone jack.

X-T3 telah dilengkapi viewfinder berlayar OLED 5 inci serta refresh rate sebesar 100 fps. Gambar yang ditunjukkan di viewfinder pun tampak lebih tajam ketimbang X-T2 dan hanya memiliki lag time sebesar 0,005 detik.

Spesifikasi Kinerja Fujifilm X-T3

Dengan processor baru, sensor baru, autofokus dengan lensa yang cocok akan sangat cepat. X-T3 menggunakan X-Processor 4 di mana CPU-nya menggunakan quad core dan itu tiga kali lebih cepat ketimbang seri X yang lain. Anda juga tidak memerlukan vertical grip untuk mengambil gambar dengan mode burst karena di X-T3 shutter-nya dapat tertutup secepat 11 fps.

fujifilm x-t3 kamera baru 2019

Dari segi pengambilan video, X-T3 memiliki fitur-fitur seperti adanya built-in headphone dan mic jack, USB-C untuk tethering serta USB power charging. Fitur-fitur itu sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga memiliki kecepatan yang sangat OK. Sementara, autofocus di X-T3 juga telah lebih dikembangkan. Anda bisa memilih mulai dari 117 AF hingga 425 AF dan setidaknya ada 2,16 juta pixel phase-detect. Hal tersebut empat kali jumlah X-H1 dan X-T2. Autofocus untuk deteksi wajah/ mata juga telah ditingkatkan di mana sensitifitas AF diturunkan menjadi -3EV.

Fujifilm juga menambahkan adanya fungsi Pre-Shoot. Fungsi ini mampu memberikanmu bayangan gambar apa yang akan Anda dapatkan. Seperti kamera pada umumnya, Anda cukup menekan setengah tombol shutter release untuk melihat fungsi ini. Ditambah dengan sports finder, maka Anda dapat mengambil gambar bergerak dengan baik.

Baca Juga  Keunggulan Watch Phone Z5 Terbaru (Smartwatch untuk Anak!!)

fujifilm x-t3 spesifikasi

Pengambilan Gambar dan Video

Layaknya kamera Fujifilm lainnya, X-T3 juga dilengkapi dengan fitur film simulation dengan total 16 mode yang menyenangkan untuk digunakan. Contohnya, Velvia membuat warna dan kontras foto tinggi, Classic Chrome menurunkan saturasi warna memberikan kesan foto di jaman film. Kemudian, ACROS menghasilkan warna monokrom/hitam putih yang kontras dan Eterna cocok untuk merekam video untuk memberikan kesan cinematic.

Tak hanya itu, untuk pengambilan gambarnya yakni dari segi dynamic range kamera juga cukup baik. Misalnya, ketika mengambil gambar saat kondisi foto kontras bisa menggelapkan daerah yang terang dan menerangkan daerah gelap dengan baik dan relatif minim noise/artefact.

Video Fujifilm X-T3

Kesimpulan: Harga 20 Jutaan, Layak Dilirik?

Bagi Anda yang membutuhkan kamera profesional generasi paling baru dan canggih, kamera Fujifilm X-T3 ini memang layak untuk dilirik. Pertama, perkembangan kamera ini tercermin dari kualitas gambar dan kinerja kamera yang semakin bagus dan saat ini merupakan kamera dengan fitur terbaik di kelas APS-C. Fuji X-T3 cocok untuk berbagai jenis fotografi dari dokumentasi, portrait, fotografi aksi, sport dan wildlife. Videografer juga akan senang dengan fitur video-nya karena X-T3 sudah mendukung perekaman video profesional.

fujifilm x-t3 harga terbaru

Namun, jika Anda terbatas pada budget maka Anda bisa mempertimbangkan Fujifilm X-T20 dan Fujifilm X-T100. Memang, spesifikasi kedua kamera Fujifilm tersebut tidak segarang X-T3 tapi untuk kamera sehari-hari dengan keperluan biasa rasanya masih cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top