Review Instax Share SP-2 Spesifikasi & Harga Murah (Terbaru)

Instax Share SP-2 adalah printer portable dengan desain unik dan lucu. Dikeluarkan oleh Fujifilm tahun 2017 lalu. Mengusung konsep printer langsung jadi, Instax Share SP-2 jadi primadona bagi Anda pecinta polaroid. Kalau Anda suka mengabadikan momen bersama orang yang Anda sayang, tentu ada saatnya ingin mencetak foto hasil jepretan Anda tersebut.

Untuk semakin memudahkan pencetakan Anda, Fujifilm menawarkan solusi untuk mengatasi kemageran mencetak foto. Pabrikan asal Jepang ini menghadirkan Instax Share SP-2. Berbeda dari kamera instan seri Fujifilm, SP-2 merupakan printer foto mungil yang bisa disambungkan ke ponsel melalui koneksi Wifi.

Harga Instax Share SP-2 Terbaru

Meski bukan seri paling baru dari Fujifilm, SP-2 bisa jadi pilihan Anda karena harganya sudah cukup murah saat ini. Sekarang SP-2 sudah banyak tersedia di toko-toko kamera di seluruh Indonesia. Selain itu, printer mungil ini juga bisa didapatkan di toko-toko online atau e-commerce kesayangan Anda. Harga Sp-2 saat ini dibandrol Rp 1.999.000. Dengan memiliki SP-2, Anda akan bisa mengeprint foto di mana pun Anda mau.

instax share sp-2 3

Desain Printer

Punya dimensi mungil yakni 89.5 mm x 131.8 mm x 40 mm dan berbobot hanya 250 gram, SP-2 bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan kamera instan buatan Fujifilm lainnya. Ukurannya ini compact untuk dibawa kemana-mana dengan mudah dalam tas Anda. Berbentuk kotak, SP-2 memadukan printernya ini dengan warna putih-silver atau putih-gold. Bagian atasnya didesain menipis dengan lupang pipih di ujung tempat hasil cetakan foto Anda keluar. Selain itu, dibagian yang sama terdapat pula lampun indikator baterai dan jumlah kertas foto yang tersedia.

Dibagian belakangnya Anda akan menemukan tuas pengunci yang ketika dibuka akan memperlihatkan ruang kosong. Nah, ruang kosong inilah yang menjadi tempat film ini diletakkan. Sementara itu, betarai SP-2 bisa ditemukan di bagian bawah. Fujifilm membekalinya dengan baterai lithium-ion 700 mAh yang akan mampu mencetak 100 kali lho. Tombol power dan reprint diletakkan di sisi kiri perangkat masing-masing dengan ukuran yang cukup besar dan mudah ditekan.

instax share sp-2 2

Oh ya ada satu fakta unik. Meski disebut ‘printer’, SP-2 tidak memiliki catrige tinta. Tentu rahasianya terletak dari kertas foto yang digunakan. Kertas foto tersebut bergantung kepada eksposur cahaya.

Performa dan Fitur

Untuk bisa mencetak foto melalui SP-2 Anda harus mendownload aplikasi Instax Share di Google Play Store atau Apple App Store terlebih dahulu. Anda bisa memilih kumpulan foto yang tersimpan dalam ponsel, media sosial Instagram dan Facebook, layanan penyimpanan foto Google Photos dan Flickr, hingga layanan storage cloud Dropbox.

Fujifilm mengklaim bahwa printer foto ini mampu mencetak dengan kecepatan tinggi. Hanya butuh waktu 10 detik untuk mengirimkan foto dari ponsel ke printer hingga foto tercetak.

instax share sp-2 5

Cara Menghubungkan dengan Ponsel

Perlu diketahui kalau aplikasi ini akan menampilkan semua foto dalam satu folder. Hal ini berarti semua hasil foto jepretanmu tercampur aduk. Semua foto dan gambar ditampilkan dalam satu halaman dengan urutan berdasarkan waktu dan opsi sortir.

Sambungkan aplikasi dengan ponsel Anda menggunakan Wifi. Setelah berhasil masuk, setiap fungsi aplikasi memang cukup mudah dimengerti dan dijalankan. Sebelum mencetak foto, Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu. Bahkan foto pilihan Anda bisa diedit sesuai keinginan pada template yang ada.

 

instax share sp-2 6

Setelah itu tinggal cetak foto pilihan Anda. Kalau hasilnya tidak memuskan, Anda bisa reprint foto tersebut. Ada tombol reprint yang berdekatan dengan tombol power dan ada petunjuknya juga di aplikasi ponsel Anda.

Ada satu fakta, menggoyang-goyangkan kertas hasil foto tidak berpengaruh untuk mempercepat keluarnya gambar pada kertas foto. Jadi, lebih baik diamkan saja sejenak ya.

Kesimpulan: Instax Share SP-2, Cukup Murah dan Worth It untuk Dibeli?

Printer mungil pencetak foto polaroid ini layak dibeli kalau kamu pecinta polaroid tapi sayang bereksperimen dengan kamera instax Fujifilm. Pasalnya printer ini bisa menghasilkan foto yang bisa Anda pilih. Sehingga Anda bisa memilih foto terbaik dari sekian foto yang ada. Berbeda halnya ketika memotret langsung menggunakan kamera instax di mana Anda tak bisa melihat hasilnya sebelum jadi. Namun, jika budget Anda tidak memenuhi bisa mencari printer foto portable senada dengan merek berbeda ya.

Leave a Comment