Review Lengkap TV Sharp Aquos 8K Spesifikasi Baru + Android

Sharp Aquos 8K adalah TV pertama di dunia dengan resolusi layar setara 8000 piksel. Kualitas layar TV ini dapat melampaui resolusi TV tertinggi yang pernah dibuat yaitu 4K. TV Sharp Aquos dengan resolusi 8K hadir dalam 2 seri yaitu Aquos Super Premium XU tipe LC-80XU930X yang punya layar seluas 80 inci dan tipe LC-70XU830X dengan layar seluas 70 inci. Resolusi gambar lebih padat dibanding TV berlayar 4K atau 4 kali lebih baik dibanding Full HD ini dapat menampilkan gambar sangat detil dengan kerapatan piksel luar biasa. Sebelumnya kami juga pernah membahas tentang TV 8K di artikel ini.

Sharp Aquos 8K : Android TV Berlayar Besar

Sebagai tambahan, TV ini juga dibekali platform Android TV sehingga bisa digunakan untuk menayangkan konten menarik dari internet. Dengan dukungan sistem operasi Android, Anda bisa menonton film box office, mendengar musik, atau bermian game online di TV. Selain itu, Anda juga bisa mencari konten menarik seperti browsing di Google, streaming video di YouTube, dan menemukan aplikasi favorit dari Google Play.

TV Sharp Aquos 8K Smart TV

TV Sharp Aquos 8K juga sudah mendukung fitur Google Cast. Fitur ini memungkinkan Anda menampilkan konten di smartphone atau tablet Android ke layar TV yang lebih besar. Dengan begini, Anda bisa menikmati konten tersebut bersama teman-teman. Sebagai tambahan, Smart Remote miliknya sudah mendukung Google Voice Search yang bisa mengenali hingga 87 bahasa dan bisa mengenali perintah suara dengan akurasi cukup tinggi. Selain bisa mengenali perintah suara, TV ini juga bisa menerjemahkan beragam jenis dialek daerah di seluruh dunia. Sangat hebat bukan?

Smart TV Berlayar 8K Pertama di Dunia

Bagaimana cara TV Sharp Aquos bisa memproduksi layar dengan resolusi lebih tinggi dari TV 4K? Sharp menggunakan teknologi Quattron Pro yang mampu membelah 1 piksel menjadi 2 piksel. Jadi walaupun resolusi layar sebenarnya 4K, namun jika dilihat resolusi yang muncul setara dengan 8K. Jadi secara fisik resolusi TV ini tidak berbeda dengan TV 4K lainnya yakni UHD 3840 x 2160 piksel.

Lalu bagaimana jika TV menayangkan konten beresolusi lebih rendah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, TV ini menggunakan Circuit Upscalling 8K (X8 Master Engine Pro) pertama di dunia. Sirkuit pintar di dalam TV ini bisa meng-upgrade kualitas gambar melalui proses pembelahan piksel sehingga resolusinya bisa setara dengan resolusi 8K. Jika ada gambar yang memiliki resolusi rendah pun bisa ditingkatkan kualitasnya supaya terlihat sempurna saat ditonton di layar 8K.

TV Sharp Aquos 8K Smart TV

Selain bisa menghasilkan gambar detail, TV Sharp Aquos 8K juga bisa menghasilkan warna yang kaya dan lebih hidup. Teknologi Rich Colour Pro dengan teknologi empat warna primer (RGBY – Red Green Blue Yellow) dapat menghasilkan rentang warna hingga 40% lebih banyak dibanding TV biasa lainnya. Selain itu, teknologi kontras Ultra Dynamic Range Pro hasil kombinasi sirkuit X8 Master Engine dan LED Backlight membuat kontras warna terlihat lebih tajam.

Sirkuit X8 pintar di dalam TV dapat menganalisa, mengoreksi, dan menyesuaikan tingkat kecerahan layar demi mencapai kepuasan visual bagi penggunanya. Untuk melengkapi kualitas gambar TV, Sharp juga membenamkan teknologi N Black Panel yang merupakan panel liquid crystal yang bisa meminimalisir pantulan sinar dari luar untuk memastikan konsumen selalu mendapatkan pengalaman menonton bebas silau.

Harga TV Sharp Aquos 8K

TV Sharp Aquos 8K seri XU yang dianugerahi Innovation Honoree pada International Consumer Electronic Show 2015 (CES) ini terdiri dari 2 tipe. Tipe pertama yaitu LC-80Xu930X dengan luar layar 80 inci dijual dengan harga Rp 189 jutaan. Sementara itu, untuk seri LC-70XU830X dengan luas layar 70 inci dijual dengan harga Rp 129 jutaan. Harganya cukup terbilang tinggi, apalagi jika dibandingkan TV 4K berlayar besar lainnya. Kelebihan dari segi layar yang resolusi setara 8K dan dukungan Android menjadi 2 hal penting untuk dipertimbangkan.

TV Sharp Aquos 8K Smart TV

7 Perlindungan Berstandar Jepang

Harga TV yang mahal ini sudah termasuk 7 perlindungan berstandar Jepang dan internasional (IEC Standard). Seluruh produk TV sudah diuji ketahanannya terhadap berbagai macam gangguan yang bisa merusak TV, misalnya: aman digunakan di kondisi ruangan bersuhu atau kelembapan tinggi, tahan menopang beban berat, stabil alias tidak mudah jatuh, aman dari sambaran petir, tahan guncangan, tahan benturan, dan aman dari lonjakan listrik tiba-tiba.

Spesifikasi TV Sharp Aquos 8K

Display
Jenis LayarLED
Ukuran Layar70 inci, 80 inci
Resolusi LayarUHD, 3840 x 2160 piksel
Audio
Speaker10W x 2 + 15W
TeknologiDTS TruSurround
Konektivitas
USBYes, 3
HDMIYes, 4
EthernetYes, LAN
Wireless LANYes
Audio Out/Jack AudioYes, 1
Others
DVB-S2 (Digital)Yes
Smart TVYes, with Android 6.0

Leave a Comment