Smart TV Adalah (Pengertian, Serba-serbi, dan Fiturnya)

Pada dasarnya smart TV adalah TV yang mampu berinteraksi dengan menggunakan internet dan memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan online seperti pesan instant, media sosial, dan video streaming. Beberapa smart TV sudah disertai dengan web browser yang mampu mengakses website secara langsung. TV keluaran terkini umumnya sudah disertai dengan fitur ini, dengan kata lain, TV-TV terkini bisa disebut dengan smart TV atau TV pintar. Selain itu, beberapa smart TV memiliki fitur yang dapat mengakses internet dengan WiFi. Artikel ini akan membahas pengertian Smart TV berserta serba-serbinya.

Smart TV Adalah (Pengertian, Serba-serbi, dan Fiturnya)

Serba-serbi Smart TV

1. Smart TV adalah TV LED yang Memiliki Processor Tambahan Layaknya Komputer

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Smart TV mampu melakukan hal yang generasi TV sebelumnya belum bisa lakukan seperti mengakses internet dan membuka beberapa layanan-layanan lain.

Smart TV Adalah (Pengertian, Serba-serbi, dan Fiturnya)

2. Smart TV Dapat Mengakses Beberapa Layanan

Karena media hiburan sudah berpindah ke media online, smart TV memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan seperti YouTube atau Netflix.

Smart TV Adalah (Pengertian, Serba-serbi, dan Fiturnya)

3. Untuk Mengakses Internet, Smart TV Harus Terhubung Dengan Koneksi Internet

Hanya karena smart TV dapat mengakses internet, bukan berarti Anda bisa mengakses internet tanpa tersambung dengan koneksi WiFi atau internet. Anda harus mengkoneksikannya untuk dapat mengakses internet.

Fitur-fitur Smart TV

Selanjutnya setelah kami membahas tentang pengertian smart TV dan serba-serbinya, kami akan membahas tentang fitur-fitur apa saja yang dapat ditemukan pada smart TV

1. Media Sosial

Fitur pertama yang dapat pengguna smart TV temukan adalah media sosial. Hampir semua merk dan tipe smart TV sekarang dapat mengakses media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, Anda dapat melakukan video call untuk beberapa tipe smart TV.

Smart TV Adalah (Pengertian, Serba-serbi, dan Fiturnya)

2. Instant Message (Pesan Instant dan Video Call)

Beberapa TV juga sudah dapat diinstal beberapa aplikasi seperti Line dan beberapa aplikasi chat yang lain. Selain itu, dengan aplikasi tersebut Anda dapat melakukan video call. Cangguh bukan?

3. Streaming Video

Bagi Anda penggemar film-film box office atau film seri, Anda dapat mengakses layanan Video On Demand seperti Netflix. Tak hanya itu, jika Anda pengguna YouTube, smart TV dapat mengakses media ini.

4. Aplikasi

Beberapa produsen smart TV memungkinkan produknya dengan berbagai aplikasi yang dapat diunduh melalui App Store yang tersedia. Aplikasi yang dapat Anda unduh di App Store tersebut adalah game, media sosial, atau pemutar lagu seperti Spotify atau Joox. Anda dapat menikmati musik di TV pintar Anda.

Kesimpulan

Smart TV adalah TV masa depan, para pengguna tidak hanya dapat menggunakan TV ini untuk menonton acara dari stasiun-stasiun televisi melalui gelombang UHF. Kini pengguna televisi dapat mendapatkan hiburan alternatif seperti dari YouTube ataupun menonton film-film favorit di Netflix. Kini harganya pun juga sudah mulai terjangkau tergantung resolusi dan ukurannya. Sebelumnya kami pernah membuat artikel tentang rekomendasi smart TV di sini. Demikian artikel Gagastekno kali ini tentang smart TV adalah (pengertian, serba-serbi, dan fiturnya). Semoga bermanfaat.

Leave a Comment