Cara Membuat Jaringan LAN (Mudah dan Cepat)

LAN atau singkatan dari Local Area Network digunakan untuk menghubungkan antara satu perangkat komputasi dengan yang lainnya dalam satu atap. Perangkat komputasi tersebut bisa bermacam-macam seperti komputer, printer, server, telepon IP, atau gateway. Pada dasarnya, LAN hampir mirip dengan internet, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Umumnya LAN digunakan untuk berbagi file seperti mengirim gambar, video, dan musik ke komputer lain, tersambung dengan mudah ke printer, dan juga bermain game bersama teman melalui sambungan LAN. Berikut adalah cara membuat jaringan LAN di rumah atau di kantor.

Cara Membuat Jaringan LAN

Cara Membuat Jaringan LAN: Lengkapi Peralatannya

Untuk membuat jaringan LAN, maka Anda membutuhkan:

  • Network switch atau router
  • Kabel ethernet sejumlah perangkat yang ingin disambungkan
  • Komputer
  • Semua perangkat yang akan disambungkan

Cara Membuat Jaringan LAN: Sambungkan Komputer Pertama

Jika network switch atau router Anda masih baru, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan pengaturannya terlebih dahulu. Lakukan hal ini dengan cara menyambungkannya ke komputer melalui kabel ethernet.

Pada komputer Windows: Apabila Anda menyambungkan network switch atau router baru, maka akan muncul wizard ‘Set up a network’ untuk membantu Anda melakukan pengaturan dengan lebih mudah. Bila tidak muncul, atau Anda pernah menggunakan router tersebut sebelumnya, Anda bisa membuka menu Network and Sharing Centre melalui Control Panel, kemudian pilih opsi ‘Set up a new connection or network’. Selanjutnya Anda hanya perlu menjalani proses yang disediakan.

Pada komputer Mac: Masuk ke System Preferences, kemudian Network, Built-In Ethernet, Advanced. Di sini Anda akan menemukan semua pengaturan yang dibutuhkan untuk mengatur jaringan baru.

Cara Membuat Jaringan LAN: Lakukan Pengaturan WiFi

Jika Anda ingin semua perangkat tersambung ke jaringan secara wireless, yang mana opsi terbaik untuk sambungan ke perangkat seperti smartphone, tablet, dan lainnya, maka Anda perlu melakukan pengaturan WiFi (Anda bisa lewati proses ini jika ingin semua perangkat tersambung melalui kabel ethernet). Panduan manual pada network switch atau router Anda akan memberi tahu cara untuk mengaktifkan WiFi, Anda bisa mengikuti instruksi tersebut.

Network switch atau router Anda akan memberikan SSID (nama jaringan), password WiFi, dan info login default. Untuk memberikan keamanan ekstra, sebaiknya Anda mengganti semua informasi tersebut. Login ke router menggunakan info login yang telah Anda set melalui browser atau pengaturan jaringan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Cara Membuat Jaringan LAN: Saatnya Menghubungkan Perangkat

Kini tiba saatnya menyambungkan semua perangkat yang Anda miliki ke jaringan LAN melalui WiFi atau kabel ethernet. Perangkat tersebut bisa berupa komputer, laptop, smartphone, tablet, TV, konsol game, dan semua perangkat yang memerlukan koneksi internet.

Untuk menghubungkannya melalui WiFi, maka Anda perlu menyalakan opsi WiFi terlebih dahulu pada perangkat Anda dan pilih jaringan yang telah Anda buat dari daftar yang muncul. Seharusnya sangat mudah untuk mengenali jaringan milik Anda sendiri karena sebelumnya Anda telah mengubah nama SSID. Jangan lupa masukkan juga password yang telah Anda buat sebelumnya.

Di sisi lain, menghubungkan perangkat melalui kabel ethernet prosesnya jauh lebih sederhana karena Anda hanya perlu menghubungkan kabel ke network switch atau router kemudian ke perangkat Anda.

Perangkat lain yang ingin Anda hubungkan juga seperti printer, scanner, speaker, dan lainnya, bisa dilakukan dengan menghubungkannya secara langsung ke router. Baik itu menggunakan WiFi atau kabel ethernet, selanjutnya Anda akan bisa mengakses semua perangkat tersebut dari komputer dalam satu jaringan.

Leave a Comment