Review Kamera Fujifilm X-T100, Mirrorless Harga Bersahabat

Fujifilm X-T100 adalah kamera mirrorless terbaru yang ditargetkan untuk pengguna kelas entri atau pemula. Bodi kamera mengusung konsep retro yang mirip dengan X-T20, namun untuk spesifikasinya lebih mirip dengan seri X-A5. Kamera ini banyak dibekali fitur yang akan memudahkan penggunanya untuk menghasilkan foto bagus. Dimensi kamera dibuat ringkas namun tetap stylish. Fujifilm juga membekali kamera ini dengan jendela bidik elektronik OLED serta layar LCD sentuh 3 inci yang bisa diputar ke segala arah.

Review Kamera Fujifilm X-T100

Fujifilm X-T100 juga dibekali dengan baterai yang tahan lama. Untuk sekali isi ulang, kamera ini diklaim sanggup bertahan hingga 400 kali memotret. Fitur konektivitas nirkabel juga tak lupa disematkan. Anda bisa memakai Bluetooth atau WiFi untuk transfer foto dari kamera ke smartphone. Nah buat Anda yang ingin mendalami dunia fotografi atau ingin belahar membuat Vlog, kamera ini pas cocok untuk Anda. Sebagai tambahan, Fujifilm X-T100 tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni: Black, Dark Silver, dan Champagne Gold.

Harga Fujifilm X-T100 Terbaru

Fujifilm X-T100 dijual dengan kisaran harga cukup terjangkau. Wajar saja karena kamera ini memang ditujukan khusus untuk pemula. Untuk model Body Only, kamera ini dijual dengan harga Rp 8.999.000. Sementara itu untuk model kamera dengan bundling kit lensa XC 15-45mm dijual dengan harga Rp 10.499.000.

Dilengkapi Viewfinder & Layar LCD Fleksibel

Fujifilm X-T100 sekilas mirip dengan X-A5, hanya saja kamera ini sudah dilengkapi dengan jendela viewfinder. Jadi dengan kata lain, X-T100 adalah X-A5 dengan Viewfinder atau jendela bidik. Jendela bidik tipe EVF dalam bodi retro memudahkan Anda memotret dalam kondisi pencahayaan outdoor yang terang. Selain itu, jendela bidik Electronic Viewfinder juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu memungkinkan Anda bisa melihat hasil akhir dari foto dengan baik, bahkan saat foto belum diambil.

Review Kamera Fujifilm X-T100

Selain bisa memotret lewat Viewfinder, Anda juga memotret lewat layar LCD seluas 3 inci. Layar LCD bisa Anda putar baik secara vertikal atau horizontal. Layar LCD bisa menampilkan gambar yang dipotret dan rekaman video. Ditambah lagi, layarnya bisa diputar menghadap depan agar memudahkan Anda mengambil foto selfie atau membuat video Vlog. Layar X-T100 dibekali sensor sentuhan untuk memudahkan navigasi. Fungsi Self Timer Mode bisa diaplikasikan di berbagai mode pemotretan.

Kualitas Gambar Kamera Mirrorless Fujifilm X-T100

Fujifilm X-T100 membuat semua bidikan terlihat spesial, seperti: rona kulit yang natural, warna yang indah, noise lebih rendah saat memotret di kondisi minim cahaya, dan resolusi sempurna di seluruh frame. Berbicara tentang kualitas gambar tidak bisa lepas dari dukungan sensor gambar ukuran APS-C dengan resolusi 24.2 MP. Ukuran sensor gambarnya 14 kali lebih besar dibanding sensor kamera Smartphone pada umumnya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan kualitas gambar terbaik bahkan di tengah pencahayaan minim, serta efek bokeh yang indah.

Review Kamera Fujifilm X-T100

Selain itu, mode Advanced SR Auto mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Mode ini memungkinkan kamera mengenali subjek, objek, dan lokasi di sekitarnya. Setelah itu kamera akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan kamera seperti tingkat kecerahan, White Balance, dan fokusnya. Dengan mode SR Auto yang lebih intuitif, Anda bisa mendapatkan foto bagus tanpa susah payah.

Review Kamera Fujifilm X-T100

Pilihan Fungsi Pemotretan Fujifilm X-T100

Mode Film Simulation dari Fujifilm sudah menjadi salah satu fitur yang paling diandalkan untuk menghasilkan film yang artistik. Di kamera ini, Anda bisa menjajal mode Velvia dan Classic Chrome pada Mode Film Simulation. Kemudian, untuk menambah kesan artisitik pada foto, Anda bisa mencoba filter Miniature atau Part Color yang sudah dibenamkan di kamera. Selain itu, X-T100 juga sudah dilengkapi 4K Burst Shooting yang bisa mengambil gambar berdefinisi tinggi secara beruntun. Gunakan mode ini untuk menangkap momen langka dari objek yang bergerak cepat.

Review Kamera Fujifilm X-T100

Fujifilm X-T100 juga dilengkapi mode Multi-Focus. Mode Multi-Focus menggabungkan beberapa gambar menjadi satu sehingga bisa menghasilkan foto tajam dan efek Depth of Field yang indah. Lampu Flash kamera terintegrasi dengan fitur Super Intelligent Flash. Fitur ini dapat mengatur berapa banyak kadar cahaya yang diperlukan agar foto Anda terlihat lebih natural.

Review Kamera Fujifilm X-T100

Spesifikasi Kamera Mirrorless Fujifilm X-T100

Sensor
Resolusi Kamera24.2 MP
Resolusi Maksimal6000 x 4000 piksel
Rasio Gambar1:1, 3:2, 16:9
Ukuran SensorAPS-C (23.5 x 15.7 mm)
Tipe SensorCMOS
Processor
Optik dan Fokus
AutofocusPhase Detection Auto Focus, Multi Area, Center, Face Detection, Tracking, Touch
Digital ZoomYes
Manual FocusYes
Fitur Image
ISO100 – 51200
White Balance7
Image StabilizationNo
Format GambarRAW
Resolusi Video3840 x 2160, 1920 x 1080, 1280 x 720
Format VideoMPEG-4, H.264
Screen/Viewfinder
Jenis LayarTFT LCD
Ukuran Layar3 inci
Resolusi layar1.040.000 dots
ViewfinderElectronic
Coverage100%
Magnification0.93x
Fitur Lainnya
Shutter Speed30 sec – 1/4000 sec
Aperture PriorityYes
Shutter PriorityYes
Manual ExposureYes
Continuous Shoot6.0 fps
Metering ModeMulti, Average, Spot
Exposure±5 (at 1/3 EV step)
Konektivitas
USBUSB 2.0
HDMIYes, Micro HDMI
MicrophoneYes
HeadphoneNo
Wi-FiYes
BluetoothYes, v4.1 LE
Remote ControlYes, via Smartphone or wired remote

Leave a Comment