Review Fujifilm X-A20 Harga Terbaru & Spesifikasi

Fujifilm X-A20 merupakan kamera mirrorless dari Fujifilm generasi terbaru. Sebelumnya, untuk entry-level Fujifilm mengeluarkan kamera mirrorlessnya yakni X-A10. Nah, pada tahun 2018 Fujifilm meluncurkan kamera mirrorless terbarunya yaitu Fujifilm X-A20. Kamera mungil dengan spesifikasi yang tidak main-main kerap digemari oleh kaum perempuan. Mengapa? Karena bodinya yang ringkas, beratnya yang ringan dan tentunya terdapat efek halus ala Fujifilm untuk memperhalus foto Anda.

review fujifilm x-a20 spesifikasi terbaru

Oleh karenanya, X-A20 ini cukup laku dipasaran kamera mirrorless di Indonesia. Setelah resmi hadir, Fujifim X-A20 juga masuk dalam jajaran kamera selfie terbaik saat ini. Jika dibandingkan kembali dengan pendahulunya, kamera ini hadir dengan lensa yang lebih pendek, yaitu Kit XC 15-45 mm yang cocok digunakan untuk macro photography. Selain itu, kamera ini juga bisa menyimpan foto dalam format RAW.

Harga Terbaru Fujifilm X-A20

Vendor penghasil kamera-kamera dengan tampilan retro yakni Fujifilm menghadirkan X-A20 yang bisa dibilang sebagai kamera paling murah dalam merk tersebut. Oleh karenanya, bagi Anda yang masih pemain baru dalam dunia fotografi maka X-A20 bisa jadi pilihan tepat. Tahun 2019 ini, Fujifilm X-A20 dilepas dengan harga Rp 4.999.000.

Spesifikasi Fujifilm X-A20

Dengan harga yang hanya Rp 5 jutaan, kamera ini punya spesifikasi mantap lho. Dengan harga yang terjangkau sekali, kamera mirrorless ini dibekali dengan spesifikasi canggih untuk pemula yang abru belajar fotografi.

review fujifilm x-a20 spesifikasi canggih

1. Desain Fisik

Sekilas memang bentuknya mirip dengan pendahulunya yakni X-A10. Terlihat dari pojok-pojok desain kamera yang melengkung sehingga cukup nyaman untuk dipegang lama-lama. Meski terlihat tebal, kamera Fujifilm X-A20 termasuk kamera mirrorless yang memiliki berat ringan  yakni sekitar 494 gram saja sudah lengkap dengan lensa kit dari Fujifilm. Pegangan karetnya juga ergonomis lho.

Sudah dilengkapi dengan LDC touchscreen dengan ukuran 3 inci dan bisa diputar ke atas 180 derajat. Tentunya fitur ini sangat cocok bagi Anda yang gemar selfie atau untuk vlogging.

review fujifilm x-a20 harga 2019

2. Sensor dan Prosesor Kamera

Menghadirkan sensor X-TRans CMOS II dan lensa yang mempunyai resolusi sebesar 16.3 MP dengan lenas Fujinon kemampuannya didukung dengan ISO yang memiliki tingkat kesensitivan 100-25.600. Selain itu, dari segi performa X-A20 bisa dibilang garang. Karena sudah dilengkapi dengan prosesor EXR II. Selain mampu bekerja denagn sangat cepat, prosesor ini juga diklaim mampu membentuk produksi warna hingga terlihat tajam dan cerah.

Dengan rentang ISO maksimal Anda masih bisa menghasilkan gambar yang cukup tajam. Tanpa bantuan flash internal, Anda masih bisa menghasilkan gambar yang tetap tajam dan jelas hanya memiliki sedikit noise. Untuk macro photography kamera ini sangat cocok lho ketika dibekali lensa yang tepat. Sementara kualitas videonya, X-A20 mampu merekam Full HD @30fps. Namun, ketika Anda ingin menggunakan 60fps maka Anda perlu menurunkan kualitasnya di HD.

review fujifilm x-a20 harga terbaru

4. Fitur Pengambilan Gambar

Ada beberapa fitur yang bisa Anda maksimalkan diantaranya yakni Selfie Mode. Pengambilan gambar bisa dilakukan dengan cara mengetuk layar LCD agar tidak goncang, kemudian sudah dilengkapi dengan timer dan bisa juga menggunakan smile shutter. Kemudian, ada juga group self-portrait yang akan otomatis mengambil gamabr ketika semua orang sudah masuk ke dalam frame.

Kemudian ada Portrait Skin Model yang akan membuat foto selfie kamu lebih cerah dan bagus karena kamera akan otomatis menyesuaikan warna kulit Anda. Fitur lainya yakni Creative Shooting di mana ada 15 filter yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan foto-foto yang artistik dengan kualitas bagus. Ada juga Film Simulation yang membuat pengguna bisa memilih 6 pilihan warna klasik khas Fujifilm.

review fujifilm x-a20 spesifikasi 2019

Namun, sayangnnya bodi kamera belum dilengkapi dengan Image Stabilizer (IS). Eits, tapi tenang saja ketika Anda membeli langsung dengan lensa kit maka lensanya sudah ada IS lho. Ketika Anda ingin mengganti lensa usahakan membeli lensa yang terdapat IS sehingga ketika merekam video tidak banyak goyang.

5. Konektivitas Kamera

Untuk mendukung transfer gambar dan video, Fujifilm X-A20 sudah dibekali dengan WiFi built-in yang bisa langsung terhubung dengan smartphone Anda melalui Remote Kamera Fuji. Selain WiFi, ada pula port MicroUSB yang bisa digunakan untuk menghubungkan remote release cable RR-90 dan juga mengisi ulang baterai. Sehingga, ketika Anda ingin mengisi baterai, Anda bisa langsung mengisi dayanya langsung pada kamera. Kemudian ada pula port HDMI, tapi sayangnya untuk jack microphone dan hotshoe tidak ada dalam kamera ini ya.

review fujifilm x-a20 hasil gambar

Kesimpulan: Fujifilm X-A20, Kamera Murah tapi Gak Murahan

Bagi Anda yang baru belajar fotografi dan ingin menjajal kamera murah dan cukup lengkap maka Fujifilm X-A20 adalah pilihan yang cocok. Hal ini karena untuk harga Rp 5 jutaan sudah cukup sebanding dengan fitur dan kecanggihan yang ditawarkan. Apalagi sebagai pemula, rasanya fitur-fitur profesional belum saatnya untuk dieksplor. Sementara itu, untuk Anda pecinta selfie dan yang gemar vlogging kamera ini juga cukup mengakomodir. Kelebihannya adalah layarnya yang bisa diputar dan beratnya yang ringan sehingga tidak susah untuk dibawa-bawa.

Namun, bagi Anda yang kurang yakin dan masih ingin mencari-cari referensi kamera mirrorless terbaik, ada baiknya untuk mempertimbangkan segala hal yang ada ya. Anda juga bisa membertimbangkan kamera mirrorless Fujifilm terbaik lainnya.

Leave a Comment