Review Apple Watch 4 | Spesifikasi & Fitur Ciamik!

Apple Watch 4 adalah smartwatch alias jam pintar keluaran Apple terbaru. Dikenalkan pada September 2018, Apple Watch kini hadir dengan generasi keempatnya. Didapuk Apple dengan desain dan tampilan baru serta ditambahnya berbagai fitur yang membuatnya jadi smartwatch premium impian banyak orang.

review apple watch 4 harga terbaru

Mengusung tagline “Perubahan dimulai dari dalam” yang mana Apple mencoba gebrakan dengan menambah fitur kesehatan dalam jam pintarnya ini. Apple mengklaim bahwa smartwatch ini dikembangkan secara fundamental untuk membantu penggunanya semakin sehat, selalu terhubung, dan tetap aktif. Apa saja keunggulan dari Apple Watch 4 ini? Berikut ulasan lengkapnya dari Gagastekno.

Desain dan Tampilan Apple Watch 4

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kali ini Apple mendesain smartwatch ini dengan desain yang sedikit berbeda dari pendahulunya. Apple membekalinya dengan layar paling lebar dan luas dari smartwatch keluaran Apple sebelumnya. Sekitar 30 persen bezel-nya menyusut, dan bagian ujung layarnya dibuat melengkung seperti iPhone. Bukan cuma layarnya, dimensi fisiknya pun ikut membesar: Series 4 tersedia dalam dua varian ukuran, 40 mm atau 44 mm (sebelumnya 38 mm dan 42 mm).

review apple watch tampilan

Karena layarnya membesar, resolusi panel OLED-nya pun ikut meningkat. Varian 40 mm mengemas resolusi 324 x 394 pixel, sedangkan varian 44 mm mengemas 368 x 448 pixel. Tingkat kecerahan maksimumnya masih sama seperti Series 3 di angka 1.000 nit. Layar yang lebih besar juga berarti informasi yang ditampilkan bisa lebih banyak, dan komplikasinya pun lebih variatif.

Keunggulan Fitur dan Spesifikasi Apple Watch 4

Smartwatch Apple Series 4 ini dipacu oleh chipset Apple S4 dengan prosesor dual-core beraksitektur 64-bit. Performanya diyakini dua kali lebih cepat dan maksimal dibandingkan series sebelumnya. Bukan cuma prosesornya yang baru, bahkan accelerometer dan gyroscope-nya pun baru yang diklaim lebih efektif sampai-sampai Series 4 dapat mendeteksi apabila penggunanya terjatuh atau istilahnya Fall Detection yang bekerja secara otomatis.

Ketika perangkat mendeteksi pengguna terjatuh, layarnya akan langsung menampilkan notifikasi, menanyakan apakah penggunanya baik-baik saja. Ketika pengguna tidak merespon hingga satu menit, perangkat akan langsung menghubungi layanan darurat (SOS).

review apple watch terbaik

Sensor optik untuk memonitor laju jantung masih ada di belakang, tapi kini didampingi sensor elektrik berupa elektroda yang mengitari sensor optik tersebut. Perpaduan dua sensor ini memungkinkan Series 4 untuk bekerja layaknya alat electrocardiogram, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ECG.

Proses pemeriksaan ECG pada Apple Watch hanya memerlukan waktu 30 detik saja. Setelahnya, layar akan langsung menampilkan klasifikasi dari ritme jantung pengguna. Semua datanya akan disimpan dalam aplikasi Health di perangkat iOS, dan bisa dibagikan ke dokter spesialis dalam bentuk PDF.

Konektivitas dan Daya Tahan Baterai

Terkait konektivitas, Apple mengklaim bahwa desain baru Series 4 juga berujung pada penerimaan sinyal LTE yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Sepele tapi tidak kalah penting adalah Bluetooth 5.0 yang menggantikan Bluetooth 4.2 milik generasi sebelumnya. Perubahan minor ini meski tak membawa perubahan yang signifikan tapi tetap akan berpengaruh terhadap kinerja penangkapan dan olah transfer data yang dilakukan.

review apple watch 4 spesifikasi

Namun, sayangnya Apple masih memiliki satu kekurangan. Satu-satunya hal yang mengecewakan dari Series 4 ini adalah daya tahan baterainya yang hanya 18 jam pemakaian. Meski begitu, setidaknya angka ini sama persis dan tidak lebih buruk daripada Series 3, padahal kita tahu Series 4 memiliki bodi yang lebih tipis.

Video Apple Watch 4

Kesimpulan: Beli atau Mending yang Lain?

Dengan menghadirkan berbagai fitur canggih, Apple Watch 4 memiliki sederet kelebihan dibandingkan dengan smartwatch premium lainnya. Tercermin dari desainnya yang dimatangkan, berbagai fitur tambahan dan keunggulan spesifikasi yang hanya dimiliki oleh smartwatch keluaran Apple. Jika dibandingkan, memang masih banyak jam pintar yang lebih murah. Namun, tentunya hal tersebut tidak bisa saling disandingkan. Mengingat, tiap smartwatch punya keunikan dan keunggulannya masing-masing.

review apple watch 4 desain

Memang, saat ini banyak vendor yang mengeluarkan jam pintar andalannya masing-masing. Bahkan smartwatch murah dibawah 1 juta saja sudah banyak di pasaran. Namun, tentunya jika dibandingkan dari segi harga dan kualifikasi spesifikasi hal tersebut tidak sebanding. Smartwatch premium layaknya Apple Watch 4 pantas masuk jajaran smartwatch terbaik tahun 2019 dengan fitur canggihnya.

Leave a Comment