3 Kamera 360 Derajat Harga & Spesifikasi Terbaru 2019

Kamera 360 derajat mulai menjamur di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Dikenalkan dan dipopulerkan tahun 2015, keberadaan kamera 360 derajat dianggap unik dan keren. Google saat itu mulai mencetuskan video 360 derajat di jagat Youtube. Perusahaan itu melalui Youtube menggandeng pengembang teknologi kamera seperti Ricoh Theta, Giroptic 360 Cam, IC Real Tech Allie, Kodak SP360, dan Bulbcam untuk mempersiapkan kehadiran kamera jenis ini. Di mana hasilnya, Youtube pun bisa menampilkan hasil video 360 derajat.

Seiring makin berkembangnya teknologi ini, Facebook pun tak mau ketinggalan memperkenalkan kamera 360 derajat miliknya. Karena fitur ini, Anda bisa membagikan video 360 derajat di laman media sosial tersebut. Selain itu, kini Adobe Premiere Pro juga sudah menghadirkan fitur ini.

rekomendasi kamer 360 derajat 2019

Pengertian dan Kegunaan Kamera 360 Derajat

Belum tahu pasti siapa yang mempolerkan adanya teknolgoi ini. Pastinya, teknologi ini berkembang berkat kebutuhan dan merebak banyaknya vitur VR (virtual reality) yang kembali booming tahun 2016. Dengan kamera 360 derajat, pengguna dan penikmat foto ataupun videonya bisa melihat secara keseluruhan suatu objek atau tempat.

Melalui citraan foto dan video 360 derajat memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan bagian samping atau belakang dari video tersebut. Pengalaman menonton video 360 derajat akan menyajikan sebuah pengalaman yang terasa lebih nyata dan terasa seperti aslinya. Sekilas, memang teknologi kamera ini keren banget dipamerkan di mesia sosial. Namun, nyatanya keberadaan kamera 360 derajat dan hasil foto maupun videonya ini punya kegunaan tersendiri lho.

rekomendasi kamer 360 derajat terbaik

Mekanisme Kerja Kamera 360 Derajat

Bagi Anda yang ingin merasakan melihat sudut pandang 360 derajat layaknya memutarkan kepala, gunakanlah ponsel pintar Anda. Mengapa? Hal ini karena ponsel pintar sudah mumpuni untuk menikmati video dan foto 360 derajat ini. Kita bisa menggunakan layar sentuh pada ponsel untuk menggeser sudut pandang yang ingin dilihat. Ketika Anda menonton video di Youtube, akan ada 4 tombol navigasi untuk memudahkan kita menonton video 360 derajat tersebut.

Tak hanya lewat ponsel pintar saja bisa menikmati teknologi ini, sebab pengguna yang mengakses melalui website Youtube atau Google Chrome juga bisa melakukan hal yang sama dengan menggunakan mouse sebagai navigasi. Menggerakan mouse atau touch screen akan menyajikan jarak pandang video yang lebih luas dan tanpa batas.

rekomendasi kamer 360 derajat terbaru

Jadi Pasar Potensial

Dukungan terhadap teknologi ini mulai berdatangan dari berbagai pihak sehingga masyarakat lebih mudah mencerna informasi tentang kamera 360 derajat. Dalam proses kerjanya, kamera ini mempunyai dua–atau lebih–lensa fisheye dengan jangkauan 180 derajat. Setiap lensa tersinkronisasi untuk mengambil dan menggabungkan gambar secara bersamaan.

Masih baru dan kecilnya perkembang di dunia membuat keberadaan kamera ini jadi pasar potensial di berbagai negara. Belum lagi perkembangan teknologi yang makin pesat, dibarengi dengan riset-riset mumpuni yang akan membuat lebih sempurna teknologi kamera 360 derajat ini di masa depan.

rekomendasi kamer 360 derajat baru

Bayangkan, berbagai pertandingan olah raga dimana sensasi menonton serasa di stadion aslinya bisa disajikan di rumah Anda? Bukankah canggih dan menyenangkan bukan?

Rekomendasi Kamera 360 Derajat Terbaru

Saat ini sudah ada beberapa vendor kamera canggih yang sudah meluncurkan kamera 360 derajat terbarunya. Mungkin ketika pertama meluncur harganya memang mahal. Namun, seiring berganti tahun kamera yang punya banyak keunggulan diantara bisa membuat video VR ini juga sudah dijual dengan harga murah. Berikut 3 kamera 360 derajat yang jadi rekomendasi yang bisa Anda beli.

1. Samsung Gear 360 (2017)

Jadi merk yang tak hanya menghadirkan ponsel pintar kualita nomor wahid, Samsung juga meluncurkan kamera jenis ini beberapa tahun lalu. Kamera 360 derajat dari Samsung cukup layak diandalkan karena memiliki kualitas dan hasil gambar benar-benar kelas atas. Walaupun, kamera ini baru mendukung perangkat smartphone Samsung high class seperti Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

Samsung Gear 360 (2017)

Keunggulan dan spesifikasi dari Samsung Gear 360 diantaranya adalah mampu merekam video hingga resolusi 4K. Selain itu, cukup hemat baterai karena mampu merekam 130 menit karena kapasitas baterainya hingga 1.160 mAh. Sudah didukung pula dengan slot kartu memori hingga 256 GB. Dengan berbagai keunggulannya tersebut, Samsung Gear 360 dijual dengan harga Rp 1.700.000.

2. Brica Insta360 One X

Selanjutnya adalah kamera besutan Brica. Keunggulannya yakni mampu merekam video hingga kualitas 5.7K @30fps, 4K @50fps dan 3K @100fps. Selain itu, sudah dilengkapi dengan teknologi HDR (high dynamic range) yang membuat hasil perekaman dan pengambilan gambarnya makin mantap. Keunggulan lainnya dari segi fitur built-in dengan kapasitas baterai 1.200 mAh yang mampu merekam non-stop hingga 60 menit.

Brica Insta360 One X

Dibekali sensor Sony CMOS berukuran 1/2.3 yang cukup canggih dan tentunya dengan bukaan F2.0 aperture yang membuatnya tetap garang di cahaya rendah. Dengan segala kemampuan tersebut, Brica Onsta360 One X dijual dengan harga Rp 6.999.000.

3. Kodak PIXPRO SP360 4K

Tak mau kalah, Kodak juga mengeluarkan kamera andalannya. Kameranya memiliki kualitas video UHD @30 fps yang dibekali dengan lensa 235 derajat built-in, tidak hanya itu kamera ini juga hadir dengan dua bagian kamera yang dapat digunakan secara bersamaan. Kodak juga melengkapi keunggulan kameranya dengan aplikasi PIXPRO 360 VR Suite gratis.

Kodak PIXPRO SP360 4K

Kompatibel dengan Mac (mulai MacOS 10.10) dan Windows 7 (dan spesifikasi lebih tingg),  kamera ini menawarkan kepada Anda alat dan fungsi berikut untuk membawa foto dan video 360 ° Anda ke tingkat berikutnya. Anda juga menyaksikan hasil video secara real time melalui sambungan Wifi di perangkat Anda. Dengan segala keunggulannya, kamera ini dijual dengan harga USD 499.99 atau Rp 7.139.000.

Leave a Comment