Home » Info » 7 Jenis Kulkas yang Banyak Tersedia di Pasaran

7 Jenis Kulkas yang Banyak Tersedia di Pasaran

Kulkas atau lemari es adalah salah satu peralatan elektronik yang sangat penting di rumah. Kulkas berfungsi untuk menyimpan dan mengawetkan bahan makanan. Saat ini kulkas telah mengalami perkembangan yang pesat. Anda bisa temukan berbagai macam jenis kulkas di pasaran. Bentuk, kapasitas, ukuran, desain, dan warna kulkas juga beraneka ragam.

Setiap jenis kulkas memiliki fungsinya masing-masing. Anda bisa sesuaikan kebutuhan dengan jenis lemari es yang ingin dibeli. Supaya tidak salah membeli, berikut ini Gagastekno kenalkan 7 jenis kulkas yang banyak beredar di pasaran.

1. Kulkas 1 Pintu

Kulkas 1 pintu adalah jenis kulkas yang umum ada di pasaran. Harganya cukup terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Kulkas 1 pintu hanya memiliki satu kompartemen. Di dalam satu kompartemen terdapat freezer di bagian atas dan fridge di bagian bawah.

jenis kulkas

Kelebihan kulkas 1 pintu adalah harganya murah dan daya listriknya rendah. Sedangkan kekurangan kulkas 1 pintu adalah freezernya mudah ditumbuhi bunga es karena area freezer dan fridge ada di dalam satu kompartemen yang sama.

2. Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 pintu adalah jenis kulkas yang banyak ditemukan di pasaran. Berbeda dari kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu punya dua kompartemen terpisah. Kompartemen pertama berfungsi sebagai area freezer atau untuk membekukan makanan. Sedangkan kompartemen kedua berfungsi sebagai area fridge untuk mendinginkan bahan makanan. Dari segi ukuran dan kapasitas, kulkas 2 pintu lebih besar dari 1 pintu.

jenis kulkas di pasaran

Kelebihan kulkas 2 pintu adalah freezernya terpisah sehingga tidak mudah ditumbuhi bunga es. Adapun untuk kekurangannya adalah daya listriknya lebih besar dan harganya lebih mahal dibanding kulkas 1 pintu.

3. Kulkas Side by Side

Kulkas Side by Side memiliki dua pintu besar di sisi kanan dan kirinya. Kulkas ini terbagi menjadi 2 kompartemen besar. Kompartemen di sebelah kiri umumnya digunakan untuk area freezer. Sedangkan kompartemen di sebelah kanan digunakan untuk fridge. Ukuran dan kapasitas kulkas jenis ini lebih besar dibanding kulkas 2 pintu. Kulkas ini cocok untuk Anda yang punya kebutuhan penyimpanan yang besar. Kompartemen yang lebih luas membuat Anda bisa menaruh banyak bahan makanan beku, buah, sayuran, snack, dan lainnya.

jenis kulkas di indonesia

Kelebihan kulkas side by side adalah desainnya modern, kapasitasnya besar, dan memiliki banyak rak. Kekurangannya adalah harganya mahal dan membutuhkan space besar untuk menaruhnya di rumah.

4. Kulkas French Door (Multi Door)

Jika kamu ingin mencari kulkas yang punya kapasitas besar dan kompartemen banyak, kulkas french door adalah pilihan yang tepat. Kulkas ini memiliki tampilan mirip kulkas side by side. Bedanya, kulkas ini punya lebih dari dua pintu dan kompartemen. Kulkas French Door yang beredar di pasaran umumnya memiliki 3, 4, hingga 5 pintu. Dua pintu besar di atas digunakan untuk membuka area fridge. Sedangkan pintu-pintu di bawah biasanya digunakan untuk membuka area freezer.

jenis kulkas dijual di pasaran

Kelebihan kulkas French Door adalah kompartemen freezer-nya banyak dan terpisah. Jadi, Anda bisa memisahkan makanan beku supaya tidak tercampur. Misalnya memisahkan freezer untuk menaruh es krim dan makanan beku. Sedangkan untuk kekurangan kulkas French Door adalah harganya mahal dan daya listriknya besar.

5. Kulkas Showcase

Kulkas jenis Showcase biasanya digunakan di pusat perbelanjaan, warung, toko, hingga supermarket. Fungsi kulkas showcase adalah untuk mendinginkan (fridge). Biasanya Showcase digunakan untuk mendinginkan produk minuman. Kulkas ini tidak dilengkapi freezer dan memiliki pintu transparan sehingga memudahkan orang untuk melihat isinya dari luar.

jenis kulkas yang ada di indonesia

Kelebihan kulkas showcase adalah cocok untuk menjual produk minuman dingin. Kekurangannya adalah tidak memiliki freezer sehingga tidak bisa membekukan makanan atau minuman.

6. Kulkas Jenis Freezer

Jenis kulkas yang juga umum ditemukan di pasaran adalah freezer. Freezer terdiri dari dua jenis, yaitu Deep Freezer yang memiliki bentuk kulkas 1 pintu dan Chest Freezer yang bentuknya melebar. Sesuai dengan namanya, fungsi kulkas ini hanya untuk membekukan bahan makanan dan minuman. Suhu maksimal yang bisa dicapai oleh Freezer adalah -28 derajat Celcius. Freezer cocok digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang perlu dibekukan seperti daging, ikan, atau es krim.

jenis kulkas yang ada di pasaran

Kelebihan Freezer adalah cocok untuk membekukan makanan dalam jumlah besar. Kekurangannya kurang cocok digunakan untuk mendinginkan makanan. Makanan yang disimpan akan membeku dan butuh waktu lama untuk mencairkannya.

7. Kulkas Mini

Sesuai dengan namanya, jenis kulkas ini memiliki ukuran jauh lebih kecil dari kulkas pada umumnya. Anda biasa menemukan kulkas mini di hotel. Karena ukurannya kecil, kulkas ini hanya bisa menampung sedikit bahan makanan dan minuman. Fungsinya memang untuk mendinginkan makanan atau minuman yang ingin segera dikonsumsi. Kulkas mini juga memiliki area freezer kecil yang hanya cukup untuk menampung beberapa stik es krim.

jenis kulkas untuk usaha

Kelebihan kulkas mini adalah harganya murah dan daya listriknya rendah. Kekurangan kulkas mini adalah tidak cocok digunakan di rumah karena kapasitasnya sangat terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *