Review Nintendo Switch Lite: Layak Kah Untuk Dibeli?

Setelah penjualan Switch pertama cukup tinggi, Nintendo merilis Nintendo Switch Lite yang memiliki desain yang cukup berbeda. Harga yang dibanderol Nintendo Switch Lite juga relatif lebih murah dibandingkan versi originalnya. Secara spesifikasi, banyak pemangkasan yang tak akan Anda temukan pada versi Lite ini karena dibanderol dengan harga yang lebih murah. Seperti yang kita ketahui bahwa Nintendo Switch merupakan konsol hybrid yang mencoba menggabungkan fungsi konsol handheld dengan konsol rumahan. Ini yang membuat Nintendo dikenal oleh para gamers sebagai produsen yang memiliki penggemar setianya.

Nintendo Switch Lite

Begitu juga ukurannya, Switch memiliki ukuran layar touchscreen berukuran 6.2 inci. Sedangkan untuk versi Lite, ukurannya hanya 5.2 inci. Pada kali ini, Gagastekno akan memberikan sedikit ulasan tentang Nintendo Switch Lite. Apakah perbedaannya dengan versi aslinya? Apakah layak untuk dibeli?

Desain Nintendo Switch Lite

Secara bentuk, Nintendo Switch Lite tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Akan tetapi pada versi lebih ringkasnya ini, Anda tak akan menemukan Joy-Con Controller pada versi Lite ini. Konsol handheld ini mengingatkan kita terhadap konsol handheld dari Sony yang keluar beberapa tahun lalu yakni PSP atau PlayStation Portable. Sedangkan secara ukuran, Switch Lite memiliki dimensi ukuran 3.6 x 8.6 x 0.55 inci dan layar touchscreen berukuran 5.2 inci.

Nintendo Switch Lite

Secara ukuran memang agak lebih kecil dibandingkan versi awalnya, namun ketebalannya tetap sama. Selain itu, berbeda dengan Switch awal, Switch Lite hadir dengan varian warna cerah yang beragam. Konsol ini bagi kami sangat cocok untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas.

Fitur-fitur Apa Saja Yang Ada dan Tidak Ada?

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa terjadi banyak pengurangan fitur pada Switch Lite ini terutama controller Joy Con-nya. Tak hanya Joy-Con controller yang tak akan Anda temukan, Nintendo Switch Dock tidak disertakan pada paket penjualan Nintendo Switch Lite. Hal ini dikarenakan tidak mendukungnya fitur hybrid console.

Nintendo Switch Lite

Alhasil, alih-alih sebagai konsol hybrid, Switch Lite hanyalah konsol handheld biasa seperti konsol-konsol handheld pendahulu dari Nintendo. Pengurangan fitur karena tidak adanya Joy Con Controller adalah Anda tidak akan lagi menemukan fitur HD Rumble atau IR Motion Camera. Maka dari itu, Anda tidak bisa bermain game secara multiplayer dengan atau menggunakan TV HD.

Secara otomatis game-game yang mendukung versi Lite ini hanya game yang tidak banyak fitur-fitur interaktif. Tapi Anda tak usah khawatir, karena Nintendo Switch banyak judul-judul bagus dengan berbagai genre, sebut saja The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Pokemon Let’s Go, Super Mario Odyssey, Luigi’s Mansion, dan masih banyak lagi. Bagi saya sendiri, karena Nintendo Switch aslinya hanya bisa mendukung TV dengan resolusi HD, sepertinya tidak disertainya fitur Switch Dock tidak begitu signifikan karena visual yang ditampilkan TV resolusi HD tidak begitu tajam.

Apakah Layak Membeli Nintendo Switch Lite?

Bukan hanya karena banyak fitur yang dikurangi, Nintendo mengurangi unsur fun pada konsolnya ini. Anda tak perlu khawatir karena pengurangan fitur juga diserta banyak kelebihan diantaranya adalah ukurannya yang lebih kompak yang meringankan beban Anda ketika membawa konsol ini bepergian.

Selain itu, harga yang dibanderol pada konsol terbaru Nintendo ini sangatlah terjangkau. Kisaran harga Switch Lite yang dibanderol adalah sekitar 2.8 juta. Anda bisa menghemat 1.2 juta apabila Anda hanya ingin memainkan game-game eksklusif Nintendo yang terkenal memilki unsur fun yang adiktif.

Nintendo Switch Lite

Tak hanya itu saja, ada hal lain yang dipamerkan oleh Switch Lite ini yakni daya tahan baterai yang lebih lama (meski hanya setengah jam) dibandingkan dengan seri originalnya. Kami mencoba memainkan The Legend of Zelda: Breath of the Wild, dan hasilnya konsol handheld ini bisa bertahan hingga mencapai 4 jam.

Bagaimana dengan kenyamanannya? Nah ini yang menurut kami yang menjadi poin utama dari Switch Lite. Ukuran yang mengecil ternyata menjadi poin plus dari Switch Lite. Anda dapat bermain dengan lebih lama dan dengan nyaman, terlebih lagi dengan desain yang ergonomis.

Bagi kami, Switch Lite adalah konsol alternatif untuk Anda yang penasaran memainkan game-game rilisan Nintendo. Apakah layak dibeli? Bagi kami sangat layak!

Leave a Comment