Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC bocor seringkali dianggap remeh bagi sebagian orang, namun AC bocor sering mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Sebenarnya hal ini lumrah terjadi karena keluarnya air adalah salah satu proses dari pendingin ruangan. Normalnya pendingin ruangan menghilangkan kelembaban udara di dalam rumah, hal ini menyebabkan keluarnya embun yang nanti akan mengalir melalui lubang pembuangan. Mengapa kebocoran pada AC bisa terjadi? Kebocoran pada AC terjadi ketika air yang dikeluarkan AC ini sudah melebihi batas. Kami, tim Gagastekno ingin memberikan info tentang penyebab AC bocor dan cara mengatasinya agar tidak mengganggu kegiatan Anda.

Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC Bocor dan Bagaimana Mengatasinya

1.  Pemasangan AC yang Tidak Benar

Penyebab AC bocor pertama adalah pemasangan AC tentunya harus diperhatikan secara seksama. Seharusnya pendingin ruangan diletakkan condong ke belakang dan ke arah luar supaya air mengalir dengan mudah ke luar. Air akan menetes keluar mesin jika tidak dipasang dengan baik. Pemasangan AC sebaiknya diserahkan kepihak teknik profesional.

Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

2. Pipa yang Sudah Terlalu Tua

AC yang sudah digunakan lama dan jarang melakukan perawatan berkala mengakibatkan lapisan pipa AC perlahan rusak dan mengakibatkan kebocoran. Anda tidak perlu khawatir dan was-was jika hal ini terjadi. Sebenarnya untuk hal ini Anda tidak perlu memanggil teknisi. Cukkup dengan mengganti pembungkus pipa dengan yang baru, hal ini dapat terselesaikan. Namun jika parah, mau tidak mau Anda harus memanggil teknisi untuk memperbaikinya.

3. Penumpukan Debu dan Pertumbuhan Jamur

Hal lain yang menyebabkan AC bocor adalah menumpuknya debu dan banyaknya jamur yang tumbuh. Penyebab ini seringkali diabaikan oleh banyak orang. Debu dan jamur tersebut menghambat saluran pembuangan yang akhirnya menyumbat keluarnya air dari pendingin ruangan melalui lubang lain di mesin. Jika Anda membersihkannya dengan tidak benar, jamur akan menyebar dan menyebarkan udara kotor yang bisa membahayakan kesehatan. Bersihkan AC dengan menggunakan AC cleaner untuk pembersihan yang maksimal.

Demikian informasi dari kami perihal penyebab AC bocor dan bagaimana penanggulangannya. Jika Anda mengalami masalah lebih lanjut kami sarankan hubungi teknisi pendingin ruangan yang terpercaya. Bila AC Anda sudah tidak bisa diperbaiki lagi, sebaiknya Anda membeli AC baru. Mungkin AC ini dapat dijadikan referensi.

Cek Harga AC 1/2 - 6 PK Murah Terbaru

Leave a Comment