Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenis dan Tips Memilih)

Screen proyektor merupakan sebuah benda yang digunakan untuk menjadi layar penampil dari gambar yang dikeluarkan oleh mesin proyektor. Sebenarnya, proyektor sendiri dapat menampilkan gambarnya dimana saja, namun dengan menggunakan mesin proyektor, gambar yang ditampilkan menjadi lebih rapi dan baik. Untuk menghasilkan tampilan gambar yang keluar dari proyektor lebih sempurna, Anda harus memperhatikan beberapa aspek dari screen proyektor ini. Di samping itu, sebelum Anda membeli atau memilih layar proyektor untuk kebutuhan presentasi atau yang lain untuk kantor Anda, Anda sebaiknya mengenali jenis-jenis dan ukuran screen proyektor. Sebelum kami jelaskan tentang screen proyektor kami akan memberikan link dengan proyektor karena screen proyektor tidak akan berfungsi secara maksimal tanpa proyektornya itu sendiri, kami telah membuat artikel tentang mini proyektor murah yang dapat Anda kunjungi.

Berikut, kami akan memberikan informasi jenis-jenis layar proyektor yang mungkin cocok untuk kebutuhan Anda. Mari ikuti kami.

Screen Proyektor

  1. Manual Pull Down Screen

Jenis layar proyektor ini umumnya memiliki kontroler self lock yang berfungsi untuk mengunci ketika layar proyektor terbuka sehingga layar sudah siap menampilkan hasil gambar yang dikeluarkan oleh proyektor. Screen proyektor jenis manual pull down screen biasanya digunakan ditembok, dinding, atau bagian paling atas papan tulis. Ketika sudah selesai digunakan, Anda cukup menarik ke bawah lalu, screen proyektor akan menggulung ke atas seperti sedia kala.

Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenisnya dan Tips Memilih)

  1. Motorized Screen

Untuk jenis proyektor kedua ini pada dasarnya cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan layar proyektor tipe manual pull down. Yang membedakan jenis monotrized screen dengan manual pull down adalah Anda dapat menggunakan jenis proyektor ini dengan menggunakan remote karena jenis screen proyektor ini disertakan dengan motor penggerak turbular dan synchronous. Kedua motor tersebut memiliki fungsi masing-masing, diantaranya:

  1. Turbular Motor: Penggulung layar proyektor karena bentuknya yang seperti tabung.
  2. Synchronous Motor: Motor ini bekerja karena didukung dengan gear-gear yang menggulung dan mengeluarkan layar proyektor.

Selain itu, karena jenis layar proyektor ini menggunakan dua jenis motor yang disebutkan sebelumnya sebagai penggerak, Anda harus menyambungkan layar proyektor ini dengan aliran listrik.

Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenisnya dan Tips Memilih)

  1. Tripod Screen

Seperti yang sering kita dengar bahwa pada kamera fungsi tripod adalah meletakkan kamera diatasnya agar hasil jepretan lebih stabil. Begitu juga dengan fungsi tripod pada layar proyektor jenis ini. Tripod disini digunakan sebagai kaki penyangga ketika layar ini digunakan. Dapat dikatakan jenis layar ini adalah salah satu yang fleksibel karena Anda dapat menggunakannya dimana saja karena Anda tidak perlu memasangnya secara permanen di dinding atau semacamnya.

Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenisnya dan Tips Memilih)

  1. Portable Screen

Seperti namanya, jenis layar ini disediakan untuk Anda yang memiliki membutuhkan alat yang memiliki portabilitas tinggi. Layar ini seperti tripod screen, dapat digunakan dimana saja, namun, Anda tidak perlu menggunakan tripod untuk mendirikannya karena layar jenis ini sudah memiliki kerangka di bagian belakangnya.

  1. Table Screen

Jenis layar ini juga seperti dengan kedua jenis layar yang kami sebutkan sebelumnya, yakni memiliki portabilitas yang mampu menemani Anda yang bermobilitas tinggi. Jenis layar proyektor ini umumnya berukuran kecil karena seperti namanya, layar proyektor ini diletakkan di atas meja. Namun ketika menggunakannya, Anda sebisa mungkin menyesuaikannya dengan lebih presisi agar gambar yang ditampilkan tampak lebih sempurna.

Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenisnya dan Tips Memilih)

  1. Fast Fold Screen

Umumnya jenis layar ini ukurannya dapat dikostumisasi karena biasanya layar jenis ini memiliki ukuran yang besar yang mungkin lebih besar daripada ukuran dua jenis proyektor yang kami sebutkan pertama kali. Jenis layar ini harus menggunakan kerangka dan pondasi yang kokoh agar kuat menahan layar proyektor dan membuat layar terpasang kencang.

Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenisnya dan Tips Memilih)

  1. Fixed Frame Screen

Jenis yang terakhir adalah fixed frame screen. Jenis layar ini dipasang secara semi permanen karena pada bagian pinggir terdapat bingkai. Bila Anda sedang membanugun home theater, jenis layar ini adalah yang paling tepat. Selain itu, jenis layar ini sering digunakan di tempat-tempat semacam cafe, restoran, meeting room, dan yang lainnya.

Screen Proyektor (Mengenali Jenis-jenisnya dan Tips Memilih)

Sebisa mungkin ketika memilih layar, Anda harus mengetahui jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika ingin melakukan presentasi untuk kantor Anda tidak mungkin menggunakan table screen. Atau ketika Anda ingin menonton film kesayangan Anda, alih-alih menggunakan jenis tripod, kami sarankan menggunakan jenis fixed frame. Bagaimana? Sudah menentukan layar mana yang akan Anda pilih?

 

Leave a Comment