Review Router Asus AiMesh Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Walaupun Router WiFi Anda kuat dan bisa menjangkau ruangan yang luas, namun beberapa faktor membuat jangkauan sinyal WiFi berkurang. Beberapa hal yang bisa mempengaruhi kekuatan jangkauan sinyal WiFi dari Router adalah tata letak ruangan, bahan bangunan yang digunakan, dan perabotan rumah yang dimiliki. Seperti misalnya, jika Anda tinggal di rumah dengan dinding terbuat dari beton dan memiliki banyak sekat ruangan, besar kemungkinan sinyal WiFi tidak bisa menembus ke semua ruangan. Oleh karena itu saatnya Anda coba ganti semua Router di rumah atau kantor dengan Router Asus AiMesh.

Apa itu Router Asus AiMesh ?

Asus AiMesh adalah fitur terbaru yang tersedia di setiap seri router terbaru. Fitur ini memungkinkan Anda bisa menghubungkan beberapa router Asus untuk menciptakan jaringan WiFi yang menyeluruh di rumah. Dengan kata lain, Fitur AiMesh memungkinkan setiap router Asus bisa saling terhubung satu sama lain untuk memperluas jangkauan sinyal, sekaligus menjangkau ruangan yang sulit ditembus sinyal WiFi.

Router Asus AiMesh

Anda dapat menggunakan router Asus lama yang mendukung AiMesh untuk digunakan sebagai penyambung antara satu router dengan router lain. Jadi, dengan begini Anda tidak perlu lagi membuang router lama karena bisa digunakan untuk memperluas jaringan WiFi yang ada. Selain itu, Anda juga bisa membuat sistem router yang tersentralisasi sehingga pengguna bisa terhubung ke banyak router tanpa perlu ganti jaringan.

Perbedaan Router Asus AiMesh VS Router Biasa (Mesh)

Jika Anda ingin membeli router untuk ditempatkan di bangunan yang luas biasanya akan membutuhkan lebih dari satu router. Oleh karena itu, biasanya Anda pasti diminta untuk membeli paket router yang terdiri dari beberapa router. Cara ini tentunya sangat merepotkan, karena jika salah satu router rusak maka tidak bisa digantikan dengan router biasa. Solusi jika ada router paket yang rusak adalah membeli paket router yang baru, tentu sangat boros bukan?

Router Asus AiMesh

Untuk mengatasi masalah tersebut, Asus kemudian meluncurkan produk router dengan dukungan fitur AiMesh. Fitur ini memungkinkan Anda bisa menggunakan router Asus lama untuk membuat suatu jaringan WiFi tunggal dengan mudah. Anda bisa mencampur berbagai macam model router ke dalam satu jaringan WiFi sehingga akan lebih hemat waktu dan uang. Ditambah lagi, Anda juga bisa menggunakan router Asus bekas untuk memperluas jaringan WiFi di rumah atau kantor.

Kelebihan Router Asus AiMesh

Berikut ini kelebihan router Asus dengan fitur AiMesh:

Router Asus AiMeshRouter Biasa (Mesh System)
KecepatanKecepatan hingga 5300 MbpsKecepatan hingga 1200 – 3000 Mbps
Pilihan RouterBebas pilih model yang Anda sukaiSudah di-bundle, tidak bebas pilih
SSIDBisa Single SSID atau Multiple SSIDHanya Single SSID
ManajemenSetup bisa lewat PC atau Mobile AppSetup hanya melalui Mobile App
FiturLengkap + VPN dan Adaptive QoSFitur terbatas
BiayaLebih hemat, bisa pakai router bekasLebih mahal, harus beli paket router

Cara Memasang dan Set Up Router Asus AiMesh

Cara memasang router Asus dengan fitur AiMesh sebenarnya cukup mudah. Pertama, Anda harus memperbarui firmware pada semua router dan atur setingan router ke bawaan pabrik. Setelah itu, seting router utama dengan cara menghubungkan router tersebut ke koneksi internet dari provider Anda. Setelah itu nyalakan router Asus AiMesh utama lalu klik Search pada aplikasi ASUSWRT atau Asus Router App di smartphone. Pilih router lain yang mau dihubungkan lalu klik Apply untuk menambahkannya ke sistem Asus AiMesh.

Harga Router Asus AiMesh Terbaru

Saat ini ada 5 model router Asus yang sudah mendukung fitur AiMesh. Kelima model router tersebut bisa dicampur sehingga Anda bisa menikmati performa WiFi yang lebih luas dan berbeda-beda sesuai kebutuhan setiap user. 5 model router Asus tersebut memiliki kecepatan WiFi mulai dari 1900 Mbps hingga 5300 Mbps. Selain itu, tersedia juga model Router dengan dukungan Dual Band atau Tri Band.

Model Router AsusWiFi SpeedHarga
Router Asus Dual-Band RT-AC68UDual Band 1900 MbpsRp 2.300.000
Router Asus Dual-Band RT-AC86UDual Band 2900 MbpsRp 3.600.000
Router Asus Dual-Band RT-AC88UDual Band 3100 MbpsRp 4.400.000
Router Asus Tri-Band RT-AC5300Tri-Band 5300 MbpsRp 5.200.000
Router Asus ROG Rapture GT-AC5300Tri-Band 5300 MbpsRp 6.300.000

 

1 thought on “Review Router Asus AiMesh Beserta Kelebihan & Kekurangannya”

  1. Laptop mau secanggih apapun tetap tidak akan berguna jika tidak bisa melakukan jaringan internet. Bagai mobil mewah dirongsokkan yang tidak bisa hidup apalagi dinyalakan. Untuk itu jika kalian mau beli laptop pastikan router yang kalian punya kuat dari segi sinyal atau kecepatannya.

    Reply

Leave a Comment