Cara Menggunakan Mesin Cuci yang Benar Sesuai Jenisnya

Bagaimana cara menggunakan mesin cuci yang benar ? Dengan mengetahui cara mencuci dengan mesin cuci, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu, menghemat deterjen, dan mencegah pakaian rusak. Kali ini Gagastekno akan membahas bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci dengan benar.

Sebelumnya, Gagastekno pernah membahas apa saja mesin cuci terbaik di tahun 2020. Setelah membeli mesin cuci, pasti Anda sering merasa kebingungan bagaimana cara menggunakannya. Sebenarnya cara pengoperasian mesin cuci bisa dilihat di buku manual. Namun, secara garis cara menggunakan mesin cuci apapun jenisnya sama saja. Langkah-langkah yang umum dilakukan pada dasarnya sama.

Jenis Mesin Cuci yang Biasa Digunakan

Ada 3 jenis mesin cuci yang biasa digunakan di rumah, yaitu: 1 Tabung Front Loading, 1 Tabung Top Loading, dan 2 Tabung. Apa bedanya ? Jenis mesin cuci apa yang lebih baik ?

Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Mesin cuci 1 tabung Front Loading adalah mesin cuci yang memiliki 1 tabung pencucian. Posisi tabung diletakan secara horizontal (menghadap depan). Mesin cuci ini dapat mencuci pakaian secara otomatis. Mesin ini bisa mengisi air, mencuci, membilas, dan memeras pakaian secara otomatis. Jenis mesin cuci Front Loading 1 tabung bisa mencuci lebih efektif.

cara menggunakan mesin cuci

Risiko kerusakan pakaian bisa diminimalisir karena arah putarannya adalah vertikal. Selain itu, mesin cuci Front Loading bisa mengeringkan pakaian dengan tingkat kekeringan mencapai 90%.

Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin cuci 1 tabung Top Loading sama seperti Front Loading. Jumlah tabungnya sama-sama 1 unit. Bedanya, arah tabungnya berbeda. Posisi tabung Top Loading ada di atas. Mesin cuci jenis ini adalah tipe pengembangan dari mesin cuci 2 tabung. Tabung multifungsinya bisa untuk mencuci dan mengeringkan pakaian sekaligus. Dengan mesin cuci jenis ini, Anda tidak perlu memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lain.

cara mencuci dengan mesin cuci

Kelebihan mesin cuci Top Loading adalah punya konsumsi listrik lebih rendah dibanding mesin cuci Front Loading. Ukuran mesin cuci 1 tabung ringkas karena jumlah tabungnya lebih sedikit. Mesin cuci ini bisa bekerja secara otomatis, seperti: mengisi air, mencuci, membilas, dan mengeringkan pakaian.

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung adalah jenis mesin cuci konvensional yang banyak digunakan di rumah. Harganya lebih murah dibanding mesin cuci 1 tabung. Tabung pertama digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian. Tabung kedua digunakan untuk mengeringkan pakaian.

cara mencuci menggunakan mesin cuci

Untuk mengisi air dan memindahkan pakaian dari tabung 1 ke tabung 2 dilakukan secara manual. Mesin cuci jenis ini biasanya punya lubang khusus untuk disambungkan ke selang air. Kelebihan mesin cuci 2 tabung adalah konsumsi listriknya lebih rendah dibanding mesin cuci 1 tabung tipe Top Loading dan Front Loading.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Setelah mengetahui jenis mesin cuci, mari ketahui bagaimana cara menggunakan mesin cuci sesuai jenisnya. Cara mencuci dengan mesin cuci berbeda-beda sesuai jenisnya. Apa bedanya ? Bagaimana cara mencuci dengan benar ?

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menggunakan mesin cuci 1 tabung jenis Front Loading:

  1. Hubungkan mesin cuci dengan stop kontak listrik
  2. Pisahkan pakaian warna putih dengan pakaian warna (yang mudah luntur)
  3. Sesuaikan banyaknya pakaian yang dicuci dengan kapasitas mesin cuci
  4. Sambungkan mesin cuci dengan selang air
  5. Masukan deterjen dan softener khusus mesin cuci
  6. Tutup pintu penutup mesin cuci
  7. Pilih durasi pencucian
  8. Pilih mode pencucian sesuai jenis pakaian yang dicuci
  9. Tekan tombol Start
  10. Biarkan mesin cuci bekerja secara otomatis
  11. Arahkan selang pembuangan air ke saluran air di rumah
  12. Setelah pencucian dan pengeringan selesai, keluarkan pakaian dari mesin cuci.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menggunakan mesin cuci 1 tabung jenis Top Loading:

  1. Hubungkan mesin cuci dengan listrik
  2. Pisahkan pakaian warna putih dengan pakaian warna (yang mudah luntur)
  3. Sesuaikan jumlah pakaian yang dicuci dengan kapasitas mesin cuci
  4. Sambungkan mesin cuci dengan selang air
  5. Masukan deterjen dan softener khusus mesin cuci
  6. Tutup pintu penutup mesin cuci
  7. Pilih mode dan durasi pencucian
  8. Tekan tombol Start
  9. Arahkan selang pembuangan air ke saluran air di rumah
  10. Setelah proses pencucian dan pengeringan selesai, keluarkan pakaian dari mesin cuci.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menggunakan mesin cuci 2 tabung:

  1. Hubungkan mesin cuci dengan listrik
  2. Pisahkan pakaian warna putih dengan pakaian warna (yang mudah luntur)
  3. Sesuaikan jumlah pakaian yang dicuci dengan kapasitas mesin cuci
  4. Sambungkan mesin cuci dengan selang air
  5. Isi tabung pencucian dengan air
  6. Masukan deterjen dan pelembut khusus mesin cuci
  7. Putar tombol durasi pencucian
  8. Setelah mencuci selesai putar tombol untuk mengeluarkan air dari tabung
  9. Jangan lupa, arahkan selang pembuangan air ke saluran air di rumah
  10. Isi kembali tabung dengan air untuk membilas pakaian
  11. Ulangi terus sampai sisa busa habis
  12. Ulangi proses pencucian dan tambahkan pewangi pakaian
  13. Pindahkan pakaian yang sudah diberi pewangi ke tabung pengeringan
  14. Jalankan fungsi pengeringan
  15. Keluarkan pakaian yang sudah kering untuk dijemur.

Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung memang lebih ribet dibanding mesin cuci 1 tabung. Proses mencuci dengan mesin cuci 2 tabung dilakukan secara manual. Namun, karena harga mesin cuci 2 tabung lebih murah dan listriknya lebih hemat, mesin cuci jenis ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Cara Mencuci yang Benar Supaya Pakaian Tidak Rusak

Apapun jenis mesin cuci yang Anda gunakan, cara menggunakan mesin cuci pada dasarnya adalah sama. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya pakaian yang dicuci tidak rusak. Kerusakan pakaian yang biasa terjadi saat mencuci dengan mesin cuci adalah pakaian robek, kancing lepas, kerah kendor, sablon pakaian rusak, dan warna pakaian luntur.

Untuk mencegah pakaian rusak, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Pisahkan Pakaian Putih dan Warna

Hal ini untuk mencegah pakaian warna yang luntur akan mengotori pakaian berwarna putih. Selain itu, warna air yang habis dipakai mencuci pakaian warna terlihat lebih keruh. Jika air yang kotor tersebut dipakai untuk mencuci pakaian putih, warna putihnya lama-kelamaan akan kuning dan tidak cerah lagi.

2. Pisahkan Pakaian Kasar dan Lembut

Pisahkan pakaian yang memiliki bahan kasar dan berat seperti jeans dan jaket dengan bahan lembut seperti jilbab dan baju anak. Hal ini diperlukan untuk mencegah pakaian berbahan lembut rusak akibat terkucek bersama pakaian yang bahannya kasar.

cara menggunakan mesin cuci yang benar

3. Gunakan Saringan Air

Gunakan penyaring tambahan untuk menyaring kotoran dari selang air. Air dari toren atau pompa air biasanya mengandung sedikit kandungan tanah dan pasir yang jika kena pakaian warnanya akan cepat kusam. Air yang kotor juga akan membuat pakaian putih menguning. Kebanyakan mesin cuci terbaru sudah dibekali penyaring tambahan. Namun jika tidak ada, Anda bisa kain dan ikatkan di selang tempat air keluar.

4. Gunakan Deterjen Khusus Mesin Cuci

Deterjen atau sabun cuci khusus mesin cuci didesain khusus untuk digunakan di mesin cuci. Cara menggunakan mesin cuci yang benar adalah mencuci dengan deterjen khusus mesin cuci. Deterjen jenis ini aman digunakan di mesin cuci, tidak mudah mengendap di sela-sela mesin dan tidak merusak pakaian.

Leave a Comment