5 Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Kelebihan & Kekurangan)

Mesin cuci front loading merupakan jenis mesin cuci yang kini cukup populer di Indonesia. Mesin cuci ini adalah salah satu jenis mesin cuci yang mengalami upgrade teknologi dari mesin cuci top loading. Pada artikel kali ini akan dibahas secara mendalam tentang mesin cuci front loading berikut kelebihan dan kekurangannya, serta yang tak ketinggalan adalah merk terbaik dari mesin cuci jenis ini.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

Cara Memilih Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Untuk memilih mesin cuci terbaik, tentunya harus tahu dulu informasi dasar mengenai mesin cuci ini. Oleh karenanya, Gagastekno kasih tips cara memilih mesin cuci jenis ini yang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebelum Anda beli merk mesin cuci front loading terbaik, berikut pertimbangan yang mesti ada perhatikan.

1. Kapasitas Mesin Cuci

Bagi Anda yang sudah memiliki anak, tentunya pakaian kotor yang harus dicuci akan lebih banyak daripada Anda yang belum memiliki anak. Umumnya, rata-rata jumlah cucian kotor yang akan dicuci disetiap rumah tangga adalah 1.5 kg per hari. Jika Anda mencuci pakaian hanya diakhir pekan, Anda dapat memilih mesin cuci yang memiliki kapasitas besar.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

2. Pilih Mesin Cuci yang Hemat Air

Salah satu keunggulan mesin cuci jenis ini adalah hemat air. Mesin cuci jenis ini membutuhkan sekitar 90 liter air ketika beroperasi ketika mesin cuci top loading membutuhkan bahkan 2 kali lipatnya. Beberapa jenis mesin cuci ini  memiliki fitur hot wash. Fitur ini akan membutuhkan listrik lebih boros. Maka dari itu tentukan kebutuhan Anda ketika membeli.

3. Utamakan Keamanan Keluarga Anda

Mesin cuci jenis ini memiliki bukaan di depan. Jika Anda memiliki anak kecil atau bayi yang sudah bisa berjalan, carilah mesin cuci dengan fitur child lock. Jika tidak anak Anda dapat masuk ke dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

  • Desain bukaan di depan yang mudah memasukkan pakaian dari bawah
  • Mencuci pakaian dengan cara memutar dan dibanting yang mampu menghemat air
  • Takaran detergen yang digunakan lebih sedikit dengan hasil cuci tetap maksimal
  • Mengeringkan pakaian secara otomatis

Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

  • Memiliki harga cenderung lebih mahal
  • Tidak bisa menambahkan cucian ketika mencuci
  • Cucian tidak bisa diambil ketika mati lampu

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

Merk Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Setelah Anda tahu cara memilih mesin cuci jenis ini, berikut adalah rekomendasi terbaiknya. Merk apa saja yang jadi rekomenasi terbaik Gagastekno?

1. Mesin Cuci Front Loading LG F2721STWV

Harga terbaru: Rp 15.477.000

LG sebagai salah satu merk mesin cuci terbaik, meluncurkan produk yang mampu menampung pakaian kotor hingga 21 kg. Tak hanya itu, mesin ini dilengkapi teknologi Inverter Direct Drive yang tidak membuat bising ketika proses pencucian. Mesin cuci ini memiliki program 6 gerakan tabung yang mampu memberikan hasil cucian yang maksimal. Mesin cuci LG ini dapat menghemat waktu mencuci karena punya teknologi TurboWash. Ada pula teknologi TrueSteam yang mampu menghilangkan bakteri pada pakaian Anda.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Tahun 2018

2. Panasonic NA127VE5

Harga terbaru: Rp 3.800.000

Didapuk sebaga mesin cuci yang ramah lingkungan karena menggunakan teknologi EcoNavi Inverter. Mesin cuci Panasonic ini memiliki tiga tahapan mencuci yang mampu membuat pakaian Anda bersih secara maksimal, diantaranya adalah pembentukan busa dengan sistem ActiveFoam, semprotan HydroActive dan mampu menghilangkan kotoran dengan sistem Dancing Wash. Kapasitas mesin cuci ini yakni 7kg, cocok untuk Anda yang punya keluarga kecil.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

3. Daewoo DWD-LD14012

Harga terbaru: Rp 9.808.000

Mesin cuci Daewoo ini punya kapasitas 11 kg yang hadir dengan motor inverter sehingga membuat mesin cuci ini hemat energi dan tidak bising. Tabung pencucinya dengan desain Emerald Drum mampu memberikan proses pencucian yang lebih bertenaga, tapi tetap menjaga kelembutan pakaian Anda. Menggunakan 3-Way-CleanJet Shower yang membuat proses pencucian lebih maksimal. Selain itu, adanya teknologi Air Bubble yang mampu membersihkan kotoran dengan cepat. DWD-LD14012 merupakan mesin cuci yang mampu menghemat air ketika mencuci dan juga deterjen.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

4. Samsung WW70J4233KW/SE

Harga terbaru: Rp 3.950.000

Samsung jadi merk yang terkenal di seluruh dunia, tak terkecuali dengan mesin cuci Samsung WW70J4233KW/SE. Samsung menyematkan teknologi Digital Inverter yang akan menghemat listrik Anda, Bagi Anda yang sudah memiliki anak, mesin cuci ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan karena fitur child lock. Tak hanya itu, Samsung juga menghadirkan teknologi Smart Check yang mampu menghubungkan mesin cuci dengan perangkat smartphone Anda. Samsung memberikan garansi 11 tahun untuk motor penggeraknya.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

5. Mesin Cuci Front Loading Sharp ES-FL862

Harga terbaru: Rp 3,255,000

Sharp juga tidak mau kalah, mesin cuci Sharp ES-FL862 hadir dengan Boomerang Body yang memiliki fungsi untuk menahan guncangan ketika mencuci dan meminimalisisr suara yang keluar. Drum pencuciannya dibuat dari material polypropylene sehingga mesin cuci ini lebih awet. Bagi Anda yang ingin menghemat listrik dan air, mesin cuci dengan kapasitas pencucian hingga 6 kg menghadirkan teknolgi Eco Logic System. Teknologi ini juga mampu mendeteksi jumlah pakaian yang akan Anda cuci. Jika cuciannya tidak mencapai 6 kg, maka daya yang digunakan mesin cuci ini akan disesuaikan.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik Gagastekno

Daftar Harga Mesin Cuci Tahun 2020

Kesimpulan: Bagaimana Mesin Cuci Front Loading?

Saran dari Gagastekno, pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya memiliki anggota keluarga yang tidak terlalu banyak, Anda hanya perlu beli mesin cuci mini terbaik yang tidak lebih dari 7 kg. Kemudian, pertimbangkan juga fitur-fitur dan teknologi pada mesin cuci yang akan Anda pilih. Misalnya, jika Anda memiliki anak kecil maka fitur Child Lock akan sangat penting. Lain lagi jika Anda ingin hemat listrik atau hemat air, maka teknologi inverter dalam mecin cuci bisa jadi pertimbangan. Utamakan mesin cuci yang akan Anda pilih tepat guna secara fungsi dan fitur. Itulah tadi rekomendasi serta kelebihan dan kekurangan mesin cuci front loading.

Leave a Comment