Home » Review » Review PlayStation VR (Main Game Lebih Realistis)

Review PlayStation VR (Main Game Lebih Realistis)

Sebelum masuk ke bagian review PlayStation VR, ada baiknya Anda mengetahui sedikit riwayat dari headset VR ini. PlayStation VR pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, dan kini headset ini telah menjadi salah satu headset yang paling laris di pasaran. Hal tersebut mungkin dikarenakan ketika Anda sudah memiliki konsol PS4, maka headset ini menjadi sesuatu yang membuat Anda penasaran untuk membeli dan memainkannya.

Perangkat ini juga telah memberikan sebuah pengalaman gaming yang baru dan mendapatkan respons positif dari para penggunanya. Dengan begitu hampir bisa dipastikan bahwa nanti ke depannya Sony mungkin saja melanjutkan proyek VR-nya ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Review PlayStation VR: Spesifikasi

Review PlayStation VR

PlayStation VR bisa menampilkan game dengan resolusi 1080p pada layarnya yang menghadirkan teknologi OLED 920 x RGB x 1080 baik itu pada tingkat refresh rate 90 Hz atau 120 Hz tergantung pada aplikasi atau game yang dijalankan.

Selain itu, tingkatan latensi dari perangkat ini juga tak perlu Anda khawatirkan karena Sony mengatakan bahwa respons dari PlayStation VR ini terkunci pada angka sekitar 18 milidetik. Angka tersebut kurang lebih 0,002 detik lebih cepat apabila dibandingkan dengan latensi tertinggi yang dapat ditolerir sebelum Anda menyadari adanya lag di dalam VR.

Dengan begitu Anda bisa menikmati permainan yang tetap mulu dengan mengesankan apapun jenis game yang dimainkan mulai dari shooter, puzzle, platform, hingga petualangan.

Review PlayStation VR: Desain

Review PlayStation VR

Bisa dibilang desain dari PlayStation VR ini tidak memiliki faktor yang membuatnya lebih unggul dari yang lainnya. Namun tetap saja tampilannya tetap keren dan memiliki kesan futuristik dan memang salah satu yang terbaik.

Head-mounted display atau HMD dari headset ini menampilkan kesan minimalis dengan kombinasi sentuhan warna antara hitam dan putih. Hal tersebut kemudian disempurnakan dengan adanya tujuh buah lampu berwarna biru di mana kamera dari PlayStation mengambil dan memonitor gerakan kepala dan lokasi Anda. Untuk beberapa game yang mengharuskan Anda berbalik badan, Sony menambahkan dua buah lampu biru di bagian belakang sehingga total lampu tersebut menjadi sembilan buah. Singkatnya, headset ini cukup elegan dengan tracking gerakan yang akurat.

Tak hanya tampak keren, headset ini juga sangat nyaman untuk digunakan di kepala, di mana hal tersebut merupakan faktor penting yang harus dipenuhi. PlayStation VR menghadirkan pengikat kepala berwarna putih matte yang dapat dipasangkan dengan mudah dan disesuaikan ukurannya. Di bagian dalam dari pengikat kepala tersebut terdapat bantalan empuk yang bisa mengunci posisinya dengan aman dan nyaman.

Hal menarik lain dari sisi desain adalah headset ini tetap nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama dengan bobot yang pas, tidak seperti kebanyakan headset VR yang membuat kepala Anda merasa lelah ketika bermain dalam waktu yang lama.

Kemudian agar lampu biru di bagian luar headset tidak mengganggu pandangan game di dalam, headset ini dirancang dengan penutup berbahan karet yang dapat secara efektif menghalau cahaya dari luar.

Review PlayStation VR: Performa

Review PlayStation VR

Satu kata untuk mendeskripsikan performa yang dimiliki oleh PlayStation VR ini adalah “mengesankan”. Pesaing VR lainnya seperti Oculus dan HTS mungkin terlalu menempatkan standarnya terlalu tinggi sehingga Anda harus memiliki rig gaming yang mahal hingga dua atau tiga kali lipat dibandingkan dengan PSVR.

Akan tetapi nyatanya PS4 lebih dari mampu untuk menampilkan gambar yang sangat jelas. Perangkat ini mungkin tidak menawarkan detil gambar yang menakjubkan, tapi apa yang dimilikinya sudah cukup untuk memberikan pengalaman bermain game yang penuh kesan.

Selain itu meskipun perangkat ini memiliki bidang pandang yang sedikit lebih sempit dibandingkan Oculus Rift, sekitar 10 derajat, akan tetapi PlayStation VR tetap saja bisa mengejutkan penggunanya tanpa memberikan rasa pusing ketika digunakan dalam waktu lama, dan ditambah lagi dengan dukungan tingkat lag dan latensi yang sangat rendah.

Review PlayStation VR: Kesimpulan

Ketika menggunakan PSVR ini, Anda akan terlupa dengan grafis detail dan ukuran layar yang lebih besar dari gaming menggunakan komputer atau PS4. Hal tersebut dikarenakan perangkat ini bisa memberikan pengalaman baru yang nantinya akan terus dikembangkan oleh Sony hingga menjadi sebuah standar gaming baru.

Sama halnya dengan hal-hal yang membuat PlayStation menjadi konsol yang sangat populer, PSVR merupakan sebuah platform terbaru yang dilengkapi dengan beragam hal inovatif, pintar, dan tentunya sangat mudah untuk dimainkan. Belum lagi perangkat ini terbilang cukup terjangkau dan memiliki banyak sekali pilihan game yang masuk ke kategori “game yang harus dimainkan”. Untuk saat ini PSVR masih memiliki beberapa kekurangan, akan tetapi hal tersebut tidak akan sampai membuat Anda kecewa dengan performanya dan ditambah lagi harganya hanya sekitar Rp5.000.000,-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *