Home » Info » Pengertian ROM dan Cara Kerjanya | Apa Bedanya dengan RAM ?

Pengertian ROM dan Cara Kerjanya | Apa Bedanya dengan RAM ?

Istilah ROM sering kalian temukan di artikel yang berkaitan dengan gadget, terutama hp atau smartphone. Apa itu ROM ? Apa pengertian ROM ? Apa fungsi ROM ? dan bagaimana cara kerja ROM ? Semuanya akan dibahas di artikel ini.

Pengertian ROM

Apa itu ROM ? ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM adalah julukan dari memori internal pada perangkat elektronik. ROM kebanyakan digunakan di perangkat komputer atau hp pintar atau smartphone. ROM adalah sebuah komponen di dalam komputer yang berupa chip memori di mana isinya hanya bisa dibaca saja. ROM berbeda dengan RAM, meskipun keduanya berfungsi sebagai media penyimpanan.

Pengertian ROM

Memori yang disimpan di dalam ROM sifatnya permanen. Artinya, jika perangkat komputer atau hp dimatikan, memori di dalam ROM tidak akan hilang. Hal ini berbeda dengan RAM karena memori di dalam RAM akan hilang ketika perangkat dimatikan atau chip RAM tidak dialiri listrik. Karena ROM punya kelebihan untuk simpan memori secara permanen, produsen komputer dan hp menggunakan ROM untuk menyimpan data sistem operasi atau firmware (perangkat lunak untuk mengatur kerja hardware).

Fungsi ROM

Seperti yang dijeaskan pada pengertian ROM di atas, ROM berfungsi untuk menyimpan data firmware, sistem operasi, atau aplikasi yang digunakan komputer atau hp. Fungsi ROM sangat besar. Berkat ROM, saat komputer atau hp dinyalakan, Anda tak perlu menginstal firmware atau software lagi. Data di dalam chip memori ROM digunakan untuk langsung mengaktifkan firmware dan software setelah perangkat dinyalakan.

Meskipun memori di dalam ROM sifatnya hanya bisa dibaca saja, namun juga bisa ditulis ulang. Selain dipakai untuk menyimpan data firmware dan software, ROM juga digunakan sebagai media penyimpanan internal. Oleh karena itu, Anda bisa menyimpan berbagai macam file seperti dokumen, foto, video, musik, dan lainnya di dalam chip ROM.

Cara Kerja ROM

Seperti yang dijelaskan di fungsi dan pengertian ROM, ROM adalah perangkat memori tempat untuk menyimpan firmware atau perangkat lunak seperti sistem operasi. Berkat ROM, ketika komputer atau hp dinyalakan bisa langsung mengeksekusi data firmware atau sistem operasi. Karena kelebihan ROM bisa menyimpan data tanpa listrik, Anda tak perlu berulang kali instal firmware ketika menyalakan komputer atau hp.

Pengertian ROM

Perbedaan ROM dan RAM

Apa perbedaan ROM dan RAM ? Perbedaan ROM dan RAM yang paling mencolok adalah dari fungsinya. ROM sebagaimana yang dimaksud di pengertian ROM di atas bertugas sebagai tempat media penyimpanan permanen pada komputer atau hp. Sedangkan RAM adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data perintah dari sistem atau software ketika beroperasi.

Pengertian ROM

Memori di dalam RAM sifatnya sementara. Artinya, jika perangkat dimatikan memori di dalam RAM akan hilang. Selain itu, isi memori RAM juga bisa berubah-ubah setiap waktu tergantung aplikasi apa yang sedang digunakan. Pada intinya, memori di dalam RAM akan digunakan ketika dibutuhkan saja supaya eksekusi software lebih cepat. Jika software ditutup, semua data software di RAM akan dihapus.

Ciri-Ciri ROM dan RAM

Dilihat dari fungsi dan ciri-cirinya, perbedaan ciri-ciri ROM dan RAM adalah sebagai berikut:

  • Arus Listrik. ROM tidak membutuhkan listrik untuk menyimpan data. Meski tanpa listrik sekalipun, ROM tetap dapat menyimpan data. Sementara itu, RAM membutuhkan listrik untuk menyimpan dan menulis data. Ketika perangkat mati, memori di dalam RAM akan hilang
  • Sifat Data yang Disimpan. Data di dalam ROM bersifat permanen. Sementara itu, data di dalam RAM bersifat sementara. Data yang disimpan di ROM adalah data firmware, sistem operasi, software, dan data lain seperti musik, foto, video, dan aplikasi. Data yang disimpan di dalam RAM adalah data bersifat acak yang datang dari software ketika digunakan
  • Kapasitas. Kapasitas ROM lebih besar dibanding RAM.

Contoh ROM dan RAM

Membedakan ROM dan RAM di komputer atau hp sangatlah mudah. Dilihat dari ciri-cirinya, kapasitas ROM selalu lebih besar dibanding RAM. Misalnya Anda beli hp di kolom spesifikasi tertulis 2GB/16GB. Ini artinya adalah hp tersebut punya RAM 2GB dan ROM 16GB. Kenapa kapasitas RAM lebih kecil dibanding ROM ? Ini karena fungsi RAM dan ROM berbeda. Data yang ‘disetor’ ke dalam RAM lebih sedikit dibanding ROM. Selain itu harga ROM lebih murah dibanding RAM. Harga RAM 16 GB jauh lebih mahal dibanding ROM 16 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *