Review Sony A5100 Mirrorless (Spesifikasi Terbaru)

Sony A5100 adalah kamera mirrorless dengan ukuran yang sangat ringkas namun dengan performa yang menakjubkan. Kamera ini memiliki fitur dan teknologi yang memiliki banyak kesamaan dengan Sony A6000. Kedua kamera tersebut sama-sama menggunakan APS-C 24MP, autofocus hybrid, dan prosesor BionZ-X sehingga kamera ini sangat mumpuni untuk mengikuti subjek yang bergerak.

Walaupun ketiga hal tersebut memiliki kesamaan, bodi yang dihadirkan pun lebih ringkas dari pendahulunya, yakni A5000. Banyak orang yang mengira bahwa A5100 adalah pengganti dari A5000. Namun, sebenarnya, kamera mirrorless ini adalah pengganti Sony NEX 5T. Kamera mirrorless besutan Sony ini diklaim sebagai kamera dengan interchangeble lens dengan sensor APS-S dan flash terintegrasi terkecil.

Review Sony A5100 Mirrorless (Spesifikasi Terbaru)

Fitur dan Performa Sony A5100

Kamera ini menampilkan sebuah gambar yang jelas dan cerah sehingga warna-warna yang hadir sangat tajam. Saturasinya juga ada pada tingkatan yang baik. Selain itu, warna dapat Anda sesuaikan warna yang dikeluarkan secara langsung dengan menggunakan fitur Creative Style. Kamera ini juga terdapat beberapa opsi yang mampu mengubah gaya seperti Vivid, Potrait, Black and White, dan Landscape.

Fitur lain yang menakjubkan bagi kami dari A5100 adalah fungsi Dynamic Range Optimizer yang membantu Anda untuk exposeure yang seimbang ketika pemandangan yang dihadapkan di satu tempat lebih gelap atau terang daripada sisanya. Ada 5 tingkatan yang dapat Anda pilih. Bagi kami level 1-4 masih terlihat baik daripada level 5.

Sebagaimana A5000, A5100 tidak memiliki hot-shoe atau konektor port untuk flash eksternal. Flash yang sudah terintegrasi ini dapat diarahkan untuk memantulkan cahaya ke plafon. Bila dibandingkan dengan Sony A6000, kecepatan foto berturut-turut A5100 lebih lambat dari A6000 yang mampu memotret lebih cepat 11 foto perdetik. Kamera mirrorless besutan Sony ini dihadirkan dengan autofokus yang cepat yang memudahkan akurasi fokus ketika menangkap subjek bergerak.

Jika Anda perhatikan seri A6000, Anda tidak akan menemukan electronic viewfinder di A6000. A5100 datang sebagai kamera yang menghadirkan fitur tersebut. Kamera mirrorless ini memiliki layar touchscreen 3 inci dengan resolusi 921K piksel. Bagi Anda yang gemar berselfie, kamera mirrorless ini sangat cocok untuk itu karena layar sentuhnya dapat dilipat 180° menghadap ke arah wajah Anda.

A5100 bagi kami adalah kamera yang cukup responsif. Anda tidak akan menemukan shutter lag dan autofocusnya pun cepat. Kinerjanya hampir menyamai DSLR semi pro. Sensor 24 MP pada A5100 memiliki kualitas yang dapat disandingkan dengan kameran modern lainnya. Kualitas ISOnya mencapai ISO 1600. Tak hanya itu kamera ini mampu menjaga kehadiran noise yang terlalu banyak.

Kamera Mirrorless yang Dilengkapi Sistem AF Hybrid

Ada hal yang membuat A5100 patut menjadi kamera yang upgradable jika sebelumnya Anda menggunakan A5000. AF hybrid A5100 sudah diperbaiki sedemikian rupa, hasilnya pun lebih baik dibanding seri A5000. Namun sistem deteksi kontras yang dimiliki A5100 masih sama menggunakan NEX-5T. Walaupun masih menggunakan sistem pendeteksi kontras yang sama dengan A5000, ada perbedaan dari kedua kamera tersebut, yakni titik deteksi fase yang meningkat, dari 99 menjadi 179. Tentunya angka ini cukup signifikan. Titik deteksi ekstra memiliki kegunaan sebagai pemberi cakupan yang lebih luas untuk kamera ini. Dari framing sekitar 92%. Hal ini memungkinkan fase deteksi AF bekerja dengan lebih baik, bahkan pada subjek yang bergerak.

Review Sony A5100 Mirrorless (Spesifikasi Terbaru)

Kesimpulan

Sony A5100 merupakan sebuah kamera pemula dengan fitur dan performa layaknya kamera semi-pro. Dengan sensor 24 MP gambar yang dihasilkan pun lebih mendetil. Bagi Anda yang suka membuat atau merekam video, kamera ini sangat amat bisa diandalkan. A5100 mampu mengatur eksposur secara manual saat merekam video. Kamera ini juga terdapat dual recording mode AVCHD. Rekaman video lebih terbantu ketika autofocus karena Hybrid AF-nya. Yang menurut kami agak kurang dari kamera ini adalah fitur memotret ketika merekam video. Selain itu, baterainya juga kecil, akhirnya dayanya pun habis dengan lebih cepat. Namun, dari segala kekurangannya Sony 5100 merupakan kamera mirrorless kecil dengan performa semi-pro. Ringkas namun tangkas.

Spesifikasi Sony A5100

Sensor
Resolusi Kamera24.3 Megapiksel
Resolusi Maksimal1920 x 1080 piksel
Rasio Gambar3:2
Tipe SensorAPS-C
ProcessorBionz X
Optik dan Fokus
AutofocusFast Hybrid AF
Digital Zoom4x
Manual FocusYes
Fitur Image
ISO100 – 25600
White Balance 10
Image StabilizationNo
Format GambarJPEG, RAW
Resolusi VideoFull HD 1920 x 1080 60fps
Format VideoAVCHD
Screen/Viewfinder
Jenis LayarLCD TFT, Touch Screen
Ukuran Layar3.0 inci
Resolusi layar921.600 dots
Viewfinder No
Coverage
Magnification0.71x
Fitur Lainnya
Shutter Speed1/4000 sec
Aperture PriorityYes
Shutter PriorityYes
Manual ExposureYes
Continuous Shoot6 fps
Metering ModeMulti, Center Weighted, Spot
Exposure 1-6 EV Level 1.0
Konektivitas
USBMikro USB
HDMIYes
MicrophoneYes
HeadphoneNo
Wi-FiYes
BluetoothYes
Remote ControlYes, N3 Type Wireless Controller

 

Leave a Comment