5 Stabilizer Kamera Terbaik & Terbaru 2019 (Harga Murah!!)

Stabilizer kamera atau biasa disebut gimbal juga merupakan salah satu peralatan yang wajib dibeli jika Anda ingin berkarir di dunia konten kreatif. Gimbal merupakan penyeimbang dan peredam goyangan ketika kamera bergerak saat mengambil video. Penggunaan stabilizer ini sangat populer bagi kalangan videografer, di mana Anda bisa mendapatkan hasil video mulus tanpa risiko blur.

Jenis stabilizer kamera sangat bervariasi dan tergantung pada bentuk dan fungsi yang Anda inginkan. Bahkan saat ini sudah ada untuk smartphone Anda. Namun, untuk kali ini Gagastekno akan merekomendasikan Anda gimbal DSLR, mirrorless maupun untuk action cam terbaik tahun 2019. Ada berbagai pertimbangan yang bisa Anda jadikan untuk memilih stabilizer kamera terbaik. Berikut daftarnya!

stabilizer kamera terbaru

Rekomendasi Stabilizer Kamera Terbaik & Terbaru

Di pasaran saat ini banyak tersedia stabilizer kamera andalan. Mulai dari stabilizer untuk merekam vlog, merekam video hingga khusus untuk mengambil foto. Tipe stabilizer kamera juga bermacam-macam ada yang mekanik dan ada yang manual. Selain itu, ada pula yang memiliki model baik handling maupun body-mount. Namun, yang pasti stabilizer di bawah ini punya harga super murah yakni di bawah 5 jutaan. Kira-kira mana yang cocok untuk Anda?

1. Stabilizer Kamera Moza AirCross (Rp 4.800.000)

stabilizer kamera Moza AirCross Gimbal

Moza AirCross Gimbal adalah stabilizer kamera untuk mirrorless ataupun kamera digital yang compact, ultra-ringan dan portabel. Dengan kapasitas maksimal 1.8 kg yang didesain dengan performa stabilisasi luar biasa yang menghindarkan hasil video Anda dari guncangan dan blur.

Hadir dengan sistem quick release universal. Adanya baseplate untuk pemasangan kamera kompatibel dengan plat quick release mulai dari 50.5-55 mm sehingga mudah untuk melepaskan kamera dari stabilizer, tripod, rig tanpa melepaskan plat quick release. Selain itu ada fitur Mimic Motion Control yang memberikan operator kontrol yang paling responsif. Selain itu ada banyak fitur lain yang ada dalam stabilizer yang satu ini.

2. iFootage Wildcat II (Rp 4.500.000)

stabilizer kamera iFootage Wildcat II

Memiliki tampilan dan desain yang cukup unik dengan struktur tiga kaki menjadikan stabilizer kamera ini bisa digunakan sebagai tripod selain fungsi utamanya sebagai stabilizer. Terbuat dari carbon fiber dan stainless steel, iFootage Wildcat II memiliki bobot yang sangat ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Sangat cocok dan pas untuk semua jenis kamera, memiliki handle yang lembut sehingga nyaman digunakan. Anda tidak perlu khawatir karena produk yang ultra-portable ini dapat dipanjangkan hingga 25 cm agar memungkinkan untuk menangkap gambar bergerak dari sudut yang lebih tinggi.

3. Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer (Rp 3.337.000)

stabilizer kamera Neewer Carbon Fiber 24-60 Handheld Stabilizer

Selanjutnya adalah stabilizer dari Neewer dengan berbahan serat karbon yang tahan lama dan memiliki konstruksi kuat untuk pemakaian dalam jangka panjang. Produk ini dilengkapi dengan lempengan beban yang dapat disesuaikan untuk menstabilkan stabilizer mengikuti kondisi pengambilan video. Tingginya pun dapat diatur sesuai kebutuhan, mulai dari 39-60 cm yang memungkinkan mengambil gambar dari sudut tinggi maupun rendah. Selain itu, pegangan karet antislip pada bagian pegangan stabilizer ini juga menjadikannya nyaman digenggam dan mudah digerakkan.

4. Neewer Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig (Rp 3.122.000)

stabilizer kamera Neewer Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig

Memiliki desain yang cukup kaku dan terkesan besar, stabilizer kamera dari Neewer ini punya bobot yang ringan lho, sehingga Anda tetap bisa bergerak dengan leluasa dan akurat. Sementara itu, untuk pegangan dan shoulder pad-nya juga nyaman. Saat Anda mengambil gambar/video hasilnya akan lebih bagus disamping tangan Anda juga tidak mudah pegal. Stabilizer ini merupakan tipe mekanik yang akan memberikan kontrol penuh dengan fleksibilitas pemakaian yang maksimal baik di dalam maupun luar ruangan. Materialnya dari alumunium alloy sebagai bahan dasar yang menjadikan stabilizer ini kuat untuk menahan beban jenis kamera DSLR dan video camcorder.

5. Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08 (Rp 300.000)

stabilizer kamera Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08

Bisa dibilang, stabilizer kamera ini jadi gimbal paling murah sejagat raya. Namun, jangan dibayangkan kalau stabilizer ini bakal mampu menampung kamera DSLR ya. Stabilizer dari Sevenoak ini hanya mampu menampung beban hingga 0.5 kg alias 500 gram saja. Sehingga cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kamera aksi (action camera) maupun smartphone. Dijamin rekaman Anda akan terlihat semakin profesional!

Pegangannnya juga dibuat empuk dan nyaman sehingga ketika menggunakan Anda tidak mudah pegal. Harganya yang di bawah 1 juta juga jadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang bermasalah dengan budget yang terbatas.

Kesimpulan: Perlu Beli Stabilizer Kamera?

stabilizer kamera terbaik

Adanya gimbal ini tentu mendukung Anda dalam memproduksi konten dan video yang berkualitas. Oleh karenanya, jika Anda memang bergerak pada bidang kreatif, sebaiknya gimbal ini Anda beli. Berbeda halnya jika Anda ingin mulai bergerak ke bidang ini, Anda bisa mencoba membeli gimbal yang sesuai budget terlebih dahulu. Barulah Anda seiring waktu berjalan bisa meng-upgrade-nya suatu saat.

Leave a Comment