5 Cara Membersihkan RAM dan Meningkatkan Performanya

Cara membersihkan RAM atau Random Access Memory berikut ini akan menuntun Anda untuk bisa membebaskan komponen memori tersebut dari beban program berjalan yang terlalu berat agar aktivitas komputasi bisa kembali lancar. Langkah paling mudah untuk membersihkan RAM adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan, dan terkadang jika diperlukan Anda bisa me-restart komputer. Namun tak hanya itu saja cara membersihkan RAM, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat RAM di komputer Anda semakin lega.

Cara Membersihkan RAM: Menjalankan ReadyBoost

Cara Membersihkan RAM

Fitur ReadyBoost yang dihadirkan oleh Microsoft memanfaatkan penggunaan flash disk USB yang ternyata memiliki performa yang tak kalah dengan RAM. Diperkenalkan melalui Windows Vista, ReadyBoost membutuhkan sebuah flash disk dengan spesifikasi setidaknya kapasitas penyimpanan 256 megabyte, kecepatan akses 1 milidetik atau lebih cepat, kecepatan membaca 2,5 megabyte per detik, serta kecepatan menulis 1,75 megabyte per detik.

Mungkin jika dilihat secara sekilas, spesifikasi tersebut terlihat sangat menuntut. Akan tetapi flash disk keluaran terbaru seharusnya sudah bisa memenuhinya dengan mudah.

Kemudian untuk mengaktifkan ReadyBoost, hal pertama yang Anda lakukan adalah dengan klik-kanan pada flash disk Anda yang muncul di My Computer, lalu pilih opsi Properties, dan pilih tab yang bertuliskan ReadyBoost. Di situ Anda akan melihat beberapa tombol yang memungkinkan Anda untuk dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, dan juga slider yang bisa digunakan untuk menentukan berapa besar dari kapasitas flash disk yang ingin digunakan untuk fitur ini. Perlu diketahui bahwa Anda bisa menggunakan hingga 4 GB untuk format flash disk FAT32, dan 32 GB untuk format flash disk NTFS.

Mengaktifkan ReadyBoost memang tidak memberikan manfaat yang sama besar dengan ketika Anda memasang tambahan RAM. Akan tetapi hal tersebut bisa memberikan peningkatan performa yang lumayan. Di beberapa kasus, metode ini bisa memberikan manfaat berupa berkurangnya waktu yang dibutuhkan untuk memuat hingga 75%. Bagi Anda yang menggunakan kapasitas RAM yang kecil dan performa hard drive yang terbilang lambat, maka Anda bisa merasakan perbedaan performa ketika mengaktifkan fitur ini. Sebagai tambahan, Windows tidak akan memperbolehkan Anda menggunakan fitur ini apabila Anda sudah menggunakan sebuah Solid State Drive atau SSD karena fitur ini tidak akan memberikan perubahan yang berarti apabila demikian.

Cara Membersihkan RAM: Menggunakan Windows Task Manager

Cara Membersihkan RAM

Cara membersihkan RAM yang paling mudah adalah dengan menggunakan Windows Task Manger. Pada jendela aplikasi tersebut, pilih tab Processes dan urutkan daftar program yang sedang berjalan berdasarkan pada penggunaan memori. Di situ Anda dapat melihat semua proses yang memakan volume RAM yang besar.

Selain itu Anda juga bisa melihat lebih banyak informasi lagi dengan membuka tab Performance, membuka Resource Monitor, kemudian masuk ke tab Memory. Dari situ Anda bisa melihat informasi yang didapat dari Windows Task Manager dan grafik yang memperlihatkan bagaimana sistem Anda sedang mengalokasikan RAM.

Cara Membersihkan RAM: Menonaktifkan atau Menghapus Aplikasi tak Digunakan

Cara Membersihkan RAM

Setelah memantau Windows Task Manager dan Resource Monitor, Anda bisa mengetahui bahwa beberapa aplikasi yang mungkin selalu memberikan masalah pada aktivitas komputasi Anda. Bahkan beberapa aplikasi tersebut juga langsung berjalan di background ketika Anda menyalakan komputer. Aplikasi semacam itu bisa Anda atur untuk tidak diaktifkan atau dihapus dari komputer.

Untuk menonaktifkan aplikasi yang langsung berjalan ketika Anda menyalakan komputer, Anda bisa menggunakan msconfig yang bisa dibuka melalui kolom pencarian pada menu Start, kemudian ketikkan ‘msconfig’. Arahkan pada tab Startup kemudian Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang diperbolehkan untuk langsung berjalan ketika komputer dinyalakan.

Kemudian untuk menghapus aplikasi yang tidak dipakai, Anda bisa masuk ke Control Panel, kemudian pilih opsi Programs and Features. Dari situ Anda bisa memilih mana saja aplikasi yang sekiranya tidak digunakan. Klik-kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih Uninstall.

Cara Membersihkan RAM: Pasang RAM Cleaner

Apabila menurut Anda sangat merepotkan untuk memonitor program yang memberikan beban terlalu besar, atau mungkin juga Anda kurang bisa memanfaatkan fitur Windows Task Manager, maka Anda bisa mencoba untuk memasang aplikasi yang dapat membersihkan RAM Anda. Pada dasarnya program tersebut akan mencari aplikasi yang menggunakan memori dalam volume yang besar dan membatasi aksesnya sehingga Anda bisa membebaskan memori dari aplikasi tersebut dan bisa lebih lega untuk memuat aplikasi lain.

Tetapi perlu diketahui bahwa program ini agak kontroversial di antara semua penggunanya. Beberapa ada yang mengatakan bahwa mereka sukses menggunakan program ini, sedangkan sisanya tidak melihat adanya perbedaan yang menolong. Selain itu Anda juga perlu waspada terhadap program cleaner yang ingin dipasang di komputer karena beberapa virus juga terkadang menyamar sebagai program yang bisa membersihkan RAM.

Cara Membersihkan RAM: Pasang Lebih Banyak RAM

Cara Membersihkan RAM

Meskipun metode-metode yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan solusi untuk RAM di komputer Anda, akan tetapi ada saatnya semua metode tersebut sudah tidak bisa memberikan pertolongan lagi. RAM tetap saja terbatas pada kapasitasnya, dan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menambahkan kapasitas itu sendiri.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu RAM tipe apa yang digunakan pada komputer Anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi monitoring spesifikasi komputer yang disebut CPU-Z untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu Anda juga perlu mengetahui apakah masih tersedia slot yang bisa digunakan untuk memasang RAM tambahan.

Leave a Comment