7 Tips Memilih Kulkas Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Kulkas merupakan salah satu produk elektronik yang penting. Fungsi kulkas sangat vital yaitu untuk menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama. Saat ini ada banyak jenis kulkas yang beredar di pasaran. Merk, kapasitas, dan spesifikasinya pun beragam. Memilih kulkas bukan perkara mudah. Mengingat harganya mahal tentu Anda tidak ingin kulkas yang baru dibeli cepat rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

cara memilih kulkas

Gagastekno kali ini akan berbagi tips memilih kulkas yang benar supaya sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips di bawah ini bisa membantu Anda dalam menentukan jenis kulkas yang tepat.

Tips Memilih Kulkas Terbaik dan Berkualitas

1. Sesuaikan dengan Bujet

Tips memilih kulkas yang paling pertama dan mudah adalah mencari kulkas yang sesuai dengan bujet. Jika Anda memiliki bujet sekitar Rp 2 – 3 juta, carilah kulkas dengan kisaran harga segitu. Saat ini ada banyak jenis kulkas di pasaran yang bisa dipilih, seperti kulkas 1 pintu atau 2 pintu. Kulkas 1 pintu harganya relatif lebih murah daripada kulkas 2 pintu. Namun, kulkas 1 pintu lebih rentang ditumbuhi bunga es sehingga agak merepotkan dari segi perawatan.

2. Hitung Daya Listriknya

Sangat penting untuk mengetahui berapa besar listrik yang dikonsumsi kulkas yang ingin dibeli. Alasannya karena hal ini akan berpengaruh pada tagihan listrik yang harus Anda bayar setiap bulannya. Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu apakah kapasitas listrik di rumah memadai untuk kulkas tersebut. Biasanya semakin besar ukuran kulkas semakin besar daya listriknya. Jika Anda ingin berhemat, Anda bisa pilih kulkas 1 pintu karena daya listriknya paling kecil.

memilih kulkas

3. Perhatikan Ukuran Kulkas

Tips memilih kulkas selanjutnya adalah pilih kulkas yang muat untuk dapur Anda. Sebelum membeli, ukur terlebih dahulu ruang yang Anda sediakan untuk menaruh kulkas. Pertimbangkan juga tinggi kulkas apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Memilih kulkas yang sesuai dengan ukuran dapur membuat rumah Anda tidak terlihat penuh sesak.

4. Pilih Material yang Tahan Lama

Saat ini kebanyakan kulkas di pasaran menggunakan bahan campuran plastik, alumunium, fiber, hingga kaca. Tujuannya agar lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat. Hal ini berbeda dengan kulkas jaman dulu yang terbuat dari besi sehingga mudah rusak akibat korosi. Sebagai catatan, jenis material kulkas akan mempengaruhi harganya. Setidaknya pilihlah kulkas yang sudah dibekali rak kaca Tempered Glass karena lebih awet dan bisa menahan beban hingga 100 kg.

5. Ketahui Fitur Unggulan Kulkas

Tips memilih kulkas selanjutnya adalah ketahui apa saja fitur unggulan kulkas yang ingin dibeli. Yang paling penting adalah ketahui fitur pendingin pada kulkas. Carilah kulkas yang memiliki sistem pendingin Multi Air Flow agar suhu dingin bisa tersebar merata ke seluruh bagian kulkas. Untuk Anda yang peduli kesehatan, carilah kulkas yang memiliki filter penyaring bau tidak sedap dan pembunuh bakteri agar bahan makanan yang disimpan bebas dari kontaminasi.

6. Jangan Tergiur Harga Murah

Saat ini ada banyak merk kulkas baru yang menawarkan harga murah. Jangan mudah tergiur dengan harga murah karena semakin murah harganya semakin rendah kualitasnya. Kami sarankan untuk memilih merk kulkas yang sudah terpercaya. Meskipun harganya mahal, namun setidaknya produk tersebut bisa berfungsi normal dalam jangka panjang. Sebagai alternatif lain, Anda bisa langsung kunjungi toko penjual resmi untuk memastikan Anda mendapat kulkas baru yang asli dan berkualitas.

tips memilih kulkas

7. Cek Garansi

Garansi adalah hal yang penting untuk produk elektronik. Garansi akan membantu dan melindungi Anda jika suatu saat terjadi kerusakan pada kulkas. Kami sarankan untuk cek juga Service Center dari merk kulkas yang Anda beli. Lebih baik lagi, jika Service Center tersebut ada di kota tempat Anda tinggal. Selain itu, tanya ke penjual bagaimana mekanisme klaim garansi jika dalam waktu lindungan garansi terjadi kerusakan yang terjadi bukan atas kesalahan Anda.

Pilih Kulkas 1 Pintu atau 2 Pintu, Mana yang Lebih Baik ?

Kulkas 1 pintu dan 2 pintu adalah jenis kulkas standar yang ada di pasaran. Selain 2 jenis kulkas ini ada kulkas French Door dan Multi Door yang harganya jauh lebih mahal. Namun umumnya konsumen di Indonesia mencari kulkas 1 atau 2 pintu. Buat Anda yang masih bingung mau pilih jenis kulkas yang mana, berikut ini Gagastekno beri tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing kulkas.

1. Kulkas 1 Pintu

Kelebihan: Harga lebih murah, daya listrik lebih rendah

Kekurangan: Freezer mudah ditumbuhi bunga es, cukup merepotkan untuk dibersihkan.

2. Kulkas 2 Pintu

Kelebihan: Kapasitas lebih besar, Freezer dan Fridge terpisah, Freezer tidak mudah ditumbuhi bunga es

Kekurangan: Harga lebih mahal, daya listrik lebih besar.

Semoga informasi tips memilih kulkas yang benar bisa membantu Anda menentukan mana kulkas yang ingin dibeli. Setiap kulkas memiliki fitur unggulan masing-masing. Kunjungi website resmi merk kulkas yang ingin dibeli dan cari tahu apa saja fitur unggulannya. Atau, Anda juga bisa langsung datang ke toko untuk bertanya langsung.

Leave a Comment