Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS ? Pelajari Selengkapnya Di Sini

Saat berkunjung ke sebuah situs website, pasti Anda pernah memperhatikan pada address bar ada situs web yang menggunakan HTTP atau HTPPS pada alamat domainnya. Apa perbedaan HTTP dan HTTPS ? Apa fungsinya ? Semuanya akan Gagastekno jelaskan secara lengkap di artikel kali ini.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Tapi sebelum membahas perbedaan HTTP dan HTTPS ada baiknya Anda mengetahui pengertian HTTP dan pengertian HTTPS berikut ini.

Pengertian HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. HTTP adalah sebuah protokol yang berguna untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Yang dimaksud client di sini adalah browser website atau perangkat yang bisa mengakses dan menampilkan konten atau halaman website. Sedangkan yang dimaksud server adalah tempat semua data website yang ingin dituju disimpan.

Cara kerja HTTP saat Anda browsing halaman website pada umumnya adalah client me-request akses ke server yang dituju. Setelah itu server akan mengirim respon ke client berupa file HTML yang ketika ditampilkan pada browser akan diterjemahkan menjadi tampilan halaman website. Nah, semua kegiatan komunikasi antara client dan server tersebut diatur oleh protokol yang namanya HTTP.

Di mana Anda bisa menemukan HTTP pada website ? Anda bisa menemukan HTTP pada address bar, tepatnya sebelum domain website. Walaupun tujuan HTTP untuk mengatur komunikasi antara client dan server, namun ternyata HTTP sangat rentan keamanannya. Ini disebabkan data yang dikirimkan client ke server tidak dienkripsi sehingga bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, untuk menangani kekurangan HTTP, maka dimunculkan lah HTTPS. Apa itu HTTPS ? Apa pengertian HTTPS ? dan apa kelebihan HTTPS dibanding HTTP ?

Pengertian HTTPS

Perbedaan mencolok antara HTTP dan HTTPS ada di huruf “S”. Huruf S di sini maksudnya adalah Secure yang artinya “Aman”. Jadi jika dijabarkan kepanjangan HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Secure. Cara kerja HTTPS sama dengan HTTP yaitu untuk membantu komunikasi antara client dan server. Hanya saja perbedaan HTTP dan HTTPS ada di cara pengiriman data dari client ke server.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Pada HTTPS data yang dikirim ke server sudah dienkripsi terlebih dulu sehingga lebih aman. Kebanyakan situs yang menggunakan HTTPS adalah situs belanja online, situs yang membutuhkan login user, dan situs yang peduli dengan keamanan pengunjungnya (biasanya situs yang mengedepankan SEO). Website yang menggunakan HTTPS biasanya akan langsung melakukan redirect ke HTTPS ketika pengunjung mengakses dengan HTTP.

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS ?

Secara umum perbedaan HTTP dan HTTPS ada di huruf “S” yang artinya keamanan. Namun untuk lebih lengkapnya mari pelajari perbedaan HTTPS dan HTTP berikut ini:

1. HTTPS Lebih Aman Dibanding HTTP

Saat client atau browser mengirimkan data ke server melalui HTTPS, data akan dienkripsi terlebih dulu. Hal ini berbeda dengan HTTP karena data yang dikirim ke server tidak dienkripsi sehingga lebih rawan keamanannya. Protokol HTTP tidak dapat menjamin keamanan komunikasi antara client dan server. Sedangkan HTTPS mampu menjamin keamanan data melalui 3 metode yaitu:

  • Autentikasi Server, sehingga client bisa yakin sepenuhnya sedang berkomunikasi dengan server yang dituju
  • Privasi Data, data yang dikirimkan tidak akan dipahami oleh pihak lain karena sudah sepenuhnya dienkripsi
  • Integritas Data, data yang dikirim tidak bisa diubah oleh pihak lain karena membutuhkan validasi dari MAC (Message Authentication Code).

2. Perbedaan Port yang Digunakan

Perbedaan HTTP dan HTTPS selanjutnya ada di port yang digunakan. Saat melakukan komunikasi, secara umum HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443. Selain daripada itu, HTTP dan HTTPS sama-sama memiliki protokol antara klien dan server yang sama. Namun bedanya, HTTPS memiliki sertifikat SLL. Apa itu SSL ? Apa fungsi SSL ?

3. Perbedaan SSL

Secara umum, protokol komunikasi antara client dan server menggunakan HTTP. Sementara itu, supaya website Anda bisa menggunakan protokol HTTPS, Anda harus memasang sertifikat SSL. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layers. SSL adalah teknologi yang dapat mengenkripsi data yang dikirim antara client dan server. Dengan bantuan SSL, pengunjung website Anda bisa lebih tenang mengirim informasi pribadi seperti nomor hp, rekening bank, nomor kartu kredit, dan lain sebagainya.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Cara kerja SSL adalah ketika client berkomunikasi dengan server, maka client akan mengecek apakah website yang dikunjungi memiliki sertifikat SSL. Jika iya, maka saat client dan server terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake. Selanjutnya, browser client akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website yang dituju benar-benar valid.

Setelah valid, maka koneksi internet client dan server berada di kondisi aman dan ditandai dengan munculnya ikon gembok di sisi paling kiri address bar atau sebelum tulisan “HTTPS://”.

Kelebihan HTTPS dibanding HTTP

Pada HTTPS, komunikasi data antara client dan server sudah dienkripsi terlebih dulu. Hal ini berbeda dengan HTTP. Dengan begini, mengakses data dari website HTTPS lebih aman dibanding melalui HTTP. Namun kelebihan HTTPS bukan hanya di masalah “keamanan” saja. Berikut ini kelebihan website yang menggunakan HTTPS:

1. Membantu SEO Website

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu langkah untuk meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencarian Google. Dengan mengoptimalkan SEO, website dapat lebih mudah mendapatkan perhatian dari banyak pengunjung atau orang yang mencari informasi melalui Google. SEO sangat penting bagi Anda yang berniat membuat website untuk tujuan bisnis. Nah pada 2014 lalu, Google mengumumkan salah satu faktor penentu rangking Google adalah HTTPS. Ini artinya, website yang sudah menggunakan HTTPS akan lebih mudah dicari di situs pencarian Google.

2. Membangun Kepercayaan pada Pengunjung

Biasanya website yang tidak menggunakan HTTPS akan muncul tulisan “Not Secure” pada address bar browser. Jika pengunjung melihat keterangan tersebut di address bar tentunya akan menurunkan kepercayaan pengunjung website Anda untuk mengunjungi apalagi berbagi informasi pada website Anda.

Kebanyakan orang juga enggan mengunjungi website yang tidak aman. Hal ini tentu saja dapat berakibat pada menurunnya kunjungan pada website Anda. Jumlah pengunjung yang terus turun juga memperkecil kemungkinan website Anda masuk halaman pencarian Google.

Nah dari penjelasan di atas, Anda pasti bisa sedikit banyak mengetahui apa perbedaan HTTP dan HTTPS. Kesimpulannya mengakses website yang menggunakan HTTPS jauh lebih aman untuk Anda karena data yang dikirim dari client dan server sudah dienkripsi terlebih dulu.

Leave a Comment