Review Canon EOS M50, Kamera Murah yang Cocok untuk Pemula!

Canon EOS M50 pertama meluncur tahun 2018. Digadang-gadang, kamera ini jadi kamera vlog dan kamera ‘pertengahan’ paling baik dan paling murah saat ini. Untuk pemula tapi menggemari fotografi, kamera ini cocok untuk jadi genggaman Anda. Hal ini karena berbagai fitur dan sederet kelebihan yang tersedia di kamera Canon ini.

Mulai dari kualitas video, foto hingga fitur unggulan yang dibekalkan Canon seolah membuatnya jadi kamera impian. Kira-kira apa saja yang jadi kelebihan Canon EOS M50 untuk Anda pertimbangkan?

Harga Canon EOS M50

Meluncur pada tahun 2018, kamera besutan Canon ini sudah turun harga. Selain itu, kamera ini juga pernah jadi yang terlaris lho. Hal ini karena sederet fitur canggihnya yang menyedot perhatian tapi dengan harga yang ekonomis. Canon sendiri membandrol kamera EOS M50 seharga Rp 8.500.000. Anda bisa mendapatkan Canon EOS M50 di toko kamera kesayangan Anda. Jangan lupa perhatiakan keasliannya ya!

canon eos m50 1

Desain Body Ramping dan Mungil

Ketika melihat Canon EOS M50 ini merupakan kamera mirrorless kelas atas dari Canon. Meski mirip dengan EOS M5, jika dibandingkan EOS M50 ini punya body yang sedikit ramping. Perbedaan yang cukup jelas terlihat dari bagian atasnya. EOS M50 lebih minimalis dengan hanya satu dial di bagian kanan untuk memilih mode pengambilan gambar.

Walaupun masih hadir dengan body plastik dengan rancangan ala bentuk kamera DLSR yang membawa grip berukuran cukup besar. Secara Keseluruhan, meski masih plastik tapi tetap terkesan kokoh. Karena desain ala DSLR juga, EOS M50 punya grip berukuran besar yang cukup nyaman. Tombol-tombol yang ada pun cukup mudah untuk ditekan.

Sensor 24.2 MP dengan Prosesor DIGIC 8

EOS M50 mengandalkan sensor CMOS APS-C yang resolusinya 24.2 MP. Sensor ini sama seperti yang digunakan EOS M5, EOS M6 dan EOS M100. Meski sensornya sama sektor prosesor EOS M50 berbeda. EOS M50 adalah kamera mirrorless pertama Canon yang menggunakan prosesor Canon DIGIC 8. Berkat prosesor ini banyak peningkatan yang cukup terasa di EOS M50 saat memotret atau merekam video. Dengan dukungan prosesor tersebut EOS M50 mampu continuous shooting @10fps dengan fokus terkunci dan didukung pula dengan dual-pixel AF.

canon eos m50 2

Merekam Video Hingga 4K

Bisa merekam hingga video beresolusi 4K, Canon EOS M50 sayangnya ketika berjalan di mode tersebut tidak bisa mendukung dual-pixel AF. Sehingga perekaman tersebut mengalami crop dan tidak banyak fitur pendukung untuk mengoptimalkan perekaman video resolusi tersebut. Meski ada kekurangan tersebut, EOS M50 memang fokus untuk kelas pemula yang belum membutuhkan fitur-fitur kelas profesional. Selain bisa merekam video 4K, EOS M50 bisa merekam video resolusi FHD @60fps bahkan bisa menghasilkan video gerakan lambat di resolusi @120fps.

Untuk merekam video, EOS M50 didukung fitur penstabil dual-sensing IS. Sistem ini hanya berfungsi jika dipasangkan dengan 3 lensa yakni 14-45 mm F3.5-6.3, 55-200 mm F4.5-6.3 dan 18-150mm F3.5-6.3. Selain itu kamera ini juga telag dilengkapi dengan port 3.5mm memasang mic dan tersedia port HDMI.

canon eos m50 7

Monitor LCD Touchscreen

Pada EOS M50 juga bisa ditemukan adanya electronic viewfinder atau jendela bidik otomatis OLED. Hal ini tentunya memudahkan dan melatih Anda untuk menggunakan viewfinder untuk memotret objek. Memotret menggukan viewfinder juga menjadi nilai tambah dari EOS M50 ini.

Berpasangan dengan viewfinder, Canon juga membekalinya dengan LCD monitor 3 inci. Respon layarnya dengan touchscreen yang sudah didukung fitur Touch and Drag AF yang memungkinkan Anda menentukan titik fokus hanya dengan menyentuh jari di layarnya. Untuk mempermudah vlogging dan selfie, layarnya juga bisa diputar ke samping 180 derajat dan juga dilipat.

Video Canon EOS M50

Kesimpulan: Kamera Murah, Berkualitas?

Bagi Anda pemula yang ingin menjajal rasanya kamera profesional, EOS M50 bisa jadi pilihan. Ada berbagai peningkatan yang disajikan Canon di kamera terbarunya ini. Peningkatan yang cukup terasa di EOS M50 adalah kinerja autofokusnya. Menurut Canon, autfokus EOS M50 telah mendapat pembaruan dengan jumlah titik fokus 99 titik hingga 143 titik dengan lensa tertentu.

Pada prakteknya, saat memotret menggunakan kamera ini kami merasa kinerja autofokus yang memang terasa sedikit lebih cepat jika dibandingkan EOS M100 yang hadir di kelas yang sama. Saat memotret di kondisi yang minim cahaya kinerja autofokusnya juga tetap responsif dengan kemampuan mencari dan mengunci fokus yang relatif akurat. Anda juga membandingkan EOS M50 dengan kamera mirrorless terbaik dari Canon lainnya.

Leave a Comment