Pengertian Office 365 Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Apa itu Microsoft Office 365 ? Office 365 buat apa ? Apakah sama dengan Microsoft Office biasa ? 3 pertanyaan tersebut mungkin saat ini ada di pikiran Anda. Apa pengertian Office 365 ? Apa juga sih yang membedakan Office 365 dengan Office biasa ? Office 365 adalah salah satu aplikasi office besutan Microsoft selain Office 2019. Yuk simak jawabannya berikut ini.

Pengertian Office 365 adalah

Pengertian Office 365

Office 365 sama seperti Office biasa. Pengertian Office 365 adalah satu paket aplikasi yang terdiri dari: Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher, dan Access. Yang membedakan Office 365 dengan Office biasa adalah fitur Office 365 selalu up to date. Sedangkan pada Office biasa, jika Anda ingin mendapat fitur terbaru harus beli Office versi terbaru. Office 365 cocok banget untuk Anda yang suka tambahan fitur baru terus menerus.

Selain itu, Office 365 adalah aplikasi yang pas buat Anda yang membutuhkan aplikasi Office yang bisa dipasang di berbagai perangkat dan saling terhubung satu sama lain. Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan layanan cloud storage yang besar, disarankan memilih Office 365.

Perbedaan Microsoft Office 365 dan Office 2019

Office 365 adalah aplikasi Office dari Microsoft yang sifatnya berlangganan, bisa bayar bulanan atau tahunan. Sedangkan untuk Office biasa sistemnya satu kali bayar. Artinya setelah Anda beli, Anda bisa pakai terus aplikasi Office tersebut sampai kapanpun. Bahkan jika suatu saat ada Office versi terbaru, Anda tidak perlu upgrade karena Anda bisa pakai Office biasa versi lama selamanya. Sedangkan, Office 365 mengharuskan Anda bayar terus menerus. Jika tidak diperpanjang maka Anda tidak bisa memakainya lagi.

Pengertian Office 365 adalah

Perbedaan kedua ada dari segi fiturnya. Office 365 lebih unggul dibanding Office biasa. Karena sistemnya berlangganan, maka fitur-fitur Office 365 akan terus diperbarui. Jadi intinya, Anda tidak perlu membayar lebih untuk mendapatkan fitur ter-update. Hal ini berbeda dengan Office biasa. Jika ingin menikmati fitur terbaru, Anda harus beli Office versi terbaru.

Perbedaan ketiga antara Office 365 vs Office biasa adalah dari lisensi perangkat. Office biasa hanya bisa dipakai di 1 PC saja. Sedangkan Office 365 bisa Anda gunakan di banyak perangkat seperti di PC Windows, macOS, smartphone, dan tablet. Sebagai tambahan, pengguna Office 365 juga akan mendapat penyimpanan berbasis cloud dari OneDrive sebesar 1TB dan Skype Call 60 menit per bulan.

Berapa Harga Microsoft Office 365 ?

Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk berlangganan Microsoft Office 365 ? Berdasarkan informasi yang Gagastekno ambil di situs resmi Microsoft Office Indonesia, biaya untuk menggunakan Office 365 adalah Rp 1.199.000 per tahun untuk menikmati Office 365 Home. Jika ingin yang lebih murah bisa pilih Office 365 Personal dengan harga Rp 879.999 per tahun.

Harga Office 365 adalah

Perbedaan Harga Office 365 dan Office 2019

Perbedaan Office 365 Home dan Personal adalah dari lisensinya. Office 365 Home bisa dipakai oleh 6 pengguna. Sedangkan untuk Office 365 Personal hanya untuk 1 pengguna. Harga Office 365 baik yang versi Home atau Personal memang lebih murah dibanding Office biasa. Sebagai contohnya Office 2019 dijual dengan harga Rp 1.799.000 untuk 1 pengguna. Namun perlu diingat karena sistemnya beli putus, maka Anda bisa pakai Office 2019 selamanya, tak perlu biaya langganan atau tambahan setiap tahunnya.

Kelebihan & Kekurangan Office 365

Apa saja kelebihan dan kekurangan Office 365. Meski dilihat dari segi harga lebih murah dan fiturnya selalu up to date, namun Office 365 tetap memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding Office biasa. Berikut ini kelebihan Office 365:

Kelebihan Office 365

  • Lebih Lengkap. Selain dapat aplikasi Office standar, Anda juga dapat cloud storage OneDrive 1TB dan Skype 60 menit per bulan
  • Fiturnya Selalu Up to Date. Fitur Office 365 selalu diperbarui secara otomatis. Fitur terbaru tersebut bisa langsung Anda nikmati tanpa membayar biaya tambahan
  • Bisa Dipakai di Semua Perangkat. Tidak cuma bisa dipakai di 1 PC, Anda bisa pakai dan instal Office 365 di laptop Windows, laptop macOS, smartphone, dan tablet
  • Bonus Cloud Storage 1 TB. Memudahkan Anda untuk simpan data dan mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. Tidak perlu repot-repot bawa flashdisk atau hardisk lagi
  • Dukungan penuh. Pengguna Office 365 akan mendapat dukungan bantuan baik melalui email, telepon, atau chat.

Kekurangan Office 365

  • Lebih Mahal. Karena sifatnya berlangganan, Anda harus membayar per bulan atau per tahun. Sementara itu, walau Office biasa lebih mahal namun bisa dipakai selamanya. Jika ingin yang lebih ekonomis lebih baik pilih Office biasa
  • Membutuhkan Jaringan Internet. Untuk mendapatkan performa maksimal dan fitur yang up to date, Office 365 harus terus menerus terhubung ke internet. Jika tidak, lebih baik pilih Office biasa.

Office 365 adalah pilihan tepat untuk Anda yang suka bekerja dengan aplikasi office yang selalu up to date. Harga Office 365 lebih murah dibanding Office 2019. Hanya saja sistem pembayarannya adalah berlangganan, tidak seperti Office biasa yang sifatnya beli putus. Keunggulan utama Office 365 ada di fiturnya. Fitur Office 365 selalu diperbarui setiap saat tanpa biaya tambahan. Selain itu, Office 365 juga bisa dipakai di berbagai perangkat seperti: laptop Windows, MacBook, serta smartphone dan tablet Android atau iOS.

Leave a Comment