Sejarah Jaringan Komputer Lengkap & Perkembangannya di Dunia

Sejarah jaringan komputer di dunia dimulai pada tahun 1940-an di Amerika. Proyek ini digagas pertama kali oleh proyek pengembangan MODEL I di Laboratorium Bell dan grup riset dari Universitas Harvard. Proyek jaringan komputer ini dipimpin oleh Prof. H. Aiken. Jika sekarang jaringan komputer sudah bisa menghubungkan banyak user dan digunakan untuk berbagai keperluan, namun sebenarnya tujuan proyek jaringan komputer jauh lebih sederhana daripada itu. Tujuan awal proyek jaringan komputer sebenarnya adalah agar suatu perangkat sistem komputer bisa digunakan bersama-sama. Saat itu harga komputer sangatlah mahal, sehingga belum bisa dipakai oleh banyak orang.

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer Awal

Proyek jaringan komputer kemudian mulai dirasakan manfaatnya. Saat jaringan komputer berhasil dibuat setiap orang dapat bekerja lebih maksimal dan dapat mengerjakan banyak proses tanpa perlu membuang banyak waktu. Tugas yang tadinya hanya bisa dikerjakan sendiri-sendiri kini bisa dikerjakan bersama agar lebih efisien. Hasil dari proyek jaringan komputer kemudian menghasilkan program bernama Batch Processing (proses beruntun). Program ini memungkinkan banyak pengguna dapat memanfaatkan beberapa komputer untuk mengerjakan banyak program dan pekerjaan dalam waktu bersamaan.

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer & Perkembangannya

Tahun 1950-an: Sistem TSS

Pada tahun 1950-an, sejarah jaringan komputer mulai memasuki era pengembangan. 10 tahun setelah proyek jaringan komputer dimulai, sistem jaringan komputer jadi semakin lebih baik. Perkembangan jaringan komputer ditandai dengan berkembangnya super komputer. Di jaman ini sebuah super komputer dituntut untuk melayani dan menjalankan program dari beberapa terminal. Hal inilah yang melatarbelakangi diciptakannya sebuah sistem yang dikenal dengan TSS atau Time Sharing System.

TSS adalah sebuah konsep distribusi proses berdasarkan waktu. Sistem TSS inilah yang akan melatarbelakangi hadirnya network atau jaringan yang kita kenal saat ini. Sistem ini memungkinkan salah satu komputer bertindak sebagai server atau host yang bisa diakses melalui terminal, workstation, atau client yang tersedia dalam waktu bersamaan. Setelah proses TSS ini mulai berkembang, tepatnya pada 1970-an sistem jaringan komputer yang baru mulai dikembangkan.

Tahun 1970-an: Lahirnya Internet

Pengembangan sistem jaringan komputer yang baru mulai dilakukan dengan melahirkan proses distribusi atau disebut Distribution Processing. Latar belakang dari proses ini adalah karena beban pekerjaan yang ditanggung sebuah komputer semakin banyak, sementara itu di sisi lain komponen dan harga komputer sangat mahal. Oleh karena itu, suatu data yang ada di dalam host atau server dibagi-bagi secara paralel dengan Host lainnya. Dengan proses ini, sebuah Host atau Server dapat mengolah data dan melayani banyak terminal dengan lebih optimal.

Pada 1972, Roy Tomlison berhasil mengembangkan sistem surat elektonik atau email. Setelah email mulai banyak diminati dan berkembang pesat, ia kemudian membangun jaringan bernama ARPANET. Email adalah cara paling cerdas untuk bertukar informasi dengan cepat melalui jaringan komputer yang berada di bawah ARPANET. Semua komputer yang terhubung harus mendaftarkan diri ke ARPANET supaya dapat berkirim surat elektronik.

Sejarah Jaringan Komputer

Setelah email mulai merebak luas, dua ahli komputer yaitu Vinton Cerf dan Bob Kahn membuat gagasan untuk menciptakan jaringan komputer yang sangat luas dan dapat digunakan di seluruh dunia. Gagasan tersebutlah yang kemudian melahirkan terciptanya Internet yang merupakan singkatan dari International Network. Sampai sekarang, internet telah berkembang dan menghubungkan setiap orang di berbagai belahan dunia.

Tahun 1980-an: Standarisasi Jaringan Internet

Jaringan komputer yang semakin berkembang dan semakin banyak peminatnya merupakan cikal bakal lahirnya suatu protokol resmi internet yang bernama TCP (Transmission Control Protocol) atau juga dikenal dengan istilah IP (Internet Protocol). Protokol tersebut memungkinkan beberapa komputer bisa saling terhubung ke dalam suatu jaringan internasional yang menghubungkan banyak user di seluruh dunia.

Pada tahun 1984 kemudian diperkenalkan sistem domain. Sistem ini dapat menyeragamkan alamat-alamat yang berada di jaringan yang sama. Domain kemudian disebut sebagai DNS atau Domain Name System. Di dalam satu DNS terdapat beberapa alamat berbeda yang bisa dikunjungi oleh banyak orang jika terhubung ke jaringan internet. Setelah itu pada tahun 1988, Jakko Oikaren mengembangkan sistem chatting berbasis jaringan komputer yang dapat digunakan secara luas menggunakan internet. Sistem bernama IRC (Internet Relay Chat) tersebut memungkinkan setiap user dapat melakukan chatting dengan user lain melalui jaringan internet.

Tahun 1990-an: Lahirnya WWW (Word Wide Web)

Pada tahun 1990-an, Tim Barnes Lee mengembangkan dan merancang program penyunting yang dapat melihat isi dari internet yang kini dikenal dengan nama www (world wide web). Pengembangan www membuat antar komputer dapat melakukan penjelajahan dan memberikan akses bagi sesama komputer untuk membentuk suatu jaringan. Di tahun 1992 pengguna jaringan komputer dapat terhubung dengan lebih dari 1 juta komputer. Saat www berkembang, user sudah bisa berbelanja online melalui situs e-commerce. Selain itu, Yahoo mulai berdiri sebagai situs pencarian ternama dunia. Selain situs pencarian juga mulai muncul penggunaan netscape navigator yang dikenal sebagai browser. Browser adalah alat yang digunakan untuk mengakses beberapa situs atau alamat www yang telah terdaftar di jaringan internet.

Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer

Setelah www berkembang pesat, browser dan mesin pencari mulai banyak digunakan, dunia jaringan komputer mulai terus berkembang hingga saat ini. Jaringan komputer adalah rangkaian komputer yang saling terhubung dan juga saling terkoneksi satu sama lain. Jaringan komputer memudahkan setiap orang untuk mengakses data yang ada di komputer lain dengan cepat. Hingga saat ini, jenis jaringan komputer yang masih digunakan ada 3 jenis, yaitu:

  1. Local Area Network (LAN). LAN digunakan untuk koneksi jarak dekat, maksimal hingga 1 km. LAN menggunakan kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Karena menggunakan kabel penggunaan LAN hanya terbatas pada sebuah gedung, rumah, atau kecil saja. Keuntungan LAN adalah bisa membantu mencegah kebocoran data karena server tidak akan bisa diakses apabila komputer tidak terhubung ke jaringan tersebut
  2. Metropolitan Area Network (MAN). MAN adalah suatu jaringan yang menghubungkan setiap client dalam jangkauan 1 area atau daerah saja. Biasanya MAN digunakan oleh perusahaan yang lokasi gedungnya terpisah namun masih dalam satu kota.
  3. Wide Area Network (WAN). Merupakan jenis jaringan paling luas yang memungkinkan sebuah komputer bisa terhubung dengan internet atau komputer lain dari manapun. WAN tidak bisa dipisahkan oleh negara dan benua. Setiap orang yang terhubung ke WAN bisa mengakses informasi dari belahan dunia manapun.

Itulah sejarah jaringan komputer lengkap mulai dari awal terbentuknya dan hingga sekarang. Berkat jaringan komputer, setiap orang kini bisa mengakses informasi apapun darimanapun. Mencari informasi apapun dari belahan dunia manapun juga lebih cepat karena jaringan komputer memungkinkan setiap orang terhubung tanpa batasan jarak, negara, dan benua.

Leave a Comment