Review GoPro Hero 7 Black, Cocok Untuk Adventure Sejati!

GoPro Hero 7 Black – Keberadaan action camera saat ini sudah semakin marak. Mulai dari harga dibawah 1 juta hingga yang harganya hampir 10 juta. Namun, seperti umunya tidak ada harga yang berbohong pada kualitas barang. Biasanya semakin mahal harga dari sebuah kamera kualitasnya juga berbanding lurus. Salah satu action camera yang cukup dikenal adalah merek GoPro.

hero 7 black 3

GoPro resmi meluncurkan produk terbarunya di Indonesia tahun 2018 yakni GoPro 7 Series. Khusus yang akan dibahas kali ini adalah GoPro Hero 7 Black. Hero 7 Black adalah keluar terbaru GoPro dengan spesifikasi paling tinggi dibandingkan dengan GoPro Hero 7 Silver dan White. Oleh karenanya, banyak fitur canggih yang disajikan oleh action cam satu ini.

Nah, selain action cam canggih kira-kira apalagi kelebihan GoPro Hero 7 Black ya?

Harga Terbaru GoPro Hero 7 Black

hero 7 black 6

Harga Hero 7 Black awalnya memang mahal. Namun saat ini karena sudah meluncur beberapa lama tentu harganya juga akan turun. Dengan semua spesifikasi lengkah dan canggihnya dengan body kameranya yang compact ternyata tidak sampai harga 10 juta lho! Nah, lebih tepatnya action cam satu ini dibandrol dengan harga Rp 6.199.000. Anda bisa mendapatkan action cam terbaru ini di toko-toko kamera atau toko online kesayangan Anda.

Body Ringkas dan Elegan

Dari segi tampilan dan bentuk badan, GoPro Hero 7 Black tidak banyak berbeda dari pendahulunya. Hanya saja Hero 7 Black punya kelebihan yakni tampilannya dibuat lebih elegan dari pada pendahulunya. Kamera GoPro terbaru ini dirancang dengan bentuk dan dimensi yang sama persis dengan seri sebelumnya, yaitu Hero 5 dan Hero 6 Black. Desain yang sama ini tentu menguntungkan bagi pengguna karena aksesoris yang selama ini sudah digunakan pada seri kamera GoPro sebelumnya bisa dipasang pada seri Hero 7 ini.

hero 7 black 2

Untuk desain layar sentuhnya pun tak jauh berbeda dari sebelumnya. Layar kecil dibagian belakang selebar 2 inci sama seperti seri-seri pendahulunya. Oh ya, GoPro Hero 7 Black ini untungnya sudah antiair tanpa pelindung sekalipun lho.

Fitur-Fitur Canggih ala GoPro Hero 7 Black

GoPro seolah menjawab tantangan pasar saat ini. Walaupun sempat dikabarkan kesulitan keuangan pada awal tahun 2018, seolah GoPro Hero 7 adalah jawaban keraguan masyarakat tersebut. GoPro membekali produk barunya ini dengan berbagai kecanggihan tersendiri yang tak jarang membuat kita geleng-geleng kepala. Bagaimana bisa fitur canggih ada di kamera segenggaman tangan ini?

1. Fitur Hypersmooth yang Revolusioner

Salah satu yang membuat orang malas membuat video ketika bepergian atau traveling, atau bahkan olahraga ekstrem adalah karena rekaman yang berguncang. Biasanya para adventurer atau travel blogger selalu membekali diri mereka dengan kamera yang stabilizernya cukup bagus. Namun, sayangnya stabilizer yang mumpuni ini masih jarang di kamera compact.

hero 7 black 7

Oleh karenanya, GoPro pun menjawab hal itu. Ia membeli Hero 7 Black ini dengan fitur Hypersmooth. Apa itu Hypersmooth? Yakni fitur khusus untuk meredam goncangan ketika Anda merekam menggunakan Hero 7 Black. Di mana fitur ini hanya ada di Hero 7 Black. GoPro begitu percaya diri dengan fitur ini. Terbukti dengan resolusi 4K, Hero 7 Black bisa merekam dengan mulus dengan 60fps. Hal ini juga tak lepas karena chipset G1 yang dibekalkan kepadanya.

2. User Interface (UI) yang Mudah

GoPro melengkapi user interface (UI) produk barunya agar lebih mudah dan elegan tentunya. Didesain lebih simple dan kekinian UI Hero 7 Black juga dilengkapi berbagai fitur canggih yang mendukung seperti Voice Control Navigation dan Swipe Navigation. Di mana pengguna hanya perlu melakukan command voice seperti “GoPro Capture”, “GoPro Stop Captur”, “GoPro Start Recording”, “GoPro Stop Recording” dan sebagainya tanpa harus menekan tombol capture/record terlebih dahulu pada perangkat.

Selain itu perpindahan antara mode foto, video, time-lapse jadi lebih mudah karena berkat Swip Navigation. Anda hanya perlu swipe ke kanan atau ke kiri saja. Untuk melihat video terakhir yang Anda rekam tinggal swipe dari bawah ke atas. Sedangkan untuk menu pengaturan, Anda hanya perlu swipe dari atas ke bawah.

3. Fitur Time Wrap yang Mengalahkan Time-Lapse

hero 7 black 4

Suka dengan video time-lapse? Seperti yang diketahui ketika ingin mengambil gambar secara time-lapse maka perangkata harus dalam keadaan diam. Hal itu wajar karena ketika ada gerakan sedikit akan mengacaukan hasil perekaman. Nah, saat ini GoPro mengenalkan fitur Time Warp di Hero 7 Black ini. Dengan fitur ini Anda bisa merekam video time-lapse sambil bergerak tanpa bantuan slider, gimbal, atau alat bantu lainnya.

4. Mode Pengambilan Video Portrait

GoPro juga membekali Hero 7 Black dengan pengambilan gambar mode ‘Portrait’. Iya, tenang Anda tidak dengar. Dengan semakin marak dan hype-nya Instastory dan SnapChat yang seolah mengubah format pengambilan video tidak hanya bagus dilakukan horizontal tapi juga secara vertikal. Untuk menjawab tantangan pasar ini, GoPro pun mengenal mode portait.

hero 7 black 5

Kalau Anda ingin mengaktifkan mode ini, Anda hanya perlu memutar kamera ini 90 derajat saja. Lalu, sistem dalam GoPro akan secara otomatis menyesuaikan. Jadi, Anda tak perlu lagi pakai aplikasi edit video untuk membuat konten video portrait.

5. Adanya Fitur Super Photo

Tak hanya peningkatan fitur perekaman video, GoPro juga membekali Hero 7 Black dengan mode Super Photo dengan fitur Scene Recognition. Hero 7 Black akan dengan mudah mengidentifikasi objek foto yang ingin diambil, kemudian mengolah warna yang paling sesuai dengan kondisi yang diambil. Misalnya landscape, langit, sunset dan sebagainya.

Video GoPro Hero 7 Black

Kesimpulan: Harga 6 Jutaan, Layak Beli?

Melihat berbagai kecanggihan yang ada, GoPro Hero 7 Black ini layak banget dibeli kalau Anda banyak mengambil gambar secara bergerak atau aktif. Mengingat memang kamera ini ditunjukan untuk mereka yang gemar adventure karena namanya saja action camera. Namun, untuk Anda yang ingin menggunakan kamera ini untuk kegiatan traveling juga bisa. Hal ini karena Hero 7 Black punya tampilan ringkas, ringan dan bisa dimasukan dalam tas kecil. Selaian itu sudah antiair lho!

Leave a Comment