Review Samsung NX Mini: Spesifikasi & Harga Terbaru (Murah!)

Samsung NX Mini adalah salah satu kamera mirrorless yang cukup mungil dan ringkas dari segi desain. Samsung meluncurkan kamera ini sekitar 4 tahun lalu. Meski hingga saat ini belum diketahui resmi atau tidaknya beredar di Indonesia, NX Mini menjadi pilihan tersendiri bagi penggunanya. Desainnya yang hadir dengan berbagai warna juga menambah keunikan dari kamera ini.

Saat ide kamera berbentuk mini muncul di Indonesia, ukuran lensa masih jadi masalah. Lensa kecil tentu hanya bisa didukung oleh sensor gambar yang kecil yang akan mempengaruhi performa ketika mengambil gambar. Jika ingin mencari kamera dengan desain kecil, maka pertimbangkanlah kamera yang punya sensor kecil yang tidak terlalu kecil, misalnya sensor 1 inci. Di mana Samsung NX Mini adalah salah satunya.

review samsung nx mini spesifikasi

Harga Samsung NX Mini

Setelah mengorbit selama 4 tahun, harga Samsung NX Mini sudah turun drastis di pasaran. Awalanya, NX Mini dibanderol dengan harga Rp 4-5 jutaan dengan spesifikasi yang sudah dibekalkannya dengan lensa kit 9-27 mm f3.5-5.6 OIS. Saat ini, NX Mini bisa Anda beli dengan harga Rp 1.999.000.

Fitur dan Spesifikasi Samsung NX Mini

Kesan pertama yang muncul ketika melihat kamera ini adalah desainnya yang ramping dan mungil serta hadir dengan berbagai warna. Namun, dibalik desainnya yang menarik tersebut, terdapat berbagai keunggulan dan spesifikasi yang juga dihadirkan oleh NX Mini. Apa saja?

review samsung nx mini harga 2019

1. Desain dan Tampilan Ringkas

Sudah disinggung sebelumnya, NX Mini punya tampilan yang mungil dan ringkas. Hal ini yang membuatnya cukup menarik bagi pengguna. Desainnya yang tipis diklaim nyaman digenggam pengguna. Wajar saja, ketebalan dari kamera ini hanya 22.5 mm dengan berat 196 gram saja. Kemudian yang paling unik juga yakni layar kameranya bisa ditekuk ke atas sehingga memudahkan Anda vlog atau selfie.

review samsung nx mini harga

2. Fitur yang Dibekalkan

Samsung NX Mini hadir dengan sederet fitur yang dibekalkan pada kamera ini. Diantaranya adalah sudah adanya fitur NFC dan WiFi.Fitur tersebut membuat Anda tak perlu lagi kerepotan ketika akan memindahkan file dari kamera ke smartphone Anda. Selain itu, karena NX Mini juga menggunakan kartu MicroSD sehingga pemindahan langsung ke perangkat ponsel pun lebih mudah (bagi yang support eksternal MicroSD).

review samsung nx mini terbaik

3. Kemampuan Foto dan Prosesor Kamera

Meski hanya dibekali sensor 1 inci dan tidak menggunakan sensor APS-C, NX Mini masih berperforma cukup maksimal. Namun, tentunya tidak akan semaksimal menggunakan sensor APS-C karena crop pada gambar akan cukup berpengaruh pada kamera ini. Selain itu, fitur dan pelengkap seperti build-in flash juga sudah ada. Fitur standar ini jadi cukup memiliki hasil yang menakjubkan jika digunakan bersama.

NX Mini juga sudah dibekali dengan rentang ISO 160-12800, meski dalam cahaya minim kamera ini kurang bisa diandalkan. Ada format RAW dan bisa mengatur sebebasnya dengan mode Manual. Sementara untuk pengambilan video, Samsung NX Mini sudah dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization). Adanya OIS jadi keunggulan tersendiri ketika pengambilan video karena Anda bisa mendapatkan gambar yang cukup stabil. Meski untuk menemukan titik fokus cukup lambat.

review samsung nx mini murah

4. Spesifikasi Lengkap Samsung NX Mini

Valid Fixel20.5 Megapiksel
Optical Sensor Type / SizeCMOS, 13.2 x 8.8 mm
ISO160-12.800
Resolusi Gambar/ VideoUp to 1080 @30fps
Lensa Kit9-27 mm f3.5-5.6 OIS
Image stabilizationOptical
Shutter Speed30 – 1/16000 per detik
LCD Display3 inci, touchscreen 320 x 480 piksel TFT
PenyimpananMicroSD
KoneksiNFC, WiFi, MicroUSB, HDMI D, USB 2.0

Kesimpulan: Beli Samsung NX Mini Setelah 4 Tahun?

Samsung NX Mini memiliki berbagai keunggulan yang bisa diandalkan. Mulai dari body-nya yang ringkas hingga kemampuannya yang cukup melebihi versi standar mirrorless compact. Namun, untuk Anda yang mencari kamera vlog yang bisa dipasang kamera, maka kamera ini tidak cocok. Karena NX Mini tidak menyediakan mic port. Anda hanya bisa mengandalkan suara yang direkam dari kamera ini.

Beda halnya bagi Anda yang menginginkan kamera yang ringkas dan tidak ribet dibawa kemana-mana. Anda bisa memanfaatkan kamera ini. Selain harganya yang super murah, kemampuan dari kamera seharga 2 jutaan ini juga tak kalah dengan pesaingnya.

Leave a Comment