Pengertian OLED TV, dan Perbedaannya Dengan LED dan LCD

Pengertian OLED TV – Teknologi televisi kian hari kian berkembang dan semakin canggih. Begitu juga teknologi yang disematkan pada televisi layar datar. Beberapa tahun lalu, TV atau monitor layar datar muncul dengan teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Monitor ini terdari dari bagian utama yakni backlight dan kristal cair. Sumber cahaya dari monitor jenis LCD adalah backlightnya. Backlightnya sendiri terdiri dari 1 hingga 4 buah. Sedangkan kristal cairnya memiliki fungsi untuk memberi warna.

Berbeda dari prinsip kerja LCD, prinsip kerja pada TV LED (Light Emitting Diode) adalah dengan menggunakan pencahyaan latar berupa deret lampu LED di belakang panelnya. Deret lampu tersebut memberi cahaya pada warna yang direproduksi oleh panelnya. Yang membuat LED lebih unggul dari LCD adalah kualitas gambar yang lebih baik dan lebih nyaman dilihat. Selain itu, konsumsi daya LED lebih rendah daripada LCD, sehingga penggunaan monitor dapat menghemat listrik.

Pengertian OLED TV, dan Perbedaannya Dengan LED dan LCD

Pengertian OLED TV

Bila dilihat teknologi TV LED dan OLED memiliki nama yang serupa, namun keduanya merupakan jenis teknologi yang berbeda. Teknologi TV jenis ini cenderung baru. TV-TV terkini apalagi dengan resolusi 4K umumnya menggunakan teknologi ini. OLED sendiri memiliki kepanjangan organic light emitting diode. Pada dasarnya, OLED dibuat dengan senyawa organik yang bisa menyala saat diberi aliran listrik. Walaupun jika dilihat, perbedaan antara keduanya tidak terlalu signifikan, OLED TV dibuat dengan sangat tipis, dan lebih fleksibel sehingga produk OLED TV dapat memiliki desain melengkung seperti TV atau monitor yang baru-baru saja keluar.

Berbeda dengan LED yang tidak bisa dimanfaatkan sebagai piksel untuk layar, OLED bisa. Di samping itum karena bisa dibuat dengan ukuran yang sangat kecil, panel OLED TV atau monitor dapat dibuat sebagai piksel yang jumlahnya jutaan.

Perbandingan Kualitas Layar OLED TV dengan LED Biasa

Sebagaimana OLED TV adalah teknologi terbaru, jelas saja banyak aspek yang jauh lebih unggul daripada layar monitor atau TV LED biasa terlebih kualitas gambarnya. Keunggulan lainnya adalah layar TV dengan teknologi OLED memiliki bobot yang lebih ringan, dan ukuran yang lebih ringkas dan tipis. Tak hanya itu saja, TV dengan panel OLED memberikan gambar yang mampu terlihat apik diberbagai sudut pandang. Satu lagi yang menjadikan panel OLED unggul daripada TV LED biasa yakni konsumsi dayanya yang lebih minim. Anda dapat menghemat listrik ketika menggunakan TV jenis ini.

Namun, dibalik segala kelebihannya, sudah barang tentu teknologi jenis ini memiliki kekurangan. Karena teknologi ini teknologi terbaru, sudah jelas harganya lebih mahal. Bagi Anda yang ingin menjual TV jenis ini, harga jualnya turun. Berbeda dengan TV LED. Walaupun harga belinya dapat dikatakan jauh lebih rendah, harga jualnya tidak sesignifikan ketika menjual OLED.

Pengertian OLED TV, dan Perbedaannya Dengan LED dan LCD

Demikian artikel Gagastekno kali ini tentang pengertian OLED TV, dan perbedaannya dengan LED dan LCD. Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment