Urutan Kabel Straight & Crossover Saat Memasang Kabel UTP

Saat memasang kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) untuk membuat jaringan lokal LAN (Local Area Network), kita pasti akan mempelajari urutan kabel Straight dan Crossover. Kabel UTP paling banyak digunakan untuk LAN karena relatif lebih murah, mudah dipasang, dan bisa diandalkan. Kabel UTP terdiri dari empat pasang kabel yang disusun secara terlilit tanpa pelindung tambahan (Unshielded). Fungsi kabel yang dililit adalah untuk mengurangi induksi atau kebocoran.

Perbedaan Urutan Kabel Straight dan Crossover

Kabel UTP merupakan media untuk membangun jaringan komputer. Kabel UTP sendiri merupakan media untuk transmisi dan sharing data. Untuk menyusun kabel UTP terdiri dari 2 macam yaitu: urutan kabel Straight dan urutan kabel Crossover. Masing-masing urutan kabel baik itu memiliki fungsi berbeda. Urutan kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 komponen dengan fungsi berbeda, misalnya: untuk menghubungkan komputer dengan switch, atau switch dengan router-router lainnya. Sedangkan urutan kabel crossover digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama, misalnya: komputer dengan komputer atau switch dengan switch.

Urutan kabel straight dan urutan kabel crossover

Bagaimana cara menyusun urutan kabel straight dan crossover yang benar? Berikut ini panduan lengkapnya.

Urutan Kabel Straight yang Benar

Urutan kabel jenis Straight memiliki urutan yang sama di setiap ujung kabel. Urutan kabel Straight adalah sebagai berikut:

  1. Putih Oranye
  2. Oranye
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Urutan Kabel Crossover yang Benar

Berbeda dengan Straight, urutan kabel Crossover berbeda antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel lainnya. Urutan kabel Crossover yang benar adalah sebagai berikut:

Ujung Kabel Crossover Ke-1

  1. Putih Oranye
  2. Oranye
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Urutan Kabel Crossover Ke-2

  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Oranye
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Oranye
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Jika bisa diilustrasikan berikut ini gambar urutan kabel Straight dan kabel Crossover. Untuk memudahkan pasang kabel UTP ke RJ45 pastikan urutan kabel sudah benar.

Urutan kabel straight dan urutan kabel crossover

Cara Pasang Kabel UTP ke RJ45 dengan Urutan Kabel Straight dan Cross

Sebelum mulai memasang kabel UTP ke RJ45 pada ujung kedua kabel data UTP, persiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan. Siapkan peralatan seperti kabel data UTP, konektor RJ45, Crimping Tool, alat pengupas kabel, dan kabel tester untuk mengecek apakah kabel sudah tersambung dengan baik dan benar pada konektor RJ45. Setelah semua perangkat sudah Anda siapkan, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelum mulai, Anda harus perhatikan dulu urutan kabel yang ingin dipasang, urutan kabel Straight dan Crossover berbeda, oleh karena itu ingat-ingat urutan kabel yang benar sesuai kebutuhan
  2. Kupas kabel UTP dengan alat pengupas kabel 2-3 cm
    Urutan kabel straight dan urutan kabel crossover
  3. Susun urutan warna kabel sesuai urutan kabel yang Anda inginkan. Jika Straight susun menurut urutan kabel Straight yang benar, begitupun sebaliknya jika memilih Crossover
  4. Setelah disusun rapi secara menjajar, potong kabel kurang lebih 1.5 cm dengan alat pemotong kabel
  5. Setelah kabel terpotong rapi dan sama panjang, masukan ujung kabel ke konektor RJ45 sesuai urutannya
  6. Pastikan seluruh ujung kabel masuk ke ujung konektor dan tertembus oleh pisau kecil yang ada di konektor
  7. Pastikan kabel tertancap dengan kuat ke dalam konektor
  8. Setelah kabel dan konektor terpasang sempurna, masukan konektor ke dalam Crimping Tool untuk dikunci
  9. Lakukan hal yang sama pada ujung kabel satunya lagi. Perlu diingat jika Anda ingin membuat kabel LAN Crossover kedua ujung kabel memiliki kombinasi warna berbeda
  10. Setelah kabel terpasang ke konektor segera cek dengan kabel tester. Pastikan kabel sudah terhubung dengan sempurna sebelum digunakan.

Jika saat dites dengan kabel tester, lampu indikator tidak menyala berarti ada yang salah saat pemasangan kabel LAN. Jika ada kesalahan pemasangan, mau tidak mau harus dimulai dari awal lagi. Potong kabel dan susun kembali lalu masukan ke dalam konektor RJ45. Untuk memasang kabel LAN dengan urutan kabel Straight atau Crossover dibutuhkan ketelitian tinggi. Karena kalau salah, Anda harus memulai semuanya dari awal.

Leave a Comment