5 Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula Harga Di Bawah 10 Juta

Pengin belajar fotografi bingung cari kamera DSLR terbaik untuk pemula ? Ya, kamera DSLR memang sangat cocok untuk Anda yang baru belajar fotografi. Kamera DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Selain kamera mirrorless, kamera DSLR adalah kamera yang cukup populer untuk pemula.

Kamera DSLR punya banyak kelebihan. Kelebihan utama kamera DSLR adalah lebih fleksibel karena bisa dipasangi berbagai jenis lensa, hasil jepretan kamera lebih bagus, autofokus lebih cepat, jeda rana lebih pendek, dan tombol kontrol lebih lengkap. Nah, berikut ini Gagastekno punya rekomendasi 5 kamera DSLR terbaik untuk pemula. Apa saja ? Simak review singkatnya berikut ini.

Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik unutk Pemula

Berikut ini 5 rekomendasi kamera DSLR terbaik untuk pemula dengan harga murah (di bawah 10 juta). 5 kamera DSLR terbaik ini punya fitur lengkap, mudah digunakan, dan masih tergolong baru sehingga masih bisa dicari di toko kamera terdekat atau toko online terkemuka di Indonesia.

1. Kamera DSLR Canon EOS 3000D

Canon EOS 3000D adalah kamera DSLR sederhana untuk pemula. Kamera DSLR terbaik untuk pemula ini dijual dengan harga Rp 5.620.000. Kamera ini dibekali sensor CMOS APS-C beresolusi 18 megapiksel dan processor image DIGIC 4+. Sensor CMOS APS-C berukuran 25 kali lebih besar dari sensor kamera pada hp pintar atau smartphone. Ukuran sensor lebih besar dapat menangkap lebih banyak cahaya dan detail saat memotret.

Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula Canon EOS 3000D

Detail gambar yang penuh dan cahaya lebih besar dapat diproses dengan cepat melalui processor image DIGIC 4+. Kamera DSLR terbaik ini dibekali 9 titik AF (Auto Fokus) dengan 1 titik AF tipe silang tengah. Selain itu, dukungan ISO standarnya mulai dari 100 – 6400. Kemampuan ISO dapat ditingkatkan hingga 12800. Untuk memudahkan transfer gambar, Canon EOS 3000D juga dibekali konektivitas nirkabel WiFi.

2. Kamera DSLR Canon EOS 1500D

Canon EOS 1500D adalah salah satu kamera DSLR terbaik untuk pemula. Kamera DSLR ini dijual dengan harga Rp 7.200.000. Kamera DSLR ini dilengkapi sensor CMOS APS-C beresolusi 24.1 megapiksel dan processor image DIGIC 4+. Fitur AF atau auto fokus yang cepat dan akurat juga dibekali bodi kamera yang mantap. Menariknya, kamera ini juga dibekali konektivitas WiFi dan NFC untuk memudahkan Anda mengirim foto dan video ke hp atau tablet dengan mudah.

Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula Canon EOS 1500D

Kamera DSLR terbaik untuk pemula yaitu Canon EOS 1500D juga dibekali 9 titik AF dan 1 titik AF tipe silang tengah. Titik AF membantu kamera untuk mengunci fokus lebih cepat. Dukungan ISO standarnya mulai dari 100 hingga 6400 sehingga cocok digunakan di berbagai kondisi. Kamera Canon EOS 1500D juga dibekali layar LCD seluas 3 inci untuk memudahkan melihat hasil foto dan video, serta memudahkan menyetel kamera.

3. Kamera DSLR Nikon D3500

Kamera DSLR terbaik selanjutnya adalah Nikon D3500 yang dijual dengan harga Rp 7.500.000. Kamera terbaik untuk pemula ini adalah salah satu jenis kamera DX-Format terbaik untuk pemula. Kamera ini didukung sensor CMOS beresolusi 24.2 megapiksel dan processor image EXPEED 4. Kamera untuk pemula ini bisa mengabadikan momen dengan tajam dan minim blur. Bahkan saat foto di-crop, hasil jepretan gambarnya tetap terlihat baik.

Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula Nikon D3500

Kamera Nikon D3500 dibekali layar LCD berukuran 3 inci. Melalui layar tersebut, Anda bisa melihat hasil foto dan video dengan mudah. Selain bisa memotret foto dalam resolusi tinggi, Nikon D3500 juga bisa merekam video hingga format Full HD 1080p pada 60 fps. Salah satu keunggulan kamera DSLR Nikon ini adalah punya bentuk bodi yang ergonomis. Bentuk bodinya disesuaikan agar memudahkan Anda menjangkau tombol pengaturan kamera saat membidik melalui viewfinder.

4. Kamera DSLR Nikon D5500

Nikon D5500 adalah kamera DX-Format paling ringan dan kecil di kelasnya. Salah satu kamera DSLR terbaik untuk pemula ini memiliki ukuran 124 x 97 x 70 mm dengan berat hanya 420 g. Kamera yang juga punya desain bodi ergonomis ini dibanderol harga Rp 8.700.000. Senjata utama kamera ini adalah sensor CMOS 24.2 megapiksel dan processor image EXPEED 4. Nikon D5500 adalah kamera tanpa optical low pass filter (OLPF) sehingga hasil jepretan gambarnya lebih tajam dibanding kamera dengan OLPF.

Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula Nikon D5500

Kelebihan lain yang ditawarkan kamera DSLR ini adalah layar sentuh Vari Angle seluas 3.2 inci. Layar Vari Angle bisa diputar ke berbagai arah, termasuk juga menghadap ke depan. Menariknya layar Nikon D5500 bisa Anda gunakan untuk mengatur autofokus dan aperture. Saat Anda memotret dengan viewfinder, sensor mata di dalam viewfinder akan mematikan layar Vari Angle secara otomatis dan mengubah fungsinya untuk mengatur AF dan aperture.

5. Kamera DSLR Canon EOS 200D Kit

Kamera DSLR terbaik untuk pemula yang terakhir adalah Canon EOS 200D. Kamera ini dijual dengan harga Rp 9.600.000. Salah satu keunggulan yang paling mencolok dari kamera ini adalah ukurannya yang ringan dan ringkas. Ukurannya yang ringkas, memudahkan Anda membawanya kemana saja. Canon EOS 200D ditenagai sensor CMOS APS-C beresolusi 24.2 megapiksel dan processor image DIGIC 7 terbaru. Rentang ISO yang tinggi hingga 25600 memudahkan Anda mendapat detail sempurna dan minim noise di berbagai kondisi.

Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula Canon EOS 200D

Untuk memanjakan pemula saat memotret, kamera DSLR terbaik ini punya layar Vari Angle berukuran 3 inci. Layarnya bisa Anda putar ke segala arah, termasuk menghadap depan untuk memudahkan selfie. Sebagai tambahan, Canon 200D juga dibekali konektivitas nirkabel yang lengkap. Kamera DSLR terbaik ini punya WiFi, NFC, dan Bluetooth jadi tak perlu repot untuk memindahkan foto dari kamera ke hp.

Kesimpulan

Manakah kamera DSLR terbaik untuk pemula dengan harga di bawah 10 juta ? Jika ingin mencari yang terbaik tentu saja, Gagastekno merekomendasikan Canon EOS 200D. Selain dibekali sensor kamera beresolusi tinggi dan fitur lengkap, kamera ini juga punya konektivitas nirkabel lengkap. Mulai dari WiFi, NFC hingga Bluetooth ada sehingga bisa Anda gunakan secara maksimal untuk transfer gambar ke hp. Namun ada harga ada rupa, fitur yang lengkap ini harus ditebus dengan harga cukup lumayan mahal, apalagi untuk kelas pemula.

Leave a Comment