Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya (Kenali Sebelum Membeli)

Banyak hal yang mempengaruhi kualitas dari foto yang Anda ambil menggunakan kamera, dan salah satu faktor tersebut adalah lensa yang digunakan. Ada banyak jenis lensa kamera dan fungsinya juga tak kalah beragam. Lensa kamera yang bagus dapat menghasilkan gambar yang tajam dengan detail dan kontras yang menawan. Sementara lensa yang kurang baik bisa memberikan hasil gambar yang tampak membosankan dan buram.

Ketika Anda ingin membeli sebuah lensa baru, maka Anda juga harus mempertimbangkan jenis objek gambar yang ingin ditangkap, kemungkinan latar pencahayaan, dan tentunya anggaran yang dimiliki. Tidak ada satu lensa yang bisa memberikan hasil gambar sempurna untuk semua kondisi dan situasi. Dengan begitu Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan agar bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Jenis Lensa Kamera Standar dan Fungsinya

Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Sebuah lensa standar pada umumnya memiliki ukuran focal length kisaran menengah sekitar 50 mm. Lensa tersebut juga memiliki sudut memandang yang kurang lebih sama dengan sudut memandang mata manusia. Dengan kata lain, lensa ini mampu menghasilkan gambar yang tampak “alami”.

Lensa kamera standar biasanya memiliki focal length yang tidak bisa diubah-ubah dan aperture lebar, sehingga cocok untuk menangkap gambar di kondisi cahaya yang minim. Lensa ini cukup populer untuk berbagai macam objek fotografi seperti pemandangan, potret, dan candid.

Jenis Lensa Kamera Makro dan Fungsinya

Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Lensa makro dirancang secara khusus untuk fotografi dengan jarak objek yang dekat. Lensa ini memiliki konstruksi internal yang berbeda dari lensa pada umumnya sehingga bisa menghasilkan ketajaman dan kontras yang sangat baik. Itu artinya lensa ini dapat memberikan hasil gambar yang sangat menarik.

Lensa makro memiliki fungsi yang dikhususkan untuk objek dengan jarak close-up. Objek yang biasa difoto menggunakan lensa ini antara lain adalah hewan kecil dan bunga. Akan tetapi lensa ini juga sangat populer untuk menangkap gambar dengan objek foto sehari-hari.

Jenis Lensa Kamera Telefoto dan Fungsinya

Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Lensa telefoto memiliki ukuran focal length yang panjang serta dapat memberikan tingkat pembesaran yang hebat. Hal tersebut membuat Anda dapat menangkap gambar objek pada jarak yang cukup jauh. Lensa ini cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan tipe lensa lainnya. Meskipun demikian, para pengembang lensa terus mengembangkan lensa telefoto yang semakin ringkas dan mudah digunakan.

Selain itu, lensa telefoto juga populer digunakan untuk jenis fotografi di mana Anda tidak bisa mendekat ke objek yang ingin difoto seperti memotret satwa liar dan pertamdingan olah raga.

Jenis Lensa Kamera Wide Angle dan Fungsinya

Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Lensa wide angle merupakan salah satu jenis lensa dengan focal length yang pendek. Lensa tersebut bisa memberikan sudut memandang yang lebih luas dibandingkan dengan lensa standar. Dengan begitu Anda dapat menangkap gambar dengan cakupan yang lebih luas dalam sekali memotret. Ada pun lensa wide angle yang lebih luas lagi dan dikenal sebagai lensa fisheye dengan kemampuan menangkap gambar seluas kira-kira 180 derajat yang membuatnya sangat menarik untuk beberapa situasi.

Lensa wide angle pada umumnya sangat berguna untuk menangkap gambar pemandangan, interior yang sempit, dan objek lain yang tidak cukup ditangkap menggunakan lensa normal. Selain itu, lensa fisheye juga cukup populer digunakan untuk fotografi yang melibatkan aksi seperti olag raga skateboard dan berselancar, di mana hasil fotonya akan memberikan sensasi yang lebih dinamis.

Jenis Lensa Kamera Spesialis dan Fungsinya

Jenis lensa yang terakhir ini kurang lebih adalah lensa kamera yang secara khusus digunakan untuk suatu kebutuhan tertentu. Yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain adalah lensa yang bisa bergeser dan miring untuk kontrol perspektif, lensa soft-focus untuk fotografi potret, dan lensa infrared untuk menangkap gambar di tempat gelap.

Lensa spesialis digunakan untuk menghasilkan suatu gambar dengan efek kreatif atau spesial sehingga kurang cocok digunakan untuk memotret objek sehari-hari. Meskipun demikian, lensa tersebut akan sangat berguna jika Anda menginginkan fotografi secara khusus dengan cara yang khusus pula.

Leave a Comment