Review Xiaomi Smart Home Kit: Jadikan Rumah Makin Kekinian

Xiaomi Smart Home adalah peralatan rumah tangga canggih nan pintar untuk rumah Anda. Sebagai salah satu merk terkenal karena hp murah, Xiaomi pun melihat pasar yang besar untuk kebutuhan rumah pintar para kaum urban. Dengan rumah pintar, Anda tak hanya bisa mengatur sesukanya berbagai hal di rumah mulai dari lampu, sensor dan lainnya. Anda juga bisa mengatur sistem keamanan rumah sesuai kebutuhan Anda sendiri. Xiaomi pun berani menjawab tantangan pasar dengan meluncurkan paket smart home untuk konsumen setianya.

Kini, bagi Anda yang tinggal di Indonesia punya rumah pintar bukan lagi impian apalagi menjadi hal yang mustahil. Dengan menggunakan Xiaomi Smart Home Kit yang baru saja diluncurkan April 2019 lalu Anda akan memiliki tempat tinggal super canggih yang bisa mengaturnya lewat “klik”. Anda bisa menyambungkan peralatan rumah tangga pintar Xiaomi dengan aplikasi untuk hp Android/ hp iOS bernama Mi Home. Sayangnya, sebagian pengaturan Mi Home tersebut masih berbahasa Cina sehingga akan sedikit menyulitkan. Apa dan bagaimana kit pintar untuk rumah dari Xiaomi ini?

xiaomi smart home rumah pintar

Harga & Spesifikasi Xiaomi Smart Home Kit

Dengan membeli smart home kit dari Xiaomi Anda akan mendapatkan beberapa perangkat serbaguna untuk kebutuhan kenyamanan dan keamanan rumah Anda. Dengan embel-embel ‘smart’-nya ini Xiaomi siap memberikan pengalaman rumah yang saling terkoneksi secara pintar. Ketika membeli smart home, Anda akan mendapatkan 5-in-1 produk atau 6-in-1 produk. Untuk 6-in-1 produk, Anda akan mendapatkan Gateway generasi 2.

Harga Xiaomi Smart Home Kit

Produk ini bisa dengan rentang harga tertentu. Beli Xiaomi Smart Home Kit 5-in-1 dengan harga Rp 750.000. Sedangkan Anda bisa beli Xiaomi Smart Home Kit 6-in-1 dengan harga Rp 899.000. Perbedaannya adalah yakni untuk paket 6-in-1 sudah dibekali dengan Xiaomi Smart Temperature Humidity Sensor.

xiaomi smart home terbaik

Spesifikasi Xiaomi Smart Home Kit

  • Xiaomi Smart/ Multifunction Gateway
  • Xiaomi Human Body Sensor
  • Xiaomi Zigbee Socket
  • Xiaomi Smart Windows Door Sensor
  • Xiaomi Wireless Switch Click button
  • Xiaomi Smart Temperature Humidity Sensor

Review Xiaomi Smart Home Kit

Anda dapat melakukan hal-hal seperti menyalakan mesin pembuat kopi saat Anda masuk ke dapur, menyalakan lampu saat masuk kamar dan hal-hal imajinatif lainnya. Semua itu bukan science fiction lagi dengan menggunakan teknologi Xiaomi ini. Anda bebas mengkombinasikan setiap perintah dan peralatan yang Anda inginkan. Ciptakan rumah pintar yang Anda inginkan sekreatif mungkin.

1. Xiaomi Smart/ Multifunction Gateway

Alat ini adalah gateway yang berfungsi sebagai pusat kontrol dari Smart Home Kit yang lainnya. Gateway ini juga berfungsi sebagai lampu tidur yang memiliki 16 juta pilihan warna dan berfungsi sebagai speaker dan alarm jika sensor pintu dan sensor gerak terpicu.

2. Xiaomi Human Body Sensor

Produk yang merupakan sensor untuk mendeteksi jika ada manusia atau binatang peliharan Anda yang memasuki ruangan yang ditempatkan sensor ini. Sensor ini mendeteksi menggunakan temperatur. Dengan Wireless Switch yang berfungsi untuk memicu aksi yang Anda atur di Xiaomi Gateway.

xiaomi smart home 2019

3. Xiaomi Zigbee Socket

Merupakan smart socket yakni stop kontak pintar yang hadir dengan desain kecil sehingga tidak memakan banyak space. Dengan ini, Anda dapat mengontrol semua peralatan elektronik yang terhubung dengan stop kontak ini melalui hp Anda.

4. Xiaomi Smart Windows Door Sensor

Merupakan sensor pendeteksi untuk pintu dan jendela saat terbuka atau tertutup. Sensor ini harus dipadukan dengan Xiaomi Multifunctional/ Smart Gateway untuk bekerja. Melalui alat ini Anda dapat menerima peringatan jika pintu atau jendela Anda terbuka dan akan memicu aksi tertentu sesuai dengan pengaturan yang Anda buat.

xiaomi smart home door and windows sensor

5. Xiaomi Wireless Switch Click button

Nah, meski tak memiliki dampak yang cukup besar seperti Xiaomi Home yang lainnya, Click Button ini merupakan tambahan sensor untuk Xiaomi Smart Home Kit. Tombol ini hanyalah wireless switch saja dan hanya bisa dipakai jika Anda sudah punya Xiaomi Home.

xiaomi smart home button wireless

6. Xiaomi Smart Temperature Humidity Sensor

Merupakan humidity sensor untuk memantau tingkat kelembapan di rumah Anda. Bisa digunakan untuk mendeteksi serta mengendalikan pertumbuhan bakteri-jamur untuk menghindari bau dan penyakit. Merupakan sensor yang sangat menarik dan dapat Anda gunakan tidak hanya di rumah tapi juga di kantor dan sekolah. Selain itu, humidity sensor ini bisa dibeli terpisah dari Xiaomi Home yang lain.

Leave a Comment