Mengapa Kulkas Tidak Dingin? Coba Ketahui Penyebabnya

Pada artikel Gagastekno kali ini, kami akan membahas tentang kulkas tidak dingin, dan apa penyebabnya. Kulkas kini telah menjadi barang yang menjadi barang primer untuk kebutuhan rumah tangga. Kulkas tidak hanya berfungsi sebagai pendingin ruangan, namun juga dapat membuat makanan tetap segar dan lebih awet. Kulkas yang tidak dingin dapat menyebabkan makanan cepat basi atau busuk. Oleh karena itu Anda harus mengetahui penyebab kulkas tidak dingin. Artikel ini akan membagi dua artikel ini menjadi dua bagian. Diantaranya adalah penyebab kulkas 1 pintu dan 2 pintu tidak dingin. Mari ikuti artikel ini sampai selesai. Berikut penyebabnya.

Kulkas Tidak Dingin (Penyebab Kulkas 1 Pintu Tidak Dingin)

Bagi Anda yang memiliki kulkas 1 pintu, Anda harus memperhatikan penyebab-penyebab ini. Pertama Anda harus mengecek arus listrik apakah menyala atau tidak. Untuk mengecek arus listrik, gunakan sebuah alat yang dinamakan taspen. Selanjutnya lakukan pengecekan voltase tegangan listrik. Voltase minimal yang digunakan agar kulkas tetap menyalah adalah 220 volt. Namun, jika kulkas Anda masih menyala namun tidak dingin, kerusakan terjadi ada pada termostat dan kompresor. Kerusakan pada kedua komponen tersebut, Anda harus mengganti komponen-komponen tersebut. Sebaiknya, Anda harus memanggil ahli untuk mengganti kedua komponen tersebut.

Kulkas Tidak Dingin, Coba Ketahui Penyebabnya

Kulkas Tidak Dingin

Selain itu, Anda harus mengetahui beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kulkas Anda tidak dingin.

1. Bunga Es

Penyebab pertama yang menyebabkan kulkas tidak dingin adalah bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi lubang angin. Mengapa hal ini harus sangat diperhatikan? Lubang angin memiliki peran yang cukup penting. Lubang angin ini berperan untuk mendinginkan udara di dalam kulkas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu membiarkan kulkas terbuka dan meletakkan kipas angin menyala di depan kulkas agar angin dari kipas angin dapat mencairkan bunga-bunga es pada kulkas sehingga freezer Anda dapat menjadi bersih kembali.

Kulkas Tidak Dingin, Coba Ketahui Penyebabnya

2. Menyimpan Makanan Panas

Hal lain yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin adalah seringnya menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Hal ini dapat terjadi karena suhu panas yang dihasilkan pada makana tersebut, akan menyebar ke seluruh ruangan kulkas. Oleh karena itu, sebaiknya dinginkan dahulu makanan panas Anda sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Kulkas Tidak Dingin, Coba Ketahui Penyebabnya

3. Freon yang Sudah Habis Atau Bocor

Penyebab lain adalah freon. Freon merupakan hal yang penting untuk mendinginkan kulkas. Untuk memeriksa freon pada kulkas Anda sudah habis atau belum, Anda dapat memegng bagian belakang kulkas yag berdekatan dengan grill kulkas. Jika tidak terasa hangat, kemungkinan besar freon yang ada pada kulkas Anda sudah habis karena bagian belakang tersebut adalah bagian yang mengeluarkan panas dari kulkas.

Kulkas Tidak Dingin, Coba Ketahui Penyebabnya

4. Stop Kontak

Peralatan rumah tangga yang menggunakan energi listrik pada dasarnya harus menggunakan stop kontak. Sebagaimana seperti alat rumah tangga elektronik seperti televisi, mesin cuci, komputer, atau setrika, kulkas dapat bekerja tidak maksimal karena stop kontak yang tidak berfungsi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan stop kontak yang digunakan untuk menghantarkan listrik untuk kulkas Anda.

Kulkas Tidak Dingin, Coba Ketahui Penyebabnya

5. Pintu Kulkas yang Tidak Berfungsi Dengan Baik

Penyebab terakhir mengapa kulkas yang Anda miliki tidak dingin adalah pintu yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Pintu kulkas terdapat karet yang berfungsi untuk mengunci pintu agar tidak terbuka. Ketika karet rusak kulkas tidak akan tertutup dengan rapat. Udara yang ada di dalam kulkas akan keluar dan bertemu dengan udara bebas. Oleh karena itu, suhu dingin di dalam kulkas akan menurun.

Kulkas Tidak Dingin, Coba Ketahui Penyebabnya

Kesimpulan

Kulkas yang tidak dingin tentunya akan membuat makanan Anda kurang kenikmatannya. Jaga kulkas Anda agar tetap berfungsi dengan maksimal. Bila rusak, sebaiknya segera panggil ahlinya agar kulkas Anda dapat berfungsi kembali. Demikian artikel Gagastekno kali ini tentang kulkas tidak dingin dan penyebabnya. Kami harap artikel ini akan menjadi artikel yang informatif untuk Anda agar Anda dapat menjaga alat elektronik yang Anda miliki. Tunggu artikel-artikel kami lain yang bermanfaat.

Leave a Comment