Review Sony RX0 II | Kamera Vlog Mungil yang Bisa Merekam 4K!

Sony RX0 II adalah kamera mini keluaran Sony terbaru. Dikenalkan di Indonesia bulan Maret 2019 dan menyedot cukup banyak perhatian. Ditambah, saat ini kebutuhan akan dokumentasi juga makin menjamur. Oleh karenanya saat ini vendor-vendor kamera berlomba-lomba menghadirkan kamera dengan kualitas video terbaik. Entah dalam bentuk kamera pocket, DSLR, mirrorless, atau action cam terbaru.

Khusus untuk kategori action camera (action cam) atau kamera aksi, saat ini GoPro memang masih juaranya. Namun, Sony juga sudah menghadirkan kamera-kamera tercanggih untuk action cam ini. Oleh karenanya, pabrikan asal Jepang ini pun meluncurkan Sony RX0 II sebuah action cam terbaru yang akan memikat dengan banyak orang karena kemampuannya. Kira-kira bagaimana review dari RX0 II? Apa saja keunggulan dan spesifikasi dari action cam ini?

review sony rx0 ii rekam video

Desain dan Tampilan Sony RX0 II

Dari segi tampilan dan bentuk, Sony RX0 II layaknya action cam pada umumnya. Bentuknya kotak kecil bahkan bisa dimasukkan ke dalam kantong saku Anda. Kamera aksi Sony ini juga sudah dibekali dengan layar yang ada bagian belakang kameranya. Uniknya dari semua action camera yang ada, RX0 II dibekali dengan layar kamera yang bisa berputar 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah. Hal ini tentunya baru dan mengubah padangan terhadap action cam pada umumnya.

review sony rx0 ii keunggulan

Meski begitu, sayangnya ukuran layarnya masih terbatas 1.5 inci. Tentunya ini pengaruh karena bentuk kamera Sony ini yang benar-benar mungil dan ringan. Kehadiran layar tekuk pada action cam ini bisa membuatnya menjadi kamera aksi yang ramah selfie dan tentunya memudahkan ketika membuat vlog.

Keunggulan dan Spesifikasi Sony RXO II

Banyak keunggulan yang dibekalkan dalam Sony RX0 II ini. Diantaranya yakni banyak fitur dan spesifikasi tambahan baru yang mumpuni dan mendukung kinerjanya. Apa saja keunggulan dari kamera ini?

review sony rx0 ii untuk vlog

1. Bisa Merekam Video 4K

Sony sudah melengkapi kameranya ini dengan kemampuan merekam video dalam format 4K. Di mana saat ini jadi kemampuan perekam video yang seolah wajib ada untuk kamera keluaran baru. Namun, meski bisa merekam video dalam format 4K kamera ini hanya mampu merekam @30pfs. Untuk mendukung kemampuan perekam gambarnya, Sony RX0 II sudah dibekali denagn sensor Bionz S dan lensa Zeiss Tessar. Dengan adanya fitur ini, Anda tak perlu lagi meragukan kualitas gambarnya yang jernih dan depth.

2. Kuat dan Tangguh

Action cam erat kaitannya dengan ketangguhan dan tahannya kamera terhadap berbagai medan. Tak beda dengan Sony RX0 II yang juga bisa diandalkan di berbagai keadaan dan situasi untuk memotret dan merekam momen. Kamera ini sudah dibekali Sony dengan teknologi anti air, anti guncangan hingga anti debu. Sony bahkan berani mengklaim bahwa kameranya ini mampu berenang hingga kedalaman 10 meter tanpa housing, kuat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter serta sanggup menahan beban hingga 200 kg.

review sony rx0 ii tahan segala medan

3.  Bisa Tersambung Hingga ke 50 Perangkat

Keunggulan lainnya yang bisa dibilang fitur premium adalah bisa terhubungnya Sony RX0 II hingga ke 50 kamera lain. Anda bisa menyambungkannya ke 50 kamera untuk memotret gambar 360 derajat lho. Nah, hasil gambar 360 derajat tersebut bisa terjadikarena koneksi antarkamera yang menggunkan satu akses poin saja. Menariknya juga, hal tersebut bisa terjadi atau bisa dilakukan dengan koneksi nirkabel yang sangat mudah untuk di setup lho.

4. Fitur Canggih Lain

Adanya berbagai fitur lain yang tak kalah canggih juga dibekalkan dalam Sony RX0 II. Salah satunya adalah fitur Super Slow Motion yang bekerja dengan pengambilan gambar yang dilakukan pada 960fps atau 1000fps. Untuk merekam dalam format HD juga bisa dilakukan dengan kecepatan @120fps/100fps. Selain itu, ada pula fitur yang membuat RX0 II mampu memotret dengan interval waktu tertentu. Pada kamera ini kamu bisa memotret secara continous selama 1-60 detik. Hasil dari pengambilan foto tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat video timelapse.

Video Sony RX0 II

Kesimpulan Sony RX0 II

Sony RX0 II bisa menjadi jawaban untuk Anda yang malas membawa kamera vlog tangguh kemana-mana. Mengingat segala keunggulan spesifikasi dari action camera dengan tampilan yang ramah untuk vlog ada di kamera ini. Lengkapnya fitur mulai dari layar kamera yang bisa ditekuk 180 derajat ke atas, tahan air hingga debu bahkan bisa ambil video resolusi 4K. Hal ini jadi berbagai keunggulan yang tak bisa ditemukan di action camera lainnya. Dari segi harga, kamera Sony ini juga masih bisa dimaklumi karena Anda bisa beli dengan Rp 9.900.000 saja.

review sony rx0 ii hasil gambar
Hasil gambar Sony RX0 II

Belum lagi, ada sederat fitur lain yang tak bisa dibantahkan yakni seperti Super Slow Motion, bahkan bisa tersambung ke 50 kamera lain untuk menciptakan gambar mode 360 derajat. Namun, kalau Anda masih ragu tidak salahnya juga untuk melihat spesifikasi action camera terbaik lain dari berbagai merk ya.

Leave a Comment