Yang Harus Anda Ketahui Tentang TV 8K, Haruskah Upgrade?

Setelah beberapa tahun lalu masyarakat dikejutkan dengan kehadiran TV dan monitor dengan resolusi 4K, kini, TV dengan resolusi dua kali lipatnya hadir. Sebegitu kah cepatnya perkembangan teknologi? Ya seperti itulah. Bagi Anda yang sudah memilki TV 4K atau baru saja membelinya pasti agak sedikit kesal mengapa cepat sekali teknologi televisi berkembang. Namun sebelum Anda tertarik untuk membeli lagi TV atau monitor dengan resolusi ini, kami akan memberi informasi tentang yang harus Anda ketahui tentang TV 8K. Lantas, ketika sudah dijual di pasaran, haruskah membeli televisi dengan resolusi 8K? Baiklah tetap ikuti artikel ini sampai selesai.

Yang Harus Anda Ketahui Tentang TV 8K, Haruskah Upgrade

Yang Harus Anda Ketahui Tentang TV 8K (Sejarah Singkatnya)

Pada dasarnya layar TV atau monitor dengan resolusi 8K muncul sebagaimana TV dengan resolusi 4K mulai surut penjualannya. Pada salah satu pameran elektronik terbesar di dunia, CES 2013, Sharp memamerkan TV dengan resolusi 8K dengan ukuran 85 inci. Namun, TV tersebut belum siap diedarkan dipasaran (pada tahun itu pula, TV 4K pun belum dijejerkan di etalase toko elektronik). Kemudian setelah Sharp memamerkan TV dengan resolusi tersebut, perusahaan lain memulai menunjukkan prototipe TV 8K pada tahun selanjutnya.

Yang Harus Anda Ketahui Tentang TV 8K (Apakah 8K)

Beberapa tahun lalu, TV dengan definisi tinggi hadir dengan resolusi tradisional 1080p yanga berarti memiliki piksel horizontal 1,920 dan 1,080 untuk vertikal. Banyak proyektor bioskop memiliki resolusi lebih besar dari resolusi definisi tinggi tradisional tersebut yakni 2,048 x 1,080. Resolusi tersebut sering disebut sebagai 2K, namun pada dasranya resolusi tersebut sama dengan HDTV yang biasa Anda gunakan di rumah Anda. Di samping itu, istilah 4K hadir juga dari sinema digital dengan resolusi horizontal 4,096, maka dari itu, istilah tersebut itu muncul.

Jika Anda menghitung resolusi 8K dengan menggunakan matematika dasar, resolusi 8K nampaknya akan memberikan dua kali lipat resolusi 4K. Jika Anda berpikir seperti itu, Anda tentunya keliru. Bila kita merujuk pada dua dimensi (garis horizontal dan garis vertikal), tentunya hal ini merupakan sebuah pembesaran piksel HD 16 kali dan empat kali pembesaran piksel 4K. Resolusi 8K meneyerupai 7,680 x 4320 atau 33 juta piksel. Lebih mudahnya mungkin seperti ini:

Yang Harus Anda Ketahui Tentang TV 8K, Haruskah Upgrade

TV 8K di Indonesia

Pada Januari tahun ini, TV 8K diperkenalkan di Indonesia. Tak hanya itu saja, banyak produsen berbondong-bondong ingin memboyong TV 8K ke Indonesia seperti Samsung beberapa bulan lalu memamerkan TV QLED 8K dengan seri Q9S di pameran elektronik tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Samsung akan menghadirkan beberapa varian ukuran yakni 85, 82, 75, dan 65 inci. Namun, sebagaimana apa yang dinyatakan oleh Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin bahwa untuk ukuran 8K, Samsung tidak membawa semua resolusi masuk ke Indonesia, dan kemungkinan besar ukuran yang di bawa ke Indonesia adalah 82 inci.

Samsung membanderol TV QLED 8K ini akan dijual dengan harga kisaran Rp 136 juta untuk ukuran yang masuk di Indonesia, namun harga masih tentatif. TV QLED dengan resolusi 8K ini pasarnya masih sangat segmented karena masih belum banyak video resolusi 8K di Indonesia. Untuk brand lain pesaing Samsung, LG, yang mana sama-sama berasal dari Korea Selatan, meluncurken TV 8K. Namun, yang membedakannya dengan Samsung adalah TV 8K yang dirilis LG adalah TV OLED. Brian Kwon, President dari LG Home Entertainment Company menyatakan bahwa TV OLED 8K pertama LG merupakan puncak pencapaian teknologi dan kemajuan evolusioner dalam teknologi display. Namun, ketika Samsung sudah memberitahu harga produk TV 8Knya, LG masih bungkam akan masalah ini.

Yang Harus Anda Ketahui Tentang TV 8K, Haruskah Upgrade

Apakah Anda Sudah Butuh TV 8K?

Harga TV 4K di Indonesia masih cukup tinggi dan penggunanya masih belum banyak. Banyak masyarkat di Indonesia masih menggunakan TV atau monitor dengan resolusi Full HD, apalagi kini TV dengan resolusi Full HD banyak yang memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Bagi kami, jika Anda punya budget lebih, kami sarankan simpan dulu saja, dan tunggu harga TV 8K turun di tahun-tahun selanjutnya. Tak hanya itu saja, menurut kami teknologi dan fitur-fitur yang ada pada TV juga akan berkembang. Membeli sekarang pun sah-sah saja, namun ada baiknya menunggu beberapa tahun lagi bukan untuk harga dan teknologi yang lebih canggih?

Demikian artikel Gagastekno kali ini perihal yang harus Anda ketahui tentang TV 8K. Apakah Anda sudah menentukan untuk membelinya atau tidak? Tentukan sekarang juga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment