Home » Info » 5 Kelebihan PS5 (PlayStation 5) yang Wajib Anda Ketahui

5 Kelebihan PS5 (PlayStation 5) yang Wajib Anda Ketahui

Sony akhirnya resmi memperkenalkan konsol game terbaru mereka yaitu PlayStation 5. Apa kelebihan PS5 ? Apa saja fitur yang ditingkatkan dibanding PS4 ? Sebelum membahas kelebihan PlayStation 5, sepertinya akan lebih menarik kalau membahas tampilan konsol game terbaru 2020 ini.

kelebihan ps5

Dari segi desain, PlayStation 5 hadir dalam tampilan warna putih. Tidak seperti beberapa konsol pendahulunya yang lebih didominasi hitam. Kombinasi warna putih dan hitam terlihat sangat mencolok. Konsol ini bisa diletakan dalam posisi vertikal atau horizontal. Tidak hanya desain konsol, kontroler game PS5 juga mengadopsi warna yang sama seperti konsolnya.

Nah buat kamu yang penasaran apa saja kelebihan PS5, yuk simak beberapa kelebihan yang sudah Gagastekno rangkum berikut ini.

1. PS5 Punya Waktu Loading Lebih Cepat

PlayStation 5 menggunakan storage tipe SSD (Solid State Drive). SSD adalah salah satu jenis storage yang punya kecepatan baca dan tulis lebih cepat dibanding HDD tradisional. SSD ultra cepat di PS5 akan mempersingkat waktu loading game.

Saat demonya, PlayStation 5 pernah dijajal untuk memainkan game Marvel Spiderman. Waktu loading di PS4 Pro membutuhkan waktu loading 8 detik. Sedangkan, PS5 waktu loadingnya hanya 0.8 detik saja. Saat digabungkan dengan CPU dan GPU terbaru di konsol ini, kinerja gaming jauh lebih melampui generasi sebelumnya.

2. PS5 Punya Kualitas Grafis Lebih Hidup

PlayStation 5 punya kelebihan dari segi grafisnya. Konsol game ini sudah mendukung Ray Tracing. Teknologi ini membuat efek pantulan cahaya dan bayangan objek terlihat lebih realistis. Teknologi ini lebih dulu digunakan di laptop atau PC yang menggunakan grafis NVIDIA seri RTX.

Selain mendukung Ray Tracing, PlayStation 5 juga bisa dihubungkan ke TV atau monitor dengan resolusi 4K. Output gambar hingga 120 fps dengan output 120Hz membuat tampilan gambar game lebih mulus. Dukungan refresh rate 120 Hz kompatibel saat memainkan game di resolusi 4K. Tidak hanya itu, PS5 juga mendukung teknologi HDR dan output resolusi maksimal 8K (4320p).

3. Teknologi Audio Terbaru: Tempest 3D Audio Engine

PlayStation 5 menggunakan teknologi audio terbaru Sony yang bernama Tempest 3D Audio Engine. Teknologi ini menggunakan hardware yang diciptakan khusus dengan algoritma software untuk membuat suara terdengar lebih realitstis. Teknologi ini kompatibel dengan semua jenis headphone stereo di pasaran. Tempest 3D Audio Engine juga bisa terhubung ke soundbar dan speaker TV.

keunggulan playstation 5

4. Kontroler DualSense Terbaru

PS5 menggunakan kontroler terbaru yang bernama DualSense. Kontroler wireless ini didesain untuk PS5 agar bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih interaktif. Kontroler PS5 ini menggunakan haptic feedback yang menggantikan sistem vibrasi tradisional. Feedback haptic membuat respon atau feedback lebih responsif dan sensitif sehingga dapat menyesuaikan berbagai kondisi game.

keunggulan ps5

Kontroler PlayStation 5 juga memiliki Dynamic Adaptive Triggers. Fungsinya adalah untuk memberikan feedback yang berbeda tergantung jenis permainan. Game racing dan FPS akan memiliki feedback yang berbeda. Setingan feedback ini bisa Anda sesuaikan dengan tingkat keseruan game.

5. PlayStation 5 Hadir dalam 2 Versi

PlayStation 5 hadir dalam 2 varian yaitu PlayStation 5 versi standar dan Digital Edition. Apa perbedaan PS5 standar vs PS5 Digital Edition ? Perbedaanya ada di slot drive cakram. PS5 Digital Edition tidak memiliki slot untuk cakram Blu-Ray fisik. Lalu bagaimana cara main game di PS5 Digital Edition ?

perbedaan ps5 dan ps5 digital edition

Pengguna Digital Edition bisa mengunduh game yang diinginkan melalui PS Store. Buat kamu yang gak suka beli Disc atau cakram Blu-Ray Game Playstation, lebih baik pilih PlayStation Digital Edition saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *