Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Ternyata cara menggunakan headset Bluetooth sangatlah mudah. Headset Bluetooth kini telah menjadi sebuah pilihan aksesoris yang semakin umum digunakan untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat modern dengan mobilitas tinggi. Karena dengan menggunakan headset Bluetooth, Anda dapat mendengarkan musik hingga melakukan panggilan telepon tanpa harus memegang smartphone di tangan, atau dengan kata lain kedua tangan Anda bisa lebih bebas melakukan hal lainnya. Selama smartphone yang Anda miliki mendukung konektivitas Bluetooth, maka selanjutnya proses untuk menghubungkan headset dengan smartphone sangatlah mudah untuk dilakukan.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth pada Smartphone Android

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Pertama-tama pada smartphone Anda buka aplikasi pengaturan, kemudian masuk ke bagian pengaturan Bluetooth. Pastikan bahwa Bluetooth pada smartphone Anda ada pada posisi aktif dan juga siap untuk dipasangkan atau Anda bisa menekan tombol “Scan for Devices”.

Beralih ke headset Bluetooth Anda, nyalakan headset tersebut dan masuk ke dalam mode pencarian. Beberapa headset akan langsung masuk ke mode pencarian begitu headset tersebut dinyalakan. Namun ada pula headset yang mengharuskan Anda untuk menekan tombol lebih lama atau juga menekan dua tombol secara bersamaan. Anda bisa melihat panduan manual tersebut dari merek headset yang Anda miliki.

Jika semua proses di atas sudah dilakukan dengan benar, maka nama dari headset Bluetooth yang Anda miliki akan muncul pada layar pencarian perangkat Bluetooth di smartphone Anda. Tekan nama perangkat Bluetooth Anda tersebut untuk memulai proses pemasangan. Beberapa perangkat Bluetooth akan meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN yang secara default adalah 0000. Akan tetapi untuk memastikan hal tersebut sebaiknya Anda memeriksa kembali panduan manual mengenai informasi tersebut.

Kini Anda sudah bisa menggunakan headset Bluetooth yang sudah terhubung dengan smartphone. Anda dapat mendengarkan musik dan juga melakukan panggilan telepon. Mudah bukan cara menggunakan headset Bluetooth pada Smartphone Android.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth pada iPhone

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Cara menggunakan headset Bluetooth pada iPhone tidak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya. hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan Bluetooth dengan masuk ke aplikasi pengaturan kemudian masuk ke General > Bluetooth dan geser slider Bluetooth untuk mengaktifkannya.

Kemudian nyalakan headset Bluetooth Anda dan aktifkan mode pemasangan. Beberapa headset akan secara otomatis masuk ke dalam mode tersebut pada 60 detik pertama, sementara headset lain mengharuskan Anda menekan tombol daya lebih lama ataupun menekan dua tombol secara bersamaan. Silahkan cari tahu informasi mengenai hal tersebut di panduan manual headset Anda.

Jika proses berjalan lancar, maka nama dari headset Bluetooth Anda akan muncul pada layar pencarian perangkat Bluetooth di iPhone. Tekan untuk melanjutkan proses pemasangan. Ketika proses pemasangan berhasil dilakukan, selanjutnya Anda kini bisa menggunakan headset tersebut.

Menggunakan headset dengan konektivitas Bluetooth akan memberikan kita banyak kemudahan. Tanpa harus memegang smartphone menggunakan tangan, Anda dapat dengan lebih bebas dan lebih aman dalam mengendarai mobil, berolahraga, memasak, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin menghubungkan headset ke perangkat selain smartphone di atas, maka prosesnya kurang lebih akan sama. Untuk lebih rinci dan spesifik mengenai cara menggunakan headset Bluetooth merek tertentu yang Anda miliki, maka produk tersebut biasanya akan menyertakan panduan manual yang bisa Anda ikuti instruksinya.

Leave a Comment