Review DJI Osmo Action Terbaru 2019 | Bisa Ngalahin GoPro?

DJI Osmo Action merupakan kamera aksi terbaru dari DJI yang digadang-gadang sebagai “GoPro Killer”. Hadirnya kamera action ini di pasaran membuat persaingan action cam semakin ketat. Tahun 2019 saja, sudah ada beberapa merk yang meluncurkan kamera action terbaik versinya masing-masing.

Dilengkapi dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni, DJI Osmo Action menjadi saingan tangguh untuk action cam yang sudah-sudah. Tak hanya itu, untuk membuktikan seberapa kuat, tangguh dan canggih action cam ini berikut Gagastekno kasih reviewnya!

review dji osmo action terbaru 2019

Fitur Canggih DJI Osmo Action

DJI biasanya mengeluarkan drone sebagai produk unggulannya. Namun, saat ini karena kebutuhan bisnis dan demand masyarakat yang luas akan kebutuhan action cam, DJI pun ikut meluncurkan sejumlah produk salah satunya adalah DJI Osmo Action. Apa saja yang menjadi keunggulan dari fitur yang dihadirkan oleh kamera aksi ini?

1. Performa Kamera

Dibekali dengan lensa wide angle 12 MP dengan F2.8 dan FoV (Field of View) 145 derajat. Ketika Anda memutar kamera 90 derajat saat mengambil gambar, maka hasilnya akan otomatis berubah ke mode portrait. Selain itu, kamera ini juga memiliki sensor bawaan CMOS 1/2.3 inci yang memudahkan Anda untuk merekam video hingga 4K @60fps. Namun, ketika Anda merekam video HDR dengan resolusi 4K @30fps Anda tak bisa menggunakan stabilisasi.

review dji osmo action terbaik

Adanya penggunaan sensor yang dimiliki DJI Mavic Air sehingga mendukung perekaman video pada 100 Mbps. DJI Osmo Action ini juga memiliki mode slow-motion hingga 240 fps @1080 piksel dan 120 fps @720 piksel.  Fitur lainnya yaitu memiliki ISO maksimum 3200, mode dewarp untuk menghapus wide-angle FOV bending, mode pengaturan khusus untuk akses cepat, mikrofon ganda, speaker ganda, dan didukung oleh baterai LiPo yang dapat dilepas.

Osmo Action ini tahan air hingga kedalaman 11 meter dengan interval 30 menit tanpa housing. Untuk kegiatan bawah laut yang lebih dalam, Anda dapat membawa Osmo Action hingga kedalam 60 meter dengan housing tahan air yang tersedia secara terpisah.

2. Teknologi RockSteady

Selain performa pengambilan gambarnya yang cukup apik, kualitas pengambilan videonya pun tak kalah. Osmo Action ini sudah dibekali dengan RockSteady yang dapat dengan mudah mengidentifikasi serta menghilangkan getaran secara efektif. Apa bedanya RockSteady dengan teknologi anti-guncangan lainnya? Dengan menggunakan RockSteady Electronic Image Stabilization (EIS) Anda bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih smooth.

Selain membuat gambar terasa halus, teknologi RockSteady juga dapat mempertahankan serta menghilangkan guncangan di waktu yang bersamaan. Meski kamu sedang berlari atau menaiki tangga, video yang dihasilkan pun tetap bagus. Salah satu keuntungan dari teknologi ini adalah dapat mengurangi dithering pada gambar akibat guncangan.

review dji osmo action terbaru

3. Kapasitas Baterai dan Penyimpanan

Dilengkapi dengan kamera 1300 mAh yang dapat diisi dengan port Type-C dengan waktu pengisian 88 menit. Dalam keadaan baterai yang penuh, Osmo Action bisa digunakan selama 91 menit dengan mode 4K @6ofps dengan fitur RockSteady. Sedangkan dengan mode 30 fps @1080 piksel tanpa RockSteady maka action cam ini bisa beroperasi selama 2 jam.

Anda bisa menyimpan hasil foto dan video menggunakan MicroSD hingga 256 GB. Sehingga Anda bisa mengambil gambar dan merekam video dengan waktu yang relatif lama.

4. Desain Kamera dan Fitur Lain

Terakhir yang akan dibahas adalah desain dan tampilan kamera ini. DJI Osmo Action, layaknya kamera aksi pada umumnya memiliki bentuk yang mungil. Bagian eksternalnya terbuat dari karet lunak yang diproses khusus dengan plastik PC agar kokoh. Sementara bagian internal dibuat dari magnesium alloy, sehingga lebih ringan dan tahan karat.

review dji osmo action harga 2019

Kamera seukuran saku ini dapat menyesuaikan dua layar pada frame kecilnya. Layar belakang 2.25 inci yang memiliki resolusi 640 x 360 yang jernih yang mencakup seluruh bagian belakang unit. Layar depan 1.4 inci  persegi terletak tepat di sebelah lensa dan memungkinkan Anda melihat pratinjau gambar saat Anda sedang merekam atau mengambil selfie.

Lensa kameranya dapat dilepas dan diganti filternya sesuai dengan kebutuhan Anda. Kamera ini makin lengkap dengan berbagai tombol pendukung seperti tombol power, berbagai mode pengoperasian serta tombol pengganti layar ke depan dan belakang. Osmo Action juga dapat dikontrol melalui Bluetooth atau WiFi dari iOS atau Android smartphone menggunakan aplikasi DJI Mimo.

5. Spesifikasi DJI Osmo Action

Sudah dijabarkan berbagai fitur soal Osmo Action mulai dari fitur tambahan hingga desain kamera. Bagaimana rangkuman spesifikasinya?

  • Valid Fixel : 12 MP
  • Optical Sensor Type/ Size : CMOS, 1/2.3 inci
  • ISO : 3200
  • Resolusi Gambar/ Video : 4K @60fps
  • Image Stabilization : RockSteady
  • LCD Display : Front screen 1.4 inch, Back screen 2.25 inch
  • Penyimpanan : MicroSD
  • Koneksi : Bluetooth, WiFi

Harga DJI Osmo Action

Meski belum lama dihadirkan ke pasaran, Osmo Action sudah mulai turun harga. Awal kemunculannya pada Mei 2019, action cam satu ini juga menjadi pesaing GoPro Hero 7 Black yang cukup tangguh. Tentunya jika sudah disebut pesaing GoPro, memang harganya tidak cukup terjangkau tapi masih bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dari pertama kali kamera ini diluncurkan. Anda bisa mendapatkan DJI Osmo Action dengan harga Rp 5.100.000. Hal ini lebih murah dari GoPro Hero 7 Black yang dibanderol Rp 6 jutaan.

Video DJI Osomo Action

Leave a Comment