Apa itu Cache ? Inilah Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Cache jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah “tembolok.” Sebenarnya pengertian apa itu cache serta fungsi dan jenis cache tidak jauh berbeda dari artinya. Jika cache atau yang diartikan sebagai tembolok artinya adalah tempat untuk menyimpan sementara, maka begitu juga dengan pengertian cache yang sebenarnya. Apa sih pengertian cache ? Apa fungsi cache ? dan apa saja jenis cache ? Semuanya akan dibahas di artikel ini.

Pengertian Cache pada Hp atau Komputer

Istilah Cache seringkali Anda temukan di perangkat teknologi hp atau komputer. Cache adalah suatu mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan perangkat untuk menyimpan data atau instruksi perintah software atau data yang sering diakses. 

Apa Itu Cache

Jadi bisa dibilang cache adalah cara perangkat menyimpan data software yang di mana data-data tersebut adalah data yang akan dipakai lagi ketika kita mengakses ulang software. Data yang disimpan sebagai cache sifatnya sementara artinya bisa sewaktu-waktu dihapus atau diperbaharui. Masih bingung tentang pengertian cache ? Kita kasih contohnya ya. Misalkan Anda gunakan browser untuk mengunjungi suatu situs.

Nah, ketika Anda kunjungi situs tersebut untuk pertama kali, browser pada hp atau komputermu akan secara otomatis menyimpan data dari situs tersebut. Tujuannya adalah supaya jika suatu saat Anda mengakses situs itu lagi, maka browser tak perlu lagi meminta data yang sama ke server internet. Keuntungan dari cache adalah membuat aplikasi atau data bisa dibuka lebih cepat.

Fungsi Cache pada Hp, Komputer, dan Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas fungsi utama cache adalah membuat aplikasi dan data lebih cepat dibuka. Karena perangkat sudah menyimpan data penting dari situs yang diakses maka ketika Anda membuka situs itu lagi akan terasa lebih cepat.

Fungsi cache tidak hanya untuk membuat situs lebih cepat di-loading tapi juga untuk menghemat kuota internet. Karena data-data yang bersifat penting sudah diunduh oleh sistem, maka perangkat tak perlu lagi terus menerus mengunduh data yang sama ketika Anda mengakses situs yang sama berulang kali. Cache tidak hanya bisa Anda temukan di browser saja, semua aplikasi di hp pintar atau smartphone dan komputer menggunakan cache. Tujuannya sama yaitu supaya aplikasi lebih cepat dibuka.

Apa Itu Cache

Namun sayangnya, cache seperti pedang bermata dua. Cache punya fungsi yang positif namun juga ada yang hal negatif yang diakibatkannya. Di satu sisi cache dapat membantu Anda membuka aplikasi lebih cepat. Namun di sisi lain, cache akan memenuhi penyimpanan internal hp atau komputermu. Jika data cache dibiarkan terus menumpuk akan mengakibatkan memori hp atau komputer Anda kepenuhan dan membuat aplikasi “Not Responding.”

Cara Menghapus Cache pada Hp atau Komputer

Bagaimana cara tepat untuk menangani cache pada hp atau komputer ? Apakah cache harus dibiarkan begitu saja ? Atau harus segera dihapus ? Menghapus cache dengan segera tentu akan membuat kinerja aplikasi terganggu. Karena data cache yang seharusnya digunakan untuk mempercepat aplikasi malah dihapus. Sementara itu, jika cache dibiarkan terus menerus akan terus menggerus memori penyimpanan Anda.

Maka dari itu, cara terbaik untuk menangani cache adalah hapus secara rutin dalam jangka waktu tertentu, misalnya 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Maka dengan begini, cache yang dibutuhkan masih tetap bisa digunakan aplikasi dalam jangka waktu tertentu dan jika ada cache yang tidak terpakai bisa dihapus dari dalam memori. Bagaimana sih cara menghapus cache pada hp atau komputer ?

Apa Itu Cache

Cara mudah menghapus cache adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jika kamu ingin menghapus cache di hp kamu bisa instal aplikasi cache cleaner yang bisa didownload di Play Store atau App Store. Sementara itu, jika Anda ingin menghapus cache di komputer bisa dengan download aplikasi cache cleaner populer seperti CCleaner.

Jenis Jenis Cache pada Hp atau Komputer

Cache sangat erat kaitannya dengan hp atau komputer. Ini disebabkan karena hp dan komputer adalah perangkat yang menggunakan cache ketika beroperasi. Jenis cache pada umumnya ada 4, yaitu:

1. CPU Cache

CPU Cache adalah jenis cache yang digunakan pada processor (CPU) untuk mempercepat akses data dari memori utama. Kapasitas cache pada processor biasanya sangat kecil, tapi bisa menyimpan salinan data dari memori yang sering digunakan. Kebanyakan CPU Cache digunakan pada processor komputer. Processor komputer biasanya dibekali L3 atau L2 Cache sementara itu komputer lawas hanya dibekali L1 Cache dengan kapasitas lebih rendah.

2. Disk Cache

Disk Cache adalah cache yang digunakan untuk mempercepat akses file dan aplikasi. Berbeda dari CPU Cache yang letaknya di processor, Disk Cache letaknya ada di RAM. Data yang baru diakses dari hard disk akan disimpan secara sementara di dalam RAM sehingga jika Anda membukanya lagi akan terasa lebih cepat. Dengan bantuan RAM, hp dan komputer akan lebih cepat membuka data dan aplikasi yang paling sering diakses. Selain itu, mengakses data dari RAM jauh lebih cepat dibanding dari hard disk maka dari itu, semakin besar kapasitas RAM maka semakin kencang performa hp atau komputer Anda.

3. Cache Browser Internet

Cache browser internet adalah data dari sebuah situs yang disimpan oleh browser. Tujuan browser menyimpan data cache tersebut adalah untuk mempercepat loading situs ketika suatu saat Anda mengunjungi situs yang sama. Biasanya ketika kita membuka halaman situs untuk pertama kali akan terasa lambat bukan ? Itu karena browser selain loading situs juga menyimpan beberapa data cache ke dalam memori perangkat. Setelah situs tersebut Anda buka kembali pasti akan terasa lebih cepat karena browser menggunakan cache yang sudah tersimpan di dalam memori.

4. Cache Server

Cache server adalah perangkat cache khusus berbentuk server yang biasanya digunakan untuk menyimpan data situs atau laman web. Cache server biasanya digunakan pada komputer yang saling terhubung ke dalam jaringan Local Area Network (LAN). Dengan bantuan cache server, setiap komputer yang ada di dalam jaringan LAN bisa mengakses laman web dengan cepat karena data cache sebelumnya sudah pernah diakses oleh pengguna lain.

Nah itu, dia pengertian apa itu cache ? apa fungsi cache ? dan jenis jenis cache. Cache adalah sistem penyimpanan data bersifat sementara yang tujuannya untuk mempercepat aplikasi atau data ketika dibuka kembali. Fungsi cache adalah untuk mempercepat perangkat membuka aplikasi atau data yang sering diakses. Dan cara terbaik untuk menangani cache adalah dihapus secara rutin dalam jangka waktu tertentu misalnya 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Demikian informasi tentang apa itu cache, semoga bermanfaat.

Leave a Comment